Tekno  

Kegunaan NFC Pada HP yang Membuat Aktivitas Semakin Mudah

Kegunaan NFC Pada HP yang Membuat Aktivitas Semakin Mudah

Kegunaan NFC pada HP belakangan ini menjadi topik yang banyak dicari oleh pengguna karena dianggap lebih praktis. Pengguna juga tidak perlu untuk memiliki sinyal seperti Wifi atau paket internet agar dapat menggunakannya. Selain itu, cara untuk menggunakannya cukup mudah yakni dengan mendekatkan smartphone kepada alat elektronik lain kurang lebih 4 cm.

Perkembangan NFC didasarkan pada identifikasi frekuensi radio atau yang disebut juga dengan RFID. Akan tetapi perbedaannya adalah NFC memiliki antena yang lebih pendek sehingga tidak mengganggu transmisi sinyal operator atau radio lain. Pasti penasaran bukan, apa saja kegunaan NFC pada HP? Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini:

1. Bisa Untuk Saling Menukar Nomor Telepon

Pada smartphone yang memiliki NFC apabila saling didekatkan satu sama lain maka dapat saling bertukar nomor telepon. Caranya sangat mudah hanya perlu saling menempelkan atau mendekatkan smartphone kemudian kirim nomor telepon. Jadi tidak perlu kesusahan atau takut salah ketika akan mengetik nomor telepon orang lain.

2. Mempercepat Pertukaran Data ke Telepon Lain

Kemudian ada fungsi NFC yang dapat digunakan untuk saling bertukar data dari satu gawai ke gawai lain. Melalui teknologi NFC, pengguna dapat memindahkan data dan file penting secara cepat ke HP baru atau HP lain. Selain mudah cepat, penggunaan NFC juga mudah digunakan karena hanya perlu mendekatkan kedua HP kemudian kirim.

3. Memudahkan Pertukaran Data ke Komputer

Hampir sama seperti poin sebelumnya, sebenarnya NFC dapat mengirim data ke alat elektronik lain seperti kamera atau komputer. Sistem yang digunakan juga hampir serupa dengan pengiriman melalui bluetooth. Akan tetapi pengiriman melalui NFC akan lebih cepat selesai ketika mengirimkan file besar karena kecepatannya hingga 424 kb/s  yang lebih besar dari bluetooth.

4. Bisa Digunakan Untuk Melakukan Pembayaran Digital

Berhubungan dengan kelebihan NFC sebelumnya, ternyata NFC juga mampu menyerap informasi dari sebuah kartu pembayaran. Misalnya ketika pengguna tidak memiliki uang cash atau membawa kartu debit maupun kredit maka dapat diganti dengan HP. Sebenarnya NFC menjadi salah satu teknologi yang dapat menggantikan keberadaan kartu tersebut hanya dengan smartphone pengguna.

5. Memudahkan dalam Mendapatkan Informasi Produk

Beberapa poster yang memiliki sensor atau anjuran untuk meletakkan smartphone pada tempat tertentu. Biasanya hal ini merupakan strategi marketing yang diberikan oleh perusahaan tersebut kepada konsumen dalam mendapatkan informasi produk. Selain itu, konsumen juga dapat dengan mudah melihat produk pada gawai setelah mendekatkan pada sensor NFC di poster.

6. Menjadi Sistem Keamanan Rumah

Kini, fitur keamanan rumah tangga ternyata juga berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada beberapa rumah, lebih memilih untuk menggunakan kunci digital dibanding kunci sungguhan yang rentan hilang. Salah satu kegunaan NFC pada HP adalah dapat menyimpan informasi kartu, sehingga tidak kesulitan untuk menyimpan kunci rumah berbasis kunci kartu.

7. Mempermudah Melakukan Isi Ulang pada Uang Elektronik

Di masa yang serba digital seperti sekarang ini, hampir seluruh kebutuhan berpacu pada uang elektronik atau e-money. Beberapa bank sepertinya juga telah memiliki produk e-money masing-masing dan dapat diisi ulang pada ATM. Akan tetapi dengan NFC ternyata pengguna dapat melakukan top up dan tidak perlu mengantri serta dapat juga mengecek saldo yang tersisa.

Setelah mengetahui kegunaan NFC pada HP pastinya pengguna sangat tertarik untuk memilikinya. Hal ini disebabkan karena cara menggunakannya yang praktis dan lebih dirasa efisien membuat sebagian pengguna beralih ke NFC. Selain itu mungkin saja di masa depan NFC hadir sebagai teknologi yang ditunggu-tunggu dan berkembang dengan mencakup lebih banyak fungsi.