Gadget  

Ciri-Ciri Baterai HP Rusak yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

Ciri-Ciri Baterai HP Rusak yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai (unsplash.com)
Ilustrasi Gambar (unsplash.com)

Ciri-ciri baterai HP rusak sebenarnya cukup beragam dan bisa dengan mudah Anda kenali ketika baterai HP memang sudah benar-benar rusak. Seiring waktu pemakaian HP, baterai memang bisa bermasalah dan rusak. Hal tersebut pun menyebabkan masalah tersendiri bagi pemilik HP.

Apalagi mengingat baterai memang menjadi komponen yang sangat penting untuk HP. Baterai menjadi penopang hidup HP sehingga tanpanya maka ponsel tak akan bisa menyala. Karena itu penting untuk menjaga kondisi baterai agar tidak mengalami masalah tertentu.

Namun sebenarnya ada pula banyak kebiasaan yang bisa merusak baterai. Misalnya yaitu menggunakan cas palsu, terlalu sering melakukan pengecasan dalam sehari, mengisi daya baterai dengan tegangan yang terlalu tinggi, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat membuat baterai cepat rusak.

CiriCiri Baterai HP Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Jika baterai HP sudah rusak maka ia akan menunjukkan beberapa tanda-tanda. Bahkan tanda atau gejala tersebut sering berulang sehingga membuat kita lebih mudah untuk mengenalinya. Beberapa ciri baterai rusak tersebut misalnya seperti:

Daya Baterai Cepat Terkuras

Ciri pertama yaitu daya baterai menjadi lebih cepat terkuras daripada sebelumnya. Hal tersebut bisa menunjukkan bahwa baterai sudah mengalami penurunan kualitas sehingga dayanya tidak mampu bertahan lama.

HP Terasa Panas

Umumnya saat menggunakan HP terlalu lama maka suhunya akan terasa panas. Apalagi saat digunakan untuk memainkan game atau bermedia sosial hingga berjam-jam lamanya. Namun jika HP tetap panas meskipun tidak digunakan maka bisa saja baterainya sudah rusak atau bocor.

HP Mudah Mati

Ciri-ciri baterai HP rusak selanjutnya yaitu HP mudah mati atau dayanya tiba-tiba habis. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu, apalagi jika kita memang sedang menggunakan HP untuk hal penting. Misal untuk menelepon seseorang maupun untuk belajar.

Indikator Baterai Error

Indikator baterai yang menunjukkan daya di layar HP juga bisa menunjukkan baterai rusak. Misalnya yaitu saat tiba-tiba indikator hilang atau jumlahnya berubah-ubah. Misalnya seperti awalnya baterai tertera 70% lalu tiba-tiba menurun dan meningkat dengan sendirinya.

Waktu Pengisian Daya Lebih Lama

Ciri selanjutnya yaitu waktu pengisian daya baterai hingga penuh memakan waktu yang lebih lama. Misalnya jika sebelumnya pengecasan hanya memerlukan waktu selama 2 jam kini bisa menjadi 3 jam. Hal tersebut bisa menjadi tanda awal kerusakan pada baterai.

HP Hanya Bisa Menyala Saat diCas

HP hanya bisa hidup saat dicas dan mati saat dicabut juga menjadi ciri-ciri baterai HP rusak parah. Sebab bisa dikatakan bahwa hampir tidak ada daya yang bisa tersimpan dalam baterai tersebut. Artinya Anda tidak bisa menggunakan HP jika tidak sambil di cas. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan.

Baterai Kembung

Baterai yang sudah kembung kemungkinan besar sudah mengalami kerusakan. Hal tersebut bisa terjadi sebab baterai sudah sering mendapatkan panas yang berlebih. Buruknya lagi baterai kembung ini bisa meledak sehingga membahayakan sekitarnya.

Untuk memastikannya Anda bisa melihat kondisi bagian belakang ponsel. Jika pada area baterai sudah terlihat tidak rata dan menggembung maka bisa saja baterai sudah kembung. Namun perlu Anda perhatikan juga bahwa tidak semua baterai yang rusak bisa kembung.

Itulah beberapa ciri-ciri baterai HP rusak yang perlu Anda kenali. Jika sekiranya HP sudah mengalami berbagai tanda tersebut, maka sebaiknya segera ganti baterai. Tujuannya agar HP bisa berfungsi seperti semula dan tidak membahayakan penggunanya.