Gadget  

Cara Menghemat Baterai Hp, Terlihat Sepele Padahal Penting

Cara Menghemat Baterai Hp, Terlihat Sepele Padahal Penting (freepik.com)
Ilustrasi Gambar (freepik.com)

Cara menghemat baterai hp ternyata bisa kita lakukan dengan langkah sederhana. Wajar jika ponsel yang sudah berumur akan mengalami penurunan, baik dari performa maupun ketahanan baterainya.

Tentu saja ini akan menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna Hp. Karena mereka harus kembali mengisi daya padahal tengah asyik berselancar medsos. Tak jarang juga pekerjaan terkendala lantaran hp yang mati tiba-tiba karena kehabisan baterai. 

Namun tentang saja, kali ini kita perlu kupas tuntas agar segala permasalahan tersebut segera teratasi. Sehingga ketika Anda bepergian ke tempat yang susah mencari aliran listrik, Anda tidak cemas karena kehabisan daya ponsel.

Cara Menghemat Baterai Hp secara Sederhana

Sebelum pembahasan inti, Anda perlu tahu jika penyebab baterai boros ini bersumber dari beberapa faktor. Bisa dari banyaknya aplikasi yang berjalan, widget hp, hingga selancar game dan medsos yang memang punya andil besar dalam konsumsi baterai.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar konsumsi daya baterai Anda bisa lebih terminimalisir dan bisa awet dalam jangka waktu lama. Untuk itu, segera simak beberapa poin yang sudah kami rangkum berikut.

Coba Cek Pengaturan Layar

Pertama, silahkan cek pada Pengaturan kecerahan layar ponsel atau brightness. Ya, layar yang terlalu cerah ternyata bisa memakan daya baterai yang ekstra. Selain itu, tentu kita akan sakit mata jika menatap layar terlalu cerah dengan waktu yang lama.

Anda bisa menurunkan kecerahan layar di ponsel Anda. Atau Anda bisa menyalakan otomatis cerah jika sedang berada di luar ruangan. Sehingga sistem nanti yang akan menyesuaikan dengan tingkat cahaya yang ada.

Selalu Bersihkan Aplikasi di Belakang Layar

Langkah mudah kedua yang sering orang sepelekan adalah tidak menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan dan masih berjalan. Jika melakukan langkah ini, otomatis ponsel juga akan menghentikan kinerja saat aplikasi sudah tidak Anda gunakan. Sebab itu, usahakan untuk selalu membebaskan ruang seperti ini setelah menggunakan aplikasi tertentu.

Mungkin ini akan terlihat sepele, namun siapa sangka impact untuk baterai ponsel Anda sangat besar. Jadi, biasakan untuk menutup aplikasi tersebut dan membersihkan aplikasi seperti ini.

Matikan Lokasi Tidak Terpakai

Mematikan lokasi Anda juga bisa untuk mengurangi konsumsi daya pada baterai. Cek pada pengaturan lokasi dan pastikan bahwa lokasi tersebut dalam posisi mati.

Nantinya lokasi ini akan aktif jika dibutuhkan saja. Selepasnya kita bisa mengaktifkannya saja demi keamanan baterai yang bekerja terlalu keras.

Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Cara menghemat baterai hp adalah menggunakan fitur penghemat baterai. Kini hampir semua ponsel sudah memiliki fitur yang satu ini. Sehingga usahakan Anda mengaktifkan fitur yang bisa membantu menghemat baterai ponsel tersebut. Nantinya otomatis akan terbantu membuat awet ponsel.

Penghemat ini bahkan bisa diatur paling awet, standar, atau paling rendah. Sebab semakin canggih ponsel konsumsi baterainya akan meningkat. Bisa dibandingkan sendiri untuk membuktikannya sekarang juga.

Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan seperti ini. Kebanyakan orang akan terbantu ketika menggunakan fitur yang satu ini.

Jaga Suhu Ponsel Agar Tidak Panas

Terakhir pertahankan suhu normal perangkat yang Anda gunakan tersebut. Semakin tinggi suhu hp akan membuat sistem bekerja terlalu keras. Dengan begitu, penggunaan baterai juga akan lebih banyak pula.

Pada dasarnya, ponsel yang digunakan waktu lama akan otomatis naik suhunya. .Jika Anda sudah merasa suhu hp meningkat, baiknya istirahatkan terlebih dahulu.

Nah, kita sudah kupas tuntas beberapa cara menghemat baterai hp secara sederhana tersebut. Anda bisa segera mempraktikkan sendiri dan tanpa perlu khawatir. Ketika bepergian nanti Anda bisa lebih tenang karena baterai perangkat akan tetap awet.