Laptop  

Beginilah 7 Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

Beginilah 7 Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar (pixels.com)
Ilustrasi Gambar (pixels.com)

Cara merawat laptop yang benar memanglah penting untuk diperhatikan bagi semua penggunanya. Hal tersebut guna untuk menjaga supaya performa laptop yang kamu gunakan tetap bagus dan lancar.

Untuk cara perawatannya bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Nah, buat kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak serangkaiannya berikut ini

Serangkaian Cara Merawat Laptop Supaya Awet

Perlu kamu ketahui, laptop sebenarnya juga membutuhkan perawatan supaya tidak cepat rusak. Mungkin sebagian orang hampir tidak terlalu memperdulikan hal tersebut. Jika kamu berpikiran yang seperti itu juga, maka merupakan tindakan yang salah. Terlebih lagi, jika kamu menggunakan laptop sehari-hari dalam jangka waktu yang panjang.

Sebenarnya merawat laptop bukanlah menjadi suatu hal yang ribet jika dibandingkan dengan merawat komputer. Nah, berikut ini ada beberapa cara perawatan laptop yang bisa kamu terapkan.

1. Rutin Bersihkan Laptop Dari debu yang Menempel

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu rajin membersihkan debu yang menempel pada laptop. Walaupun kedengarannya sepele, namun tindakan tersebut dapat membantu menjaga kualitas maupun performa laptop tetap stabil. Selain itu, juga akan mengantisipasi penumpukan debu pada celah-celah laptop seperti area kipas pembuangan.

2. Hindari Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop

Cara merawat laptop berikutnya yaitu dengan menghindari kebiasaan buruk. Nah, jika biasanya kamu selalu menggunakan laptop di kasur, maka saat ini usahakan tidak melakukan hal itu lagi. Mengapa demikian?

Hal tersebut akan mempercepat kerusakan pada laptop karena akan membuat ventilasi udara pada laptop menjadi terhambat. Selain itu, kamu juga perlu menghindari kebiasaan menaruh minuman di dekat laptop.

Nah, hal ini perlu kamu lakukan guna untuk mengantisipasi laptop ketumpahan minuman tersebut. Pasalnya, jika sampai terkena air, kemungkinan akan menyebabkan masalah serius seperti laptop menjadi error atau bahkan mati.

3. Rawat Baterai Laptop

Baterai juga menjadi salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop. Maka dari itu, kamu juga perlu merawatnya, jangan biarkan laptop sampai kehabisan baterai. Jika hanya satu atau dua kali saja, mungkin masih tidak terlalu berpengaruh.

Namun, jika kondisi tersebut sering terulang, kemungkinan akan merusak baterai dan nantinya bisa membuatnya drop. Jadi sebisa mungkin, segeralah mengecas laptop jika dirasa daya baterai sudah mulai habis.

4. Install Aplikasi Antivirus yang Resmi

Menginstall aplikasi Antivirus juga menjadi salah satu cara merawat laptop yang cukup efektif. Hal tersebut guna untuk melindungi software supaya tidak rusak karena virus tersebut.

Biasanya laptop sering terserang virus secara tiba-tiba dan akan berpengaruh juga pada sistem kinerja laptop. Maka dari itu, jika kamu mempunyai aplikasi antivirus ini, tentunya dapat menghapus atau menghilangkan virus-virus yang ada pada laptop tersebut.

5. Jangan Meletakkan Barang berat Diatas laptop

Meletakkan barang berat diatas laptop tentunya juga akan mempercepat kerusakan pada layar LCD-nya. Memang hal tersebut tidak langsung berpengaruh, namun lambat laun akan rusak dengan sendirinya. Nah, ketika kamu sering membuat tumpukan buku atau benda lainnya di atas laptop, untuk sekarang ingin biasakan untuk menghindarinya.

6. Segera Tutup Laptop Jika Sudah Tidak Digunakan

Jangan membiarkan laptop yang masih menyala dalam jangka waktu panjang apabila sudah tidak digunakan. Hal tersebut juga akan memicu laptop menjadi overheating karena sistemnya masih berjalan. Maka dari itu, usahakan mematikan laptop terlebih dahulu ketika ingin pergi ke luar.

Tak hanya itu saja, jangan melakukan mode sleep pada laptop dengan berjam-jam. Untuk lebih aman, lebih baik mematikannya terlebih dahulu. Biarkan laptop beristirahat sejenak jika sudah dipakai dalam seharian full.

7. Gunakan Cooling Pad

Sebagai pengguna laptop, kamu juga disarankan untuk menggunakan Cooling Pad. Hal tersebut guna untuk mengantisipasi overheat pada laptop serta juga membantu melancarkan ventilasi udara di dalam laptop tersebut.

Jadi itulah serangkaian cara merawat laptop yang bisa langsung kamu terapkan. Bagaimana, sangat mudah bukan? Dengan begitu, tentunya akan membantu menjaga laptop kamu tetap awet serta performanya juga lancar.