Gadget  

HP Android Tidak Bisa Menyala, Ini Cara Memperbaikinya

HP Android Tidak Bisa Menyala, Ini Cara Memperbaikinya (pexels.com)
HP Android Tidak Bisa Menyala, Ini Cara Memperbaikinya (pexels.com)

HP Android tidak bisa menyala perlu diketahui cara mengatasinya. Hampir setiap orang akan merasa panik saat handphone android mati tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan. Namun untungnya, ada berbagai cara memperbaiki HP yang mati yang bisa Anda coba.

Kondisi HP yang tidak bisa menyala tentu akan mengganggu komunikasi. Khususnya bagi Anda yang sering beraktivitas dari rumah. Hal ini tentunya juga akan membuat resah, apalagi jika menyimpan data-data penting, sehingga perlu segera Anda nyalakan. Sebaiknya tidak buru-buru ke service center, Anda bisa mencoba cara menghidupkan HP yang mati.

5 Cara Memperbaiki HP Android Tidak Bisa Menyala

Permasalahan HP tidak bisa menyala tentu cukup meresahkan hati dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, saat ini HP sudah menjadi alat elektronik yang sangat penting dalam meningkatkan mobilitas seperti berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi saat ini sudah banyak orang yang kesulitan melepaskan dari perangkat satu ini. Untuk itu, persoalan HP android mati sangat menghambat produktivitas. Berikut adalah cara memperbaikinya.  

Coba Charge HP

Cara untuk mengatasi masalah HP tidak bisa menyala yakni dengan mengisi daya terlebih dahulu. Jika mencolokkan HP dengan kabel charger sehingga daya baterai akan terisi. Anda bisa coba untuk membiarkan daya terhubung sebentar untuk mengetahui kondisi baterai HP.

Jika HP bisa nyala kembali, kemungkinan besar baterai sudah drop. Namun jika HP tidak menyala meski sudah Anda charger dalam waktu yang lama, kemungkinan terdapat masalah lainnya dalam sistem HP. Namun, kini tidak perlu khawatir, terdapat tips selanjutnya yang bisa Anda coba. 

Periksa Kondisi Baterai

Cara memperbaiki HP Android tidak bisa menyala bisa dilakukan dengan periksa kondisi baterai. Jika HP tidak bisa menyala, kemungkinan masalah tersebut muncul saat kondisi baterai yang drop atau rusak. Untuk mengatasinya, terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan berdasarkan jenis baterai pada masing-masing HP. 

Jika baterai HP android terpisah, untuk memperbaikinya dengan melepas baterai. Namun, jika baterainya menyatu pada HP, akan lebih baik mematikan paksa daya ponsel saat keadaan darurat atau tekan tombol power sekitar 20 hingga 30 detik.

Periksa Kabel dan Adaptor

Tips yang satu ini bisa Anda lakukan jika kondisi HP sudah kehabisan daya dan saat diisi daya, namun HP tidak menyala. Kemungkinan masalahnya ada pada kabel maupun adaptornya. Oleh karena itu, jika HP tidak menyala , sebaiknya coba isi daya dengan kabel serta adaptor lain yang satu tipe. Dengan demikian, Anda bisa memastikan kabel dan adaptornya yang rusak atau karena kondisi HP. 

Periksa Masalah di Layar HP

HP Android tidak bisa menyala bisa Anda perbaiki dengan periksa masalah layar HP. HP tidak bisa menyala kemungkinan karena layar mati atau gelap. Untuk mengetahui kondisi layar HP yang bermasalah atau tidak, maka perlu menekan tombol power selama 30 detik. Setelah itu, Anda bisa tunggu reaksinya.

Jika HP bergetar namun layar tidak menampilkan proses boot sepertinya layar HP bermasalah. Sebaiknya Anda langsung mendatangi service center untuk mengganti layarnya dengan yang baru. 

Flash Ulang HP Android

Flashing adalah proses menginstal ulang sistem operasi pada Android sehingga kembali seperti semula. Biasanya cara ini Anda lakukan menggunakan program tertentu. Anda bisa melakukannya dengan PC atau laptop. Bahkan juga bisa melakukannya tanpa perangkat tersebut.

Banyak cara memperbaiki HP Android tidak bisa menyala yang bisa dilakukan. Namun, jika kesulitan memastikan kondisi tersebut, akan lebih baik konsultasi dengan service center resmi sehingga bisa diperbaiki dengan benar.