Kecepatan Akses Internet dan Mengenal Satuan Ukurannya

Kecepatan Akses Internet dan Mengenal Satuan Ukurannya (unsplash)
Kecepatan Akses Internet dan Mengenal Satuan Ukurannya (unsplash)

Kecepatan akses internet akan mempengaruhi kegiatan Anda saat sedang berada di sosial media. Serangkaian kegiatan ini kualitasnya akan terpengaruh oleh kecepatan sinyal internet.

Apabila aksesnya terbatas atau terganggu, maka proses browsing atau kegiatan lainnya akan terhambat dan membuat kita harus sabar menunggu lebih lama.

Pengertian Kecepatan Akses Internet

Secara harfiah, kecepatan akses pada internet memiliki pengertian sebagai perhitungan kecepatan transfer data ketika mengakses jalur internet. Apabila dilihat secara singkat, maka akses internet terbagi menjadi dua macam kecepatan, yaitu downstream dan upstream.

Downstream merupakan jenis kecepatan yang diukur ketika kita mengambil data pada server di internet ke dalam perangkat Anda. Sementara upstream merupakan kecepatan transfer data yang fungsinya untuk mengirimkan data dari komputer menuju server internet. Kedua jenis kecepatan tersebut, dihitung dalam satuan bps yang berarti bit per sekon.

Jenis Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses suatu jaringan dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang melatarbelakangi. Selain itu, teknologi jaringan suatu alat dan kondisi lingkungan pada saat koneksi internet bekerja, tentu tidak bisa kita abaikan begitu saja. Berikut ini beberapa pilihan tipe kecepatan yang bisa Anda gunakan.

Dial-Up

Jaringan pertama ini sekarang sudah semakin banyak digunakan dan diminati oleh masyarakat secara umum. Cara ini, bekerja dengan menghubungkan perangkat komputer, menuju internet dengan kabel telepon Dial-Up.

Koneksi ini nantinya dapat digunakan secara pribadi dalam menyambungkan koneksi internet di ruang lingkup kecil, seperti di dalam rumah saja. Kecepatan koneksi Dial-Up berada pada angka hingga 56 kbps.

ADSL

Memiliki artian sebagai Asymetric Digital Subcriber Line. Tipe kecepatan akses saat browsing di internet yang satu ini merupakan jenis teknologi modern yang bekerja di tingkat frekuensi 34 kHz, sampai dengan 1.104 kHz.

Kemampuan menangkap sinyal elektrik berkecepatan cukup tinggi, sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan akses internet setiap waktu.

GPRS

General Packet Radio Service atau yang kita kerap sebut dengan GPRS ini merupakan media komunikasi data maupun suara dengan menggunakan perantara berupa gelombang radio. Koneksi akses internet ini berkemampuan untuk mengkomunikasikan data maupun suara saat komunikasi Anda bergerak.

Wireless LAN

Teknologi yang satu ini juga hampir sama dengan jenis teknologi internet karena sama-sama menggunakan media perantara gelombang radio. Aplikasi ini pada mulanya dirancang secara khusus untuk menjalankan aplikasi perkantoran yang ada di dalam ruangan.

Namun, seiring berjalannya waktu, Wireless LAN juga digunakan untuk jaringan jenis peer to peer, ataupun point-to point, multipoint, sampai dengan aplikasi bridge.

Komponen yang Mempengaruhi Sistem Kecepatan Transfer Data di Internet

Kecepatan akses internet juga tidak dapat lepas dari poin yang satu ini. Di bawah ini terdapat beberapa komponen yang bisa mempengaruhi proses kecepatan pada akses internet yang bisa Anda kenali satu per satu.

Bandwidth

Adalah jumlah kapasitas maksimal pada suatu kegiatan transfer data maupun komunikasi lain pada kegiatan server maupun client yang dihitung oleh satuan bit per second (bps).

Server Proxy

Kecepatan melakukan akses di  internet yang satu ini berfungsi sebagai media untuk menyimpan alamat favorit pengguna. Dalam hal ini alamat yang dimaksud adalah server atau laman web yang sering kita kunjungi. Sehingga, para pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuka laman secara cepat dan jauh lebih praktis.

Kesimpulan

Berbagai hal dapat menjadi alasan proses kecepatan akses internet suatu perangkat. Sehingga, Anda wajib mempertimbangkan banyak hal. Proses kecepatan akses pada internet juga bisa ditentukan oleh beberapa jenisnya yang membawa spesifikasi berbeda-beda.