Pengertian dan Rekomendasi Aplikasi Chatting Online

Pengertian dan Rekomendasi Aplikasi Chatting Online (eraspace.com)
Pengertian dan Rekomendasi Aplikasi Chatting Online (eraspace.com)

Sebagai pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting online yang digunakan untuk bertukar pesan. Sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk saling bertukar pesan. 

Selain digunakan untuk bertukar pesan, aplikasi chat juga dapat juga dapat digunakan untuk berkomunikasi, berbagi cerita hari Anda melalui status hingga panggilan video bersama-sama. Untuk berkomunikasi tidak dibatasi oleh batasan wilayah, sehingga akan lebih mudah untuk bertukar kabar kepada sanak saudara atau teman yang berada jauh dari wilayah Anda.

Pengertian Aplikasi Chatting Online 

Aplikasi ini adalah aplikasi sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan dua orang atau lebih tanpa adanya batasan wilayah. Aplikasi chat ini dinilai lebih efisien dan efektif jika dibandingkan dengan cara berkomunikasi lainnya. 

Keberadaannya telah menggeser kedudukan sarana komunikasi lain seperti SMS (Short Message Service), telepon, dan email. Itu karena hanya dengan internet saja komunikasi akan bersifat real time dan berjalan lancar. Selain itu aplikasi ini mudah didapatkan melalui Google Play Store ataupun App Store. 

Keunggulan Aplikasi Chat

Aplikasi chat ini memiliki banyak kelebihan terutama untuk keperluan bisnis. Kelebihan atau keunggulan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menghemat biaya dan waktu
  • Sumber informasi tercepat selain telepon
  • Memudahkan arana komunikasi
  • Bisa dijadikan sarana pemasaran 

Rekomendasi Aplikasi Chatting Online 

Berikut ini ragam aplikasi chat yang dapat digunakan untuk bertukar pesan secara global dengan siapa saja:

WhatsApp

Dengan pengguna lebih dari 5 miliar yang mengunduh, menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi bertukar pesan paling populer. Aplikasi naungan Meta ini gratis digunakan hingga banyak yang tertarik untuk mengunduhnya.

Fitur yang disediakan seperti pengiriman multimedia (video, foto, pesan suara, dokumen), wallpaper dan notifikasi khusus hingga adanya fitur untuk grup chat.

Telegram

Telegram ini hampir mirip dengan WhatsApp, bedanya untuk dapat terhubung ke pengguna lainnya di Telegram kita harus menggunakan ID. Namun, apabila sudah terhubung melalui kontak secara otomatis akan muncul pada ruang obrolan Telegram Anda. 

Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk bermain berbagai permainan seru dengan teman Telegram Anda. 

Line

Line ini merupakan aplikasi chatting online buatan Jepang. Sampai saat ini Line telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna. Fitur yang ditawarkan mirip dengan beberapa aplikasi chatting lainnya. 

Salah satu fitur pembedanya adalah fitur Line Timeline, yang digunakan untuk saling berbagi pemikiran sesama pengguna Line lainnya. 

WeChat

WeChat merupakan aplikasi chat populer di China. Selain chat, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim gambar melalui fitur yang momen pada aplikasi ini. Ada juga fitur nearby atau radar sekitar sehingga kita dapat mengetahui pengguna WeChat yang ada disekitar kita. 

Apabila bergabung ke grup-grup WeChat, Anda akan mendapat beberapa teman baru untuk chatting. Jika tidak ada juga fitur radar agar menemukan teman disekitar ataupun luar negara.  

Messenger 

Aplikasi ini akan terasa familiar untuk para pengguna Facebook. Pasalnya aplikasi ini sudah menjadi bagian dari aplikasi sosial media tersebut.  Menurut beberapa web aplikasi ini memiliki lebih dari 1 juta pengguna di tahun 2021.

Fitur yang tersedia mirip dengan aplikasi lain, dan dapat digunakan lintas platform untuk mengirimkannya. Di versi Amerika Serikat aplikasi ini sudah mendukung untuk pengiriman uang.

Itulah kumpulan aplikasi chatting online yang sering digunakan banyak pengguna dari berbagai belahan dunia. Dengan aplikasi di atas akan lebih memudahkan kita untuk saling bertukar kabar.