Cara Mengecek NRP Polisi Jeli Mengenali Polisi Gadungan

Cara Mengecek NRP Polisi
unsplash.com

Cara mengecek NRP polisi kini semakin mudah. Hanya melakukan beberapa klik dari aplikasi khusus, kita sudah bisa tahu identitas polisi.

Aparat penegak hukum dengan semboyan rastra sewakottama ini tidak luput dari kasus penipuan. Di masyarakat, ada segelintir oknum tidak bertanggung jawab mengaku sebagai polisi. Bagi masyarakat awam, tentu kesulitan membedakan polisi asli dengan polisi gadungan.

Manfaat mengetahui NRP polisi adalah bisa melaporkan tindakan, perilaku, dan etika polisi yang bersangkutan jika tidak semestinya. Ada kalanya polisi justru bertindak semena-mena terhadap warga, dan hal ini sudah menjadi rahasia umum.

Cara Mengecek NRP Polisi Termudah

Sebelumnya, apakah Anda tahu apa itu NRP? Kebanyakan orang menyamakannya dengan NIP. Padahal, keduanya jelas berbeda, baik dari segi penulisan maupun subjeknya.

NRP merupakan kependekan dari Nomor Registrasi Pegawai. Fungsinya yaitu sebagai tanda bukti bahwa nama yang tertera di dalam kartu tersebut benar-benar resmi terdaftar sebagai anggota kepolisian.

Selain polisi, aparat negara yang memiliki NRP adalah TNI. Nah, untuk masyarakat yang telah berusia 17 tahun, NRP ibarat NIK pada e-KTP.

Sama halnya dengan NIK, NRP antara anggota kepolisian yang satu dengan yang lain tidaklah sama. Nomor tersebut murni berasal dari negara.

Nomor terdiri dari 8 digit angka. Pada digit 1 dan 2, adalah tahun kelahiran pemilik NRP yang bersangkutan. Nah, 2 digit selanjutnya menunjukkan bulan lahir. Sedangkan 4 digit akhir merupakan nomor urut khusus dari kepolisian.

Nah, sebagai masyarakat cerdas, sebaiknya mengetahui pengetahuan lebih seputar NRP. Jika dulu pengecekan NRP hanya bisa melalui database yang ada di polres setempat, kini Anda bisa melakukan pengecekan sederhana melalui aplikasi.

Dulu, cek NRP bisa menggunakan aplikasi Sisbinkar. Namun, aplikasi ini sudah menghilang sehingga sudah tidak bisa menggunakannya. Sebagai gantinya, ada Sisbirin APK. Kini, lakukan pengecekan melalui Cek NRP Polisi.

Aplikasi Cek NRP Polisi

Aplikasi cek NRP Polisi bisa Anda dapatkan melalui Google Play Store atau App Store. Di dalam aplikasi, memuat data-data polisi dan TNI.

Penggunaannya cukup mudah. Anda hanya mengetik 8 digit nomor NRP polisi yang ingin Anda cek pada tempat yang tersedia.

Tunggu hingga layar aplikasi menampilkan data-data polisi yang yang bersangkutan. Lewat aplikasi tersebut, juga memungkinkan pengguna aplikasi mengetahui pangkat anggota polisi tersebut.

Bila sudah mengikuti panduan dengan baik tetapi aplikasi tidak menampilkan hasil apapun, kemungkinan besar polisi tersebut palsu.

Cek NRP Secara Manual

Aplikasi merupakan inovasi teknologi yang tidak luput dari kasus eror. Menggunakan aplikasi memang lebih praktis. Namun, mengingat aplikasi bisa saja mengalami kendala, ada baiknya untuk menguasai pengecekan via manual.

Belum lagi masalah kuota limit yang bisa saja menimpa diri Anda saat hendak melakukan pengecekan. Kondisi ini memberikan hasil kurang optimal.

Nah, cara cek NRP polisi secara sederhana adalah bertanyalah nomor NRP pada polisi yang menjadi target Anda. Setelah itu, tanyakan kapan tahun lahirnya.

Pada penjelasan awal, 2 digit angka depan NRP menunjukkan tahun kelahiran si target. Bila ada sinkron, kemungkinan besar polisi tersebut adalah asli.

Sebenarnya, polisi gadungan sudah terlihat gerak geriknya saat Anda bertanya seputar NRP miliknya. Jika menunjukkan gelagat aneh, bisa jadi dia adalah polisi gadungan. Namun, penting untuk meningkatkan ketelitian dan lebih jeli mempraktikkan metode ini.

Apakah info dan cara mengecek NRP polisi dalam ulasan tadi berguna untuk Anda? Bila iya, silakan memberitahukan kepada yang lain. Namun, pergunakan aplikasi secara bijak, yakni saat Anda memang membutuhkannya saja.

Pencarian Popular

aplikasi Sisbinkar,https://wartaterbaru com/4994/cara-mengecek-nrp-polisi html