Tekno  

Apa yang Dimaksud dengan Server, Ini Penjelasannya

Apa yang Dimaksud dengan Server
pixabay.com

Apa yang dimaksud dengan server tentunya penting untuk kita ketahui.  Server di sini terkait dengan teknologi komputer pastinya. Untuk itu memang cukup penting untuk kamu ketahui.

Mengingat, komputer atau sistem komputer menjadi salah satu teknologi terbaru. Banyak sekali hal yang saat ini menggunakan komputer. Oleh karena itu, kita harus paham mengenai komputer.

Termasuk memahami tentang server ini. Dengan begitu, pastinya kita bisa mengikuti perkembangan yang ada. Kita tidak akan tertinggal dengan adanya kemajuan teknologi ini.

Apa yang Dimaksud dengan Server? Berikut Penjelasannya

Saat ini dunia semakin berkembang. Salah satunya adalah dengan adanya inovasi-inovasi baru terkait dengan teknologi. Banyak sekali jenis teknologi baru yang bisa kita ketahui dan kita manfaatkan.

Salah satu teknologi yang berguna untuk hampir setiap orang adalah komputer. Komputer menjadi salah satu teknologi yang sangat bermanfaat. Untuk itu, penting bagi kita mempelajari segala hal terkait dengan komputer.

Server menjadi salah satu hal yang berkaitan dengan komputer. Nah, pastinya kita juga harus memahami apa itu server. Apa yang Dimaksud dengan Server? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang server.

Pengertian

Hal pertama yang penting untuk kita ketahui pastinya adalah pengertian dari server ini sendiri. Server adalah sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Nah, pada dunia komputer dan internet juga ada yang namanya web Server.

Nah, pastinya kita juga harus mengetahui istilah yang satu ini. Web server adalah adalah software  atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi layanan kepada web client (browser). Ada banyak sekali contoh dari web client atau browser yang bisa kamu ketahui. Yakni, Chrome, Mozilla, Opera, Safari, dan lain sebagainya. Nah, browser tersebutlah yang akan menampilkan hasil web yang diminta.

Fungsi

Apa yang Dimaksud dengan server dan web server pastinya sudah kita ketahui. Nah, selanjutnya kita harus mengerti fungsi dari web server ini. Dengan mengetahui fungsinya pastinya kita akan jauh lebih memahami apa yang dimaksud dengan web server.

Secara garis besar, web server ini memiliki fungsi sebagai pemroses data yang diminta oleh client. Setiap orang yang mengakses internet dan membuka sebuah website pastinya akan terjadi permintaan. Jika alamat permintaan benar maka web server akan memberikan respon.

Cara meresponnya adalah dengan menampilkan data atau file yang ada pada data base website tersebut kepada pengguna. Nah, itulah fungsi dari web server yang bisa kamu ketahui.

Namun, fungsi di atas merupakan fungsi web server secara umum atau garis besar saja. Masih banyak fungsi lain dari web server ini. Fungsi lainnya antara lain untuk menyimpan dan melindungi data, menyediakan data, membersihkan cache, sebagai server virtual, dan masih banyak lagi.

Cara Kerja

Cara kerja dari web server ini bisa kamu lihat dari pengertian dan fungsinya. Yakni, menerima permintaan dari client lalu mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh client tersebut.

Contoh

Selanjutnya, kamu pastinya harus mengetahui contoh dari  web server. Ada banyak sekali contoh dari web server. Contoh-contoh tersebut antara lain adalah Apache, IIS (Internet Information Service), Nginx, dan Lighttpd.

Nah itulah contoh-contoh dari web server yang bisa kamu ketahui. Apache menjadi salah satu web server yang banyak digunakan.

Dengan membaca ulasan di atas pastinya saat ini kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Server dan web server. Dengan kamu sudah memahami hal ini pastinya kamu akan lebih mudah dalam mengikuti perkembangan teknologi khususnya dalam bidang komputer dan internet.