Tekno  

Gambar Modem Berdasarkan Jenisnya, Ini Fungsi dan Pengertian

Gambar Modem
acerid.com

Gambar modem menjadi salah satu hal yang dapat membantu seseorang untuk membedakan yang merupakan modem dan mana yang bukan. Perlu Anda ketahui bahwa modem itu kepanjangan dari modulator demodulator.

Modem mempunyai pengertian perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah. Sehingga nantinya jaringan internet itu bisa diterima perangkat komputer ataupun mobile dengan baik.

Modulator berfungsi mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang nantinya siap untuk dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian dari modem yang mempunyai fungsi memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa supaya nantinya bisa diterima dengan jelas.

Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, terkhusus pada penggunaan internet. Keberadaan modem juga membuat sinyal internet bisa diterima dengan baik oleh setiap perangkat yang sudah terhubung.

Gambar Modem pada Komputer

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang bermanfaat dalam kehidupan. Melalui komputer tersebut kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari menjelajahi media sosial. hingga mengolah data kemudian mengoperasikan Microsoft Powerpoint, Microsoft Excel, dan Microsoft Word.

Supaya komputer bisa bekerja dengan maksimal, terdapat banyak komponen yang wajib ada di dalamnya. Terdapat beberapa komponen penting yang dapat mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut, salah satunya adalah modem ini. Modem itu juga diartikan sebagai perangkat keras atau hardware.

Fungsi Modulator Demodulator

Secara lebih rincinya modem berfungsi sebagai perangkat keras yang bisa mengubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya. Selain itu juga berfungsi menghubungkan perangkat ke suatu jaringan.

Perangkat komunikasi tersebut juga berfungsi melakukan aktivitas modulasi dan demodulasi. Di lain sisi, modem juga bekerja untuk melakukan kompres data yang nantinya dikirim melalui sinyal dan memeriksa paket data serta komunikasi.

Namun, tanpa adanya gambar modem pengguna akan kesulitan untuk memberikan pengarahan mengenai fungsinya apa saja dari penggunaan hardware tersebut. Di samping fungsinya yang beragam dan berperan penting dalam penggunaan komputer tersebut. Ternyata modem itu tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Eksternal

Adalah alat yang digunakan pada komputer supaya bisa mengakses internet. Nantinya data yang berasal dari komputer itu akan berbentuk sinyal digital kemudian diubah menjadi sinyal analog. Apabila hardware tersebut bisa menerima data berupa sinyal analog, maka akan diubah menjadi sinyal digital supaya prosesnya bisa segera dilanjut oleh komputer.

Internal

Kedua adalah modem internal yang terpasang secara internal. Di mana nantinya sinyal analog yang sudah sampai akan segera diubah menjadi sinyal digital dan akan langsung dikirimkan kepada komputer.

ISDN

Berikutnya adalah jenis modem ISDN. Adalah sistem telekomunikasi yang terdapat dalam layanan. Bentuknya bisa berupa suara data ataupun gambar yang nantinya akan diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Jaringan tersebut juga menyediakan konektivitas Digital dari ujung guna menunjang pelayanan yang semakin luas.

GSM dan Analog

Jenis dan gambar modem GSM itu menggunakan telepon seluler sebagai media guna mentransfer data. GSM sudah didukung juga dengan penggunaan kartu koneksi dari provider yang mempunyai sifat GSM. Sedangkan untuk analognya mempunyai fungsi sebagai alat yang bisa mengubah sinyal analog menjadi digital.

ADSL, Kabel, Wireless, dan CDMA

Lain halnya dengan jenis ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line. Yakni alat yang bisa mengakses internet serta menggunakan telepon analog persamaan. Dalam penggunaannya juga dibantu dengan splitter. Splitter bisa menghilangkan gangguan supaya keduanya bisa berjalan secara bersamaan.

Kabel adalah modem yang bisa menerima data langsung dari penyedia layanan. Contohnya adalah TV kabel. Wireless model juga termasuk dalam pembagian modulator demodulator. Nantinya data akan dipertukarkan melalui media gelombang cahaya. Seperti halnya infrared pada remote TV.

Terakhir jenis dan gambar modem adalah CDMA. Menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800mhz. Namun untuk versi terbarunya sudah menggunakan frekuensi evdo rev-a setara dengan 3G.