Gadget  

Hardware Komputer, Kenali Fungsi dan Beragam Jenisnya

Hardware Komputer
unsplash.com

Hardware komputer merupakan semua komponen dari sebuah PC yang mempunyai bentuk fisik dan terpasang di dalam PC. Sesuai namanya, hardware sering disebut dengan perangkat keras. Hal tersebut karena peranti ini dapat Anda genggam secara langsung. Dalam sebuah komputer terdapat banyak hardware yang fungsinya saling mendukung. Sehingga mampu mengerjakan perintah user dan merealisasikan dalam bentuk output.

Fungsi Hingga Jenis-jenis Hardware Komputer yang Perlu Anda Tahu

Kita mungkin sudah tahu pasti bahwa sebuah komputer memiliki banyak komponen di dalamnya yang saling bekerja sama. Bahkan berbagai komponen tersebut juga tersinkronisasi dengan software yang Anda install di PC. Dengan kombinasi tersebut maka perintah akan diolah dan tampil dalam bentuk output berupa gambar, dokumen, suara, dan lain sebagainya. 

Sehingga apabila terdapat hardware yang bermasalah, tentu akan menghambat kinerja komputer Anda. Lantas, apa saja perangkat keras tersebut? Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dan berbagai macam jenisnya.

Fungsi Hardware Komputer

Seperti pernyataan di atas, definisi hardware sendiri adalah berbagai komponen PC yang kasat mata dan memiliki fungsi yang beragam. Secara umum fungsi dari perangkat keras komputer ada empat.

Pertama adalah menerima input dari user. Input ini berupa perintah yang Anda berikan. Bisa berupa text, prompt, suara, dan yang lainnya. Berbagai masukan tersebut nantinya akan melalui proses dan diolah menjadi informasi baru.

Kemudian yang kedua, hardware berfungsi juga dalam mengolah data atau informasi dari proses input tadi. Terdapat beberapa hardware yang tugasnya mengolah data-data tersebut.

Sedangkan fungsi yang ketiga adalah menampilkan atau membuat output (keluaran). Setelah diproses, beberapa peranti keras akan memberikan data output kepada Anda. Dimana keluaran tersebut bisa berupa file gambar, dokumen, suara, bahkan video.

Untuk fungsi keempat yaitu sebagai penyimpan data atau informasi. Output hasil olahan tadi dapat Anda simpan dalam sebuah perangkat atau media penyimpanan sekunder. Storage ini ada yang terpasang di dalam PC dan ada pula yang bersifat eksternal.

Jenis-jenis Hardware Komputer dan Contohnya

Perangkat masukan pada PC memiliki peran utama sebagai garda depan dalam sebuah sistem komputer. Tugasnya menerima perintah user yang akan diolah kemudian. Contoh dari input device sendiri ada beberapa antara lain seperti keyboard, mouse, mic, webcam, joystick, dan lain-lain.

Selanjutnya ada Processing Device atau perangkat pemrosesan. Perangkat ini berfungsi untuk mengolah data dari perangkat masukan di atas. Ini seperti sebuah otak dari komputer. Dimana tugasnya memproses informasi menjadi data informasi baru yang bisa ditampilkan. Contoh hardware pada perangkat pemrosesan seperti CPU, VGA, RAM, power supply dan lain sebagainya.

Kemudian dari sebuah sistem PC, terdapat yang namanya output device. Ini merupakan komponen yang dapat menghasilkan atau menampilkan informasi dari hasil pengolahan data. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, informasi tersebut bisa berupa teks, gambar, video, maupun audio. Beberapa contoh hardware output seperti monitor, proyektor, printer, speaker, dan beberapa device lain.

Perangkat Media Penyimpanan Data

Sebagai tambahan, terdapat pula perangkat lainnya yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan data. Ini adalah perangkat penyimpanan, storage device sendiri ada yang dapat Anda pasang di PC maupun sebagai perangkat eksternal. Tidak hanya hardisk, tentunya banyak perangkat penyimpanan lain seperti flashdisk dan yang lainnya.

Itulah beberapa jenis hardware komputer dan cara kerjanya. Dimana masing-masing dari perangkat komponen tersebut saling berhubungan dan bekerja sama mengolah data yang kita inginkan. Berkat kemajuan teknologi saat ini, perkembangan hardware semakin canggih dengan kinerja yang lebih baik. Sehingga dapat memproses data yang Anda berikan secara efektif dan efisien.