Apakah Kepanjangan dari LAN Komputer, Definisi dan Fungsinya

Apakah Kepanjangan dari LAN
unsplash.com

Apakah kepanjangan dari LAN pada komputer? LAN adalah singkatan dari Local Area Network. Ini adalah suatu jenis jaringan yang memiliki cakupan wilayah secara lokal saja. Sehingga tipe jaringan ini hanya dapat digunakan oleh user di lingkup LAN saja. Umumnya hanya dapat mencakup satu ruangan. Jaringan ini hanya menghubungkan beberapa perangkat ke internet melalui device network sederhana.

Apakah Kepanjangan dari LAN, Definisi, Karakteristik, dan Fungsinya

Adanya layanan internet saat ini memungkinkan Anda dapat terhubung dengan semua pengguna di hampir seluruh belahan dunia. Manfaatnya, kini komunikasi bisa kita lakukan dengan mudah secara real-time meskipun jaraknya sangat jauh. Berdasarkan cakupannya, internet terbagi menjadi 3 jenis, yaitu LAN, MAN, dan WAN. LAN adalah tipe jaringan internet dengan jangkauan paling sempit. Berikut penjelasan lebih lengkap dari Local Area Network yang perlu Anda pahami.

Pengertian Lengkap LAN

Memiliki kepanjangan Local Area Network, jaringan internet ini hanya memberikan jangkauan terbatas. Biasanya jaringan ini digunakan pada ruangan seperti perpustakaan, sekolah, dan kantor perusahaan hingga pemerintahan. Sedangkan untuk kecepatan aksesnya rata-rata hanya 2 sampai 100 Mbps.

Setelah mengetahui apakah kepanjangan dari LAN, selanjutnya kita perlu memahami fungsinya. Jaringan ini umumnya berfungsi untuk memberikan resource yang lebih private. LAN ini bisa berdiri sendiri tanpa harus terhubung dengan jaringan luar. Sehingga sangat aman untuk menjaga privasi data penggunanya. Namun, meskipun demikian, LAN juga bisa Anda ekspansi lebih luas menjadi MAN (Metropolitan Area Network).

Karakteristik Jaringan LAN Pada Komputer

Jaringan yang memiliki cakupan lokal ini mempunyai karakteristik yang mudah untuk kita kenali. Berikut ini beberapa hal yang membedakan LAN dengan jenis jaringan lainnya.

LAN tidak menggunakan jaringan operator tambahan untuk dapat beroperasi. Karena pada dasarnya, LAN berfungsi untuk penggunaan pribadi atau skala kecil yang lebih tertutup.

Apakah kepanjangan dari LAN juga memiliki beberapa komponen penting. Pada jaringan LAN terdapat sebuah komputer yang berfungsi untuk server. Komputer ini berguna untuk mengatur sistem dan menyediakan data yang bisa diakses oleh PC client. Sehingga LAN dapat berfungsi meskipun tanpa adanya akses internet sekalipun. Namun, ketika tanpa internet, Anda hanya dapat mengakses data dan berbagi file yang ada di server saja.

Fungsi LAN Pada Jaringan Komputer

Setelah memahami apakah kepanjangan dari LAN, berikutnya kita juga perlu mengetahui fungsinya. Fungsi utama LAN pada dasarnya adalah menghubungkan beberapa komputer dalam suatu sistem jaringan untuk memudahkan sinkronisasi data. Namun seiring berkembangnya teknologi, LAN memiliki kegunaan yang jauh lebih kompleks.

Dengan terhubungnya beberapa komputer dalam satu jaringan yang sama. Maka dengan menggunakan jaringan tersebut kita dapat dengan mudah berbagi file dengan cara sharing pada masing-masing komputer. Bahkan selain dapat berbagi dokumen, LAN juga memungkinkan kita untuk sharing Printer.

Tidak sampai di situ saja, LAN memiliki korelasi pada fungsi uniknya. Tanpa adanya internet pun kita dapat melakukan obrolan antar user dengan fitur LAN Chatting. Lebih canggihnya lagi, kita dapat melakukan remote komputer lain dengan menggunakan Remote Desktop Manager. Anda hanya perlu memastikan kabel koneksi pada sistem jaringan tersebut dalam kondisi bagus dan tidak kusut.

Komponen Utama Jaringan LAN Pada Komputer

Local Area Network memiliki beberapa komponen utama yang dapat Anda gabung untuk menghubungkan beberapa komputer. Beberapa komponen tersebut seperti workstation, server, link, dan NIC.

Apakah kepanjangan dari LAN juga berhubungan dengan berbagai komponen pembentuknya. Workstation adalah host pada sistem jaringan komputer. Kemudian ada server yang merupakan sebuah perangkat yang memberikan layanan data melalui workstation yang terkoneksi. Sedangkan Link adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi menghubungkan workstation dan server.

Untuk dapat terhubung dan saling bertukar data, sebuah komputer membutuhkan Network Interface Card. NIC ini adalah suatu kartu dengan rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menghandle network protocol pada suatu jaringan LAN.

Selain keempat komponen di atas, ada satu lagi komponen LAN yang memiliki peranan penting pada jaringan komputer. Komponen ini adalah Network Software, fungsinya adalah menjalankan jaringan dengan memberikan command data melalui perangkat lunak pada komputer. Sehingga data bisa ditampilkan dan dapat kita gunakan di PC.

Kelebihan LAN yang Memudahkan File Sharing

Jaringan LAN hanya mempunyai jangkauan area yang sempit dan terbatas. Meskipun memiliki cakupan yang terbatas, namun LAN mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya adalah mendukung user untuk saling berbagi file dan resources pada satu jaringan. Manfaat ini memberikan kita kemudahan dan efisiensi yang berguna untuk produktivitas pekerjaan. Berbagai contohnya adalah printer dan scanner yang bisa Anda gunakan secara bersama-sama. Bahkan dengan menggunakan jaringan LAN yang lancar, Anda dapat berbagi media penyimpanan dan dokumen-dokumen di dalamnya.

Apakah kepanjangan dari LAN juga memiliki kelebihan lainnya. Yang lebih menariknya lagi dari koneksi LAN adalah software sharing pada sebuah workgroup. Dengan fitur ini, kita bisa menggunakan aplikasi tanpa harus menginstalnya di masing-masing komputer client. Cara ini dapat menekan biaya pembelian software yang tentunya memiliki harga yang relatif mahal.

Data Lebih Terpusat

Pada sebuah jaringan LAN terdapat pusat komputer yang berfungsi menampung berbagai data komputer client. Dengan adanya server, maka setiap pengguna memiliki kemudahan untuk mengakses file dari komputer yang berbeda di dalam sebuah jaringan tersebut. Selain fleksibilitas ini, LAN juga memberikan kemudahan dalam proses backup data apabila terjadi kerusakan dan error pada salah satu komputer.

Dengan terpusatnya data sharing pada koneksi LAN, maka masing-masing user juga bisa membuka file dokumen yang sama secara bersamaan. Fleksibilitas akses ini tentu memudahkan pengguna dan efisiensi waktu. Sehingga pekerjaan akan lebih produktif dan cepat diselesaikan.

Jaringan LAN Lebih Hemat Biaya dan Operasional

Setelah mengetahui apakah kepanjangan dari LAN pada komputer, Anda juga perlu mengetahui kelebihannya. Selain memberikan efisiensi pada penggunaannya, LAN juga lebih hemat di berbagai aspek.

Salah satu yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah jenis koneksi ini lebih hemat biaya. Baik itu biaya pemasangan maupun operasional dan perawatannya. Hal tersebut karena koneksi LAN hanya memiliki jangkauan yang sempit. Sehingga tidak membutuhkan kabel yang panjang. Selain hemat biaya, koneksi ini juga relatif lebih rapi dan tertata di ruangan. Memberikan efisiensi ruang yang bisa Anda gunakan secara leluasa dalam bekerja.

Jaringan LAN Memungkinkan Koneksi Antar Komputer Tanpa Internet

Akses internet memang tidak bisa lepas dari kehidupan dan aktivitas manusia saat ini. Dengan jaringan LAN, Anda tetap bisa terhubung dan berbagi file dengan komputer lainnya meskipun di saat internet sedang bermasalah. Kelebihan ini tentu akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan urgent namun di saat internet sedang trouble. Tetapi, meskipun LAN dapat Anda gunakan, namun Anda tetap tidak dapat mengakses secara leluasa seperti menggunakan koneksi internet normal.

Demikianlah beberapa hal yang membahas tentang apakah kepanjangan dari LAN pada komputer. Dengan mengetahui pengertian, komponen, fungsi, dan kelebihannya, kita dapat menentukan jenis jaringan apa yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya selain mengetahui poin lebih dan kekurangannya, kita juga perlu menghitung budget untuk instalasinya.