Aplikasi Jam Digital Android, Banyak Fungsi & Penunjuk Waktu

Aplikasi Jam Digital Android, Banyak Fungsi & Penunjuk Waktu
Pexels.com

Aplikasi jam digital merupakan aplikasi yang sudah pasti tersedia di perangkat Android. Berkat aplikasi ini, keberadaan smartphone dapat menggantikan jam dinding atau jam tangan untuk mengetahui waktu secara cepat. Meski aplikasi jam merupakan aplikasi bawaan setiap smartphone, saat ini ada banyak developer yang membuat inovasi dari aplikasi ini.

Mereka membuat aplikasi jam yang menawarkan lebih dari sekedar penunjuk waktu. Pilihan populer akhir-akhir ini adalah jam digital. Bahkan, banyak yang mengembangkan aplikasi tersebut untuk bisa digunakan di wallpaper ponsel.

Aplikasi Jam Digital Android, Banyak Fungsi & Penunjuk Waktu

Dengan tampilan digital, pengguna bisa mendapatkan kesan simple dan elegan. Banyak yang membuka smartphone hanya untuk melihat jam berapa sekarang. Tujuannya adalah untuk mengetahui waktu atau merencanakan kegiatan mendatang. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi jam untuk di install di perangkat Android.

Digital Clock Widget Xperia

Sama seperti namanya, aplikasi ini menawarkan tampilan jam yang mirip dengan widget Sony Xperia. Aplikasi ini menawarkan banyak macam widget, sehingga dapat berfungsi di semua perangkat. Pengguna juga bisa mengubah format waktu dan tanggal, font, warna, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yakni gratis dan premium. Terdapat juga info mengenai cuaca yang bisa ditambahkan. Untuk menginstall aplikasi ini bisa langsung ke Play Store dan install secara gratis.

Jam by Google

Aplikasi jam ini dibuat oleh Google yang terkadang sudah terinstal secara otomatis di smartphone Android. Tidak perlu lagi install aplikasi karena merupakan aplikasi bawaan. Tetapi, kalau ingin versi terbaru dengan tampilan berbeda, install aplikasinya lewat Google Play Store.

Tidak hanya fitur jam saja, aplikasi ini juga menyediakan widget cuaca, timer, alarm, dan stopwatch. Tampilan aplikasi jam digital ini memang biasa karena aplikasi bawaan. Akan tetapi, aplikasi ini termasuk dalam rekomendasi berkat fitur yang mumpuni dan bermanfaat. Selain itu, aplikasi jam ini juga memiliki ukuran kecil yang sudah pasti ringan untuk Android.

Digital Clock by Panagola

Aplikasi Digital Clock by Panagola ini cocok untuk Anda yang sedang mencari aplikasi jam digital sederhana tetapi tetap efektif. Digital Clock mampu menunjukkan berbagai elemen waktu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat menggunakan sejumlah format waktu dan tanggal, warna, serta tampilan jam yang berbeda.

Digital Clock memang tidak memiliki alarm atau sejumlah fitur khas jam canggih lainnya. Aplikasi ini unggul di ukurannya yang hanya berukuran 0,1 MB, sehingga sangat ringan dan tidak boros kuota saat menginstall-nya. Menariknya lagi, aplikasi ini sepenuhnya gratis tanpa ada iklan yang mengganggu.

Alarm Clock for Heavy Sleepers

Aplikasi jam digital Alarm Clock for Heavy Sleepers ini menarik untuk dibahas. Karena, aplikasi ini khusus untuk orang-orang yang kesulitan bangun tidur. Selain itu, aplikasi memungkinkan pengguna menyetel beberapa alam sekaligus. Masing-masing alarm memiliki pengaturan khusus tersendiri, bisa memilih membangunkan dengan alarm lembut atau keras.

Aplikasi ini dilengkapi dengan dukungan Android Wear, alarm khusus lokasi, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur menarik dari aplikasi adalah teka-teki tentang tunda. Intinya, pengguna harus bangun dan memecahkan tantangan atau tugas matematika untuk mematikan alarm.

Pengguna bahkan dapat melacak tidur untuk menghindari tidur berlebihan dan mencegah rasa ngantuk. Aplikasi ini mudah digunakan dengan banyak fitur untuk mengubah alarm pengguna. Pengguna juga bisa mengatur aplikasi ini sebagai alarm dan jam digital biasa.

Digital Clock Widget

Pengguna yang menginginkan aplikasi jam digital dengan tampilan sederhana dan elegan, Digital Clock Widget bisa menjadi solusinya. Salah satu fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini adalah tampilan homescreen widget mirip dengan iPhone. Terdapat sejumlah pengaturan yang bisa dimodifikasi, seperti:

  • Mengganti efek secara real time
  • Mengubah ukuran widget
  • Mengganti warna layar belakang
  • Mendukung berbagai macam format tanggal dan waktu, dan
  • Pilihan jutaan warna berbeda.

DIGI Clock Widget

Aplikasi jam digital untuk widget selanjutnya ini dibuat oleh ForestTree. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengatur tampilan widget dalam berbagai ukuran. Ukuran widgetnya bisa disesuaikan widget kecil, widget lebar opsional dengan detik, dan ada ukuran widget untuk tablet.

Cara menggunakan aplikasi ini sederhana dan mudah dengan mengikuti instruksi. Pengguna bisa menambahkan widget ke homescreen atau menambahkan widget secara manual. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur menarik, antara lain:

  • Memberikan pratinjau widget saat diatur.
  • Memungkinkan pengguna memilih warna untuk waktu dan tanggal.
  • Memberikan efek bayangan dengan warna pilihan pengguna.
  • Banyak format tanggal yang bisa disesuaikan.
  • Font dan latar belakang widget yang bisa disesuaikan keinginan.
  • Fitur alarm.
  • Aplikasi ini juga kompatibel dengan Android 11 dan ramah tablet.

SmartClock

SmartClock mampu menunjukkan waktu, tanggal, dan pembaruan cuaca. Sehingga, pengguna dapat terus mengikuti perkembangan cuaca di mana pun sedang berada. Aplikasi ini juga menyediakan pilihan format 24 jam dan 12 jam.

Pengguna juga akan dimanjakan dengan wallpaper hitam dan gelap yang menambah tampilan estetika di smartphone. Lalu, ada juga wallpaper yang dapat muncul dengan efek neon-glow di malam hari dan bagus untuk siang hari. Pengguna dapat memilih wallpaper dari foto kesayangan di galeri ponsel.

Widget di jam cerdas ini dapat mendeteksi perkiraan di lokasi secara otomatis. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membantu mempersiapkan kebutuhan sesuai dengan cuaca dan suhu saat ini. Aplikasi ini akan menampilkan waktu secara digital, seperti angka atau simbol lainnya.

Digital Clock Widget by Lazar Dimitrov

Aplikasi jam digital, Digital Clock Widget by Lazar Dimitrov ini merupakan widget jam yang cocok untuk layar beranda. Aplikasi ini mampu menunjukkan waktu, baterai, tanggal, hingga gambaran cuaca.

Pengguna bisa menyesuaikan widget dengan mudah dan tersedia dalam berbagai ukuran. Selain itu, aplikasi ini juga dapat berfungsi dengan baik di semua perangkat. Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi jam yang sangat baik.

Digital Clock Obediently Tell by ArtsPlanet

Bila Anda sedang mencari widget  aplikasi jam digital yang lucu, Digital Clock Obediently Tell ini bisa menjadi pilihan. Pengguna juga bisa menggunakannya sebagai jam alarm. Pengguna juga bisa mempersonalisasi layar homescreen dengan jam widget digital yang lucu ini.

Hanya tinggal mengetuk widget untuk mengubah desain jam tangan digital. Anda juga bisa memilih wallpaper live untuk menyesuaikan dengan widgetnya. Widgetnya juga dapat muncul saat smartphone dalam keadaan mati.

Digital Clock Widget Yeastken

Jam digital ini masih satu perusahaan dengan rekomendasi sebelumnya, yakni ArtsPlanet. Widget jam digital lucu ini menampilkan karakter-karakter lucu yang tidak akan membuat bosan pengguna. Pengguna bisa mengganti tema sesuai selera dan pilihan tersedia cukup banyak. Sayangnya, terkadang jam atau widget mati secara mendadak. Meskipun demikian, cara memperbaikinya cukup mudah, hanya perlu membuka kembali dan widget akan muncul seperti sebelumnya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi jam digital untuk smartphone Android Anda. Setiap smartphone memang memiliki jam digital bawaan. Tetapi, Anda tetap bisa berkreasi dengan aplikasi-aplikasi yang ada.