4G tapi Tidak bisa Internet, Ketahui Cara Mengatasinya

4G tapi Tidak bisa Internet
Foto: istockphoto.com

Sinyal 4G tapi tidak bisa internet merupakan salah satu masalah yang umum terjadi. Meski begitu, jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat dapat mengganggu aktivitas pengguna.

Pengguna akan mengalami kesulitan saat mengakses internet. Terutama saat mengoperasikan sebuah aplikasi atau bermain game yang membutuhkan koneksi internet kuat dan stabil.

Cara Mengatasi 4G tapi Tidak bisa Internet

Ada beberapa cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengatasi masalah jaringan tersebut. Berikut ini diantaranya.

1. Memperbarui PRL dan Profil

Cara pertama kali yang bisa digunakan, yakni dengan memperbarui PRL dan profil. PRL sendiri merupakan akronim dari Preferred Roaming List.

PRL maupun profil merupakan pengaturan yang berfungsi untuk mengakses jaringan seluler dengan baik dan lancar. Pada beberapa perangkat, PRL dan profil bisa ditemukan melalui menu pengaturan.

Pengguna hanya perlu melakukan pembaharuan PRL dan profil. Setelah itu, ketersediaan sinyal bisa semakin optimal.

2. Restart HP

Jaringan 4G tapi tidak bisa internet bisa diatasi dengan cara yang sederhana, yakni restart perangkat tersebut. Meski terbilang mudah, restart HP dinilai cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat. Tak terkecuali jaringan 4G yang mengalami gangguan.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Cara yang tak kalah mudah, yakni dengan mengaktifkan mode pesawat. Mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode dapat membantu memperbaiki koneksi internet yang mengalami masalah. Bahkan, cara ini terbukti efektif untuk menstabilkan sinyal.

Untuk menggunakan cara ini, cukup dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat. Setelah itu, matikan dan switch kembali.

4. Ganti Kartu SIM

Adanya gangguan pada jaringan seringkali terjadi karena masalah pada perangkatnya. Namun, salah satu faktor utamanya juga bisa terjadi pada kartu SIM yang digunakan.

Untuk memastikan perangkat bukan sumber masalahnya, cek kartu SIM dengan memasangnya ke perangkat atau smartphone lain. Setelah itu, perhatikan apakah koneksi internetnya berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika koneksi internetnya tetap bermasalah, kemungkinan besar kartu SIM mengalami kerusakan. Sebaiknya, pengguna langsung mengganti kartu SIM tersebut dengan yang baru.

5. Lakukan Pemeriksaan Batasan Kuota Internet

Jika 4G tapi tidak bisa internet, pengguna perlu melakukan beberapa pengecekan. Salah satunya adalah dengan pemeriksaan batasan kuota internet.

Beberapa penyedia layanan seluler memiliki batasan akses internet jika kuota sudah habis. Setelah mencapai batas kuota tertentu, baik itu data harian maupun bulanan, kuota internet tersebut tidak bisa digunakan.

6. Lakukan Pemeriksaan Pengaturan APN

Siapa yang belum tahu tentang APN? APN merupakan singkatan dari Access Point Name.

APN merupakan konfigurasi yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan seluler. Pengaturan APN yang tidak sesuai dengan ketentuan dari penyedia layanan seluler dapat mengakibatkan gangguan pada jaringannya.

Karena itulah, pastikan kembali pengaturan APN-nya. Pengguna bisa menemukan berbagai macam informasi terkait pengaturan APN ini melalui situs web penyedia layanan seluler. Selain itu, bisa juga dengan menghubungi layanan pelanggan.

7. Pembaruan Sistem Operasi

Cara lainnya yang bisa dipertimbangkan oleh pengguna, yakni dengan melakukan pembaharuan pada sistem operasinya. Supaya perangkat dan jaringannya dapat bekerja dengan maksimal, pastikan menggunakan sistem operasi versi terbaru. Pembaharuan sistem operasi ini tidak hanya mengatasi masalah jaringan saja, tetapi juga bisa memperbaiki bug hingga meningkatkan kinerja perangkat.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi sinyal 4G tapi tidak bisa internet. Jika semua cara di atas sudah dicoba tetapi sinyal masih bermasalah, ada baiknya segera membawanya ke tempat service HP terpercaya.