Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Aplikasi Belanja Online
www.istockphoto.com

Di era serba daring seperti sekarang ini, semakin banyak aplikasi belanja online yang bermunculan dan menawarkan kelebihannya masing-masing. Sebenarnya kegiatan belanja online ini bukanlah sebuah hal yang baru. Kegiatan ini pertama kali dilakukan melalui NetMarket pada tahun 1994, setahun kemudian munculah Amazon dan eBay.

Perkembangan zaman dan teknologi canggih yang ada turut membawa perubahan pada kegiatan belanja online ini. Kini, siapa saja bisa membeli berbagai barang, bahan makanan, hingga kebutuhan rumah tangga pada platform online hanya dengan smartphone.

Aplikasi Belanja Online Terpopuler di Indonesia

Kegiatan belanja online kini semakin familiar dan hampir sampai ke segala usia. Sejak munculnya platform belanja online, orang-orang jadi lebih memilihnya karena berbagai alasan.

Salah satu alasan tersebut adalah aplikasi ini memungkinkan setiap orang untuk membeli apapun dengan lebih mudah dan praktis. Hanya dengan smartphone dan beberapa langkah saja dan pengguna tinggal menunggu hingga barang sampai ke rumah.

Selain itu, aplikasi ini juga seringkali menawarkan promo atau diskon yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan suatu barang dengan harga yang lebih murah. Adapun beberapa aplikasi online shopping yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

Shopee

Aplikasi dengan logo yang dominan berwarna orange ini menjadi salah satu aplikasi belanja online yang populer. Apalagi bagi para wanita dan remaja yang sering menggunakannya untuk mendapatkan berbagai barang dengan promo menarik.

Biasanya, Shopee akan mengeluarkan promo besar-besaran pada momen tertentu seperti tanggal merah, Ramadhan, dan akhir tahun. Pengguna bisa mendapatkan barang dari berbagai brand dan merek ternama dengan mudah melalui aplikasi ini.

Untuk pembayarannya, Shopee menyediakan sejumlah sistem yang berbeda seperti COD, Shopee Pay, Pay Later, dan masih banyak lagi. Hal ini membantu pengguna dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi.

Tokopedia

Tokopedia termasuk dalam kategori marketplace dengan pengunjung terbanyak.  Bahkan, Tokopedia juga merupakan platform e commerce terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2009.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk mulai dari elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Untuk memanjakan penggunanya, aplikasi belanja online ini juga menyediakan promo Waktu Indonesia Belanja dengan diskon hingga 90%. Sistem pembayaran Tokopedia sangat beragam, mulai dari transfer, virtual account, atau melalui e-wallet seperti OVO dan Gojek.

Lazada

Berikutnya ada aplikasi Lazada dengan jumlah pengguna mencapai 50 juta lebih konsumen aktif. Platform ini juga termasuk dalam deretan marketplace terbesar yang ada. Bukan hanya untuk masyarakat Indonesia, layanan aplikasi Lazada bahkan mencapai beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Sama seperti kebanyakan marketplace besar, Lazada juga sering memberikan diskon atau promo pada saat-saat tertentu. Pastinya, hal ini membantu pengguna untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak ketimbang belanja offline.

Blibli

Platform ini sukses mencatat lebih dari 27 juta kali kunjungan ke situs website resminya. Uniknya lagi mayoritas dari pengunjung tersebut berjenis kelamin laki-laki. Hal ini membuat eksistensinya semakin tinggi sebagai platform belanja online terpercaya untuk membeli berbagai perangkat elektronik dan gadget.

Itulah tiga aplikasi belanja online yang populer dan terkenal dengan jumlah pengguna puluhan bahkan jutaan konsumen aktif. Masing-masing dari aplikasi tersebut menyediakan banyak kategori produk, mulai dari fashion, produk elektronik, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi. Selain itu, platform belanja online tersebut seringkali mengadakan promo atau diskon besar-besaran pada saat-saat tertentu. Hal inilah yang menjadikannya sebagai pilihan utama masyarakat ketimbang belanja secara langsung atau offline. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut pengguna bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan, meskipun barang tersebut berasal dari jarak yang jauh dari tempat tinggal.