Tips Meningkatkan Kekuatan Jaringan Supaya Lebih Ngebut

Tips Meningkatkan Kekuatan Jaringan
unsplash.com

Tips meningkatkan kekuatan jaringan internet menjadi kebutuhan penting pada kehidupan sehari-hari. Terlebih, saat ini internet sudah dapat diakses oleh semua pengguna gadget di berbagai usia dan kalangan.

Sayangnya, koneksi internet tidak selamanya lancar dan kadangkala ada kendala di tengah pemakaiannya. Tentunya pengguna akan merasa kesal apabila koneksinya menjadi lemot. Sehingga memerlukan cara khusus untuk menambah kekuatan jaringan.

Tips Meningkatkan Kekuatan Jaringan Pada Gadget Agar Semakin Kencang

Dengan adanya internet pengguna dapat menemukan berbagai informasi dengan cepat. Selain itu internet juga memungkinkan pengguna untuk dapat berkomunikasi secara efisien meskipun pada jarak yang jauh.

Oleh sebab itu, koneksi internet yang stabil dan lancar merupakan sebuah kebutuhan wajib saat ini. Sehingga jika ada kendala koneksi yang tiba-tiba bermasalah, tentu akan sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa cara efektif yang bisa membuat koneksi kembali normal.

Aktifkan Fitur Adblock untuk Memblokir Iklan

Melambatnya kecepatan akses internet bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah iklan yang terlalu banyak muncul. Untuk mengatasinya, pengguna perlu menggunakan aplikasi atau ekstension seperti Ad-Blocker.

Aplikasi atau add ons tersebut bisa memblokir iklan-iklan yang mengganggu tersebut. Sehingga koneksi internet akan lancar dan semakin cepat. Aktivitas browsing pun akan lebih nyaman tanpa adanya iklan yang muncul di tengah-tengah konten.

Gunakan Jaringan Khusus Seperti LTE Only atau 5G Only

Khususnya smartphone, terdapat tips meningkatkan kekuatan jaringan yang lebih spesifik. Pengaturan tersebut seperti 3G Only, LTE Only (4G), dan 5G Only. Pengguna juga bisa memakai aplikasi Network Speed Optimizer.

Aplikasi tersebut dapat mempercepat koneksi sampai dengan 200 persen. Sebab, aplikasi akan beroperasi dengan menjalankan tweak khusus, sehingga pengguna bisa menentukan kecepatan sesuai kebutuhan. Sayangnya untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone harus di-root terlebih dahulu.

Hapus Cache atau Temporary File

Suatu aplikasi seringnya menyimpan banyak file cache saat digunakan. Apabila dibiarkan saja secara terus-menerus maka akan memenuhi memori. Sehingga dapat memberatkan performa perangkat dan jaringan.

Oleh sebab itu, untuk mempercepat koneksi internet, lebih baik untuk membersihkan cache secara berkala. Proses pembersihan cache tersebut cukup mudah, bisa dengan mengakses langsung menu pengaturan maupun dengan aplikasi pihak ketiga. Biasanya, setelah membersihkan cache dan melakukan restart pada perangkat, koneksi akan kembali stabil dan lebih cepat.

Gunakan Fitur VPN

Tips meningkatkan kekuatan jaringan berikutnya adalah dengan menggunakan VPN. Terdapat banyak sekali aplikasi VPN yang tersedia di internet, baik gratis maupun yang berbayar. Meskipun demikian, pengguna perlu memilih aplikasi yang mempunyai rating bagus dan terpercaya.

Sebab, tidak sedikit aplikasi VPN yang merupakan software scam dan berbahaya. Selain mampu mempercepat jaringan internet, VPN juga memungkinkan pengguna bisa membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Caranya dengan mencoba menghubungkan ke IP suatu negara yang tepat.

Nonaktifkan Fitur Tethering

Hotspot tethering merupakan fitur yang berguna untuk membagi koneksi ke berbagai perangkat. Saat ini kebanyakan smartphone memiliki fitur tersebut. Sehingga bisa berfungsi sebagai hotspot portable.

Namun, jika perangkat yang terhubung terlalu banyak bisa membuat koneksi internet semakin lambat. Oleh sebab itu, untuk mempercepat kembali koneksi tersebut, pengguna harus mematikan tethering. Sehingga jaringan internet akan kembali stabil dan lancar.

Beberapa tips meningkatkan kekuatan jaringan internet tersebut membantu pengguna ketika menghadapi masalah koneksi yang lambat. Berhubung internet sudah menjadi suatu kebutuhan pokok saat ini, konektivitas yang stabil tentu sangat pengguna butuhkan setiap hari. Entah itu untuk aktivitas browsing hingga komunikasi audio dan video.