Speed WiFi Tes, Tujuan, Hal yang Harus Disiapkan dan Caranya

Speed WiFi Tes
pixabay.com

Speed WiFi tes mungkin dibutuhkan sebagian orang. Tes kecepatan WiFi memang tidak wajib, tetapi mungkin cukup membantu para penggunanya.

Sebab, tidak jarang WiFi mengalami gangguan. Untuk memastikannya, maka pengguna bisa mengecek kecepatan jaringan dari WiFi tersebut.

Cara Speed WiFi Tes

Internet menjadi penunjang kehidupan saat ini. Berbagai kegiatan melibatkan internet di dalamnya dan itu tidak bisa diragukan lagi.

Bahkan, teknologi smartphone, laptop, dan lainnya juga tidak akan bekerja secara maksimal tanpa adanya jaringan internet. Salah satu cara untuk mendapatkan jaringan internet dengan mudah dan unlimited merupakan WiFi.

Orang memasang WiFi di rumah atau tempat kerja karena lebih murah untuk pemakaian oleh banyak orang. Selain itu, internet WiFi juga lebih cepat.

Tujuan dari speed WiFi tes adalah untuk mengetahui seberapa besar kapasitas maksimal dari jaringan internet pada perangkat tersebut. Jaringan internet tersebut berpengaruh pada kecepatan mengunggah atau mengunduh data.

Ketika sudah mengetahui dengan pasti kecepatan internet, setidaknya pengguna WiFi bisa memiliki ekspektasi terhadap kegiatan mereka. Misalnya mereka membutuhkan internet untuk mengunduh atau mengunggah sesuatu, bekerja, dan lain sebagainya.

Hal yang Harus Disiapkan

Ketika akan melakukan tes kecepatan, pengguna harus melakukan restart terlebih dahulu pada router dan perangkat yang ingin digunakan. Baru setelah itu bisa melakukan pengecekan.

Hal lainnya yang bisa pengguna lakukan adalah membersihkan cache di perangkat terlebih dahulu. Sebab, banyaknya cache bisa mempengaruhi kecepatan internet pada WiFi dan hasil tes speed tidak akan sesuai.

Terakhir, hentikan terlebih dahulu program atau aplikasi yang tengah pengguna buka. Ketika terlalu banyak membuka program, maka performa internet juga akan menurun di perangkat tersebut.

Hal tersebut sebenarnya tidak wajib untuk pengguna lakukan. Namun, akan lebih baik jika melakukan persiapan dengan matang sehingga hasil tes juga akan lebih akurat.

Tes Speed dengan SpeedSmart

Perlu pengguna ketahui bahwa ada banyak website untuk melakukan tes speed ini. Rekomendasi website pertama adalah SpeedSmart.

Banyak yang memilih untuk menggunakan SpeedSmart karena hasilnya yang cukup akurat. Hal itu karena SpeedSmart menjalankan HTML5 ketika melakukan proses pengecekan.

SpeedSmart akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, seperti kecepatan unduhan, unggah, dan bahkan hingga IP Server serta Provider.

Open Speed Test

Platform speed WiFi tes selanjutnya adalah Open Speed Test. Ini juga merupakan situs pengecekan dengan akurasi yang cukup tinggi.

Pengguna bisa memanfaatkan Open Speed Test untuk mengecek kecepatan WiFi dan B’Nerz. Fitur di dalam situs Open Speed Test adalah untuk mengetahui kecepatan download, upload, Jitter, dan bahkan Ping.

Pengguna hanya perlu masuk ke situs Open Speed Test dan ikuti langkah pengecekan yang tersedia. Hasil dari tes akan segera keluar setelah proses pengecekan selesai.

Jadi, itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kecepatan internet pada WiFi. Ini bisa pengguna lakukan ketika merasa kecepatan WiFi menurun. Dengan speed test, maka pengguna akan mendapatkan kepastian terkait kecepatan internet WiFi tersebut.

Jika kecepatannya terlalu rendah dan terlalu sering terjadi, maka bisa melaporkan ke pihak penyedia jaringan WiFi. Bisa jadi ada hal yang mempengaruhi kecepatan sinyal WiFi tersebut menjadi sangat rendah.

Ketika melakukan speed WiFi tes, pengguna harus bersabar karena prosesnya tidak bisa diprediksi. Terkadang proses pengecekan bisa memakan waktu beberapa menit namun bisa juga hanya dalam hitungan detik. Pada dasarnya, tes ini cukup penting dan sebaiknya pengguna lakukan secara rutin.