Pengertian Jaringan Client Server dan Fungsinya untuk Bisnis

Jaringan Client Server
pixabay.com

Anda pernah memikirkan tentang cara kerja aplikasi atau bagaimana sebuah website bekerja? Di balik semua itu, ada jaringan client server yang berperan penting untuk menjalankannya. Jaringan ini berkontribusi penting untuk mengirim data dan memberikan layanan yang kita perlukan selama mengakses aplikasi maupun website.

Kegiatan-kegiatan online, seperti belanja online, streaming video, dan saling bertukar kabar melalui aplikasi perpesanan, semuanya menggunakan client server. Dalam kata lain, jaringan ini membantu sistem dalam aplikasi atau website untuk mengelola dan mengirimkan data pengguna secara aman dan efisien.

Pengertian Jaringan Client Server

Mungkin bagi Anda yang mempelajari seputar telekomunikasi, sudah mengenal apa itu client server. Pada dasarnya, client server adalah konsep arsitektur software atau perangkat lunak untuk menghubungkan dua objek berupa client dan server yang saling berkomunikasi melalui jaringan komputer maupun perangkat komputer yang sama. 

Server ini akan berperan sebagai pengelola aplikasi, data serta keamanan informasi client. Dalam pertukaran akses web, client server memiliki peran penting sebagai program web browser untuk memberikan informasi pada pengguna atau user dari berbagai lapisan dunia. Hal ini sama seperti akses ke database, email dan lain-lain.

Sedangkan untuk aplikasi, client server memerlukan laman web atau IP Addres dari server tertentu. Client bisa meminta informasi ke server kapan saja, karena sejatinya server merupakan pengguna informasi yang ada di server.

Proses kerja jaringan ini selalu bergerak secara dua arah, apabila client ingin mengakses informasi, maka harus melalui server terlebih dahulu. Sebagai informasi, client tidak bisa berkomunikasi dengan sesama client.

Fungsi Client Server untuk Bisnis

Jaringan ini memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang signifikan dalam kehidupan. Adapun beberapa fungsi dan manfaat client server dalam lingkungan bisnis adalah sebagai berikut:

Fungsi Server

Server yang dimaksud adalah komputer server atau pusat. Komputer ini berperan sebagai penyedia informasi dan layanan kepada perangkat client dalam jaringan.

Server akan bertanggung jawab untuk memberikan layanan kepada client, misalnya seperti penyimpanan data, pengolahan data dan lain sebagainya. Kita bisa mengumpamakan komputer server ini adalah pusat data yang memiliki akses ke berbagai jenis sumber daya atau informasi yang relevan.

Fungsi Client

Dalam jaringan client server, client berperan sebagai pengguna akhir dalam jaringan. Client inilah yang akan meminta informasi atau layanan kepada komputer server.

Komputer client akan mengirim permintaan kepada server agar bisa memperoleh akses ke data atau layanan sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini, komputer client merupakan representasi dari pengguna akhir yang hendak mengakses atau mendapatkan informasi dari server.

Fungsi Keamanan

Server berperan penting untuk menjaga keamanan data. Server akan mengimplementasikan kontrol enkripsi, akses atau tindakan keamanan lain guna menjaga dan melindungi informasi yang tersimpan dan diproses dalam server itu sendiri.

Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi merupakan fungsi utama dari jenis jaringan telekomunikasi yang satu ini. Dalam fungsi ini, client akan mengirim permintaan kepada server. Kemudian, server akan merespons dengan menampilkan data atau informasi yang sesuai dengan permintaan tersebut. Fungsi ini memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dalam jaringan komputer menjadi lebih efektif dan efisien.

Itulah pembahasan seputar jaringan client server dan fungsi-fungsinya dalam bidang pekerjaan atau bisnis. Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa jaringan ini memiliki fungsi utama sebagai user interface. Artinya, jaringan ini merupakan elemen visual yang menghubungkan sistem teknologi dengan pengguna secara langsung.