Pengertian dan Fungsi Kabel Jaringan Coaxial pada Komputer

Fungsi Kabel Jaringan Coaxial
firstmedia.com

Kabel jaringan coaxial sering disebut kabel coax adalah jenis kabel yang fungsinya adalah untuk mengirimkan sinyal listrik menggunakan frekuensi radio tertentu. Kabel ini memiliki bentuk silinder dan terdiri dari beberapa lapisan. Bahkan fungsi kabel jaringan coaxial cukup beragam.

Biasanya jenis kabel ini sering dijumpai pada komputer maupun CCTV. Dimana jenis kabel ini menjadi sebuah perantara antara CCTV dengan perangkat seperti NVR, DVR, dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas tentang apa itu kabel coaxial dan fungsinya.

Pengertian dan Fungsi Kabel Jaringan Coaxial

Jaringan area lokal atau local area network (LAN) membutuhkan kabel untuk bisa menghubungkan antara internet dan beberapa perangkat komputer lainnya. Salah satu kabel yang dibutuhkan tersebut yai coaxial. Dimana jenis kabel yang satu ini merupakan jenis kabel yang berfungsi untuk mengirim sinyal listrik dengan frekuensi tinggi.

Ada dua konduktor sejajar yang ada di dalam kabel ini yaitu inti tengah konduktor dan pelindung luar konduktor yang terpisah oleh lapisan isolator.

Kabel dibentuk dan dibuat dari bahan khusus agar dapat meminimalisir adanya gangguan elektromagnetik dari luar. Sehingga sinyal yang dikirim melalui kabel lebih terjaga dan stabil. Lantas apa saja fungsi dari kabel coaxial, berikut beberapa diantaranya:

Menghubungkan Antena dengan Perangkat Penerima

Salah satu adalah menghubungkan antena dengan perangkat penerima. Pada beberapa jenis koneksi internet, kabel coaxial dipakai untuk menghubungkan antena eksternal dengan modem internet.

Sehingga memungkinkan Anda mendapatkan akses internet yang lebih stabil. Kabel coaxial mampu mentransmisikan sinyal dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kabel jenis lain, sehingga gambar dan suara yang dihasilkan lebih jernih.

Pembagi Sinyal dengan Frekuensi Tinggi

Fungsi kabel jaringan coaxial adalah sebagai pembagi sinyal dengan frekuensi tinggi. Kabel ini memiliki kemampuan untuk membagi satu sinyal frekuensi tinggi menjadi beberapa sinyal yang lebih kecil dengan frekuensi yang sama. Kemampuan ini sangat penting dalam berbagai aplikasi.

Pada beberapa jenis koneksi internet, kabel coaxial digunakan untuk mendistribusikan sinyal internet dari satu sumber ke beberapa pelanggan. Di pusat distribusi, sinyal internet dibagi menggunakan pembagi sinyal coaxial, kemudian didistribusikan melalui jaringan kabel coaxial ke rumah-rumah pelanggan.

Menghubungkan Sistem Audio dan Video

Fungsi kabel jaringan coaxial selanjutnya untuk menghubungkan sistem audio dan video. Kabel ini mampu mentransmisikan sinyal audio dan video dengan kualitas yang baik. Dapat digunakan untuk menghubungkan konsol game ke TV, memungkinkan Anda bermain game dengan kualitas visual yang lebih baik.

Kabel coaxial juga dapat digunakan untuk menghubungkan proyektor ke komputer atau laptop. Selain itu, memiliki pelindung yang mampu meminimalisir interferensi dari sinyal lain, sehingga kualitas sinyal yang ditransmisikan lebih terjaga.

Media Transmisi Data dalam Komputer

Kabel coaxial dapat digunakan sebagai media transmisi data dalam komputer, tetapi tidak umum digunakan pada masa kini. Pada masa lalu, kabel coaxial banyak digunakan untuk jaringan komputer lokal (LAN) dengan teknologi Ethernet. Kabel coaxial ethernet memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Biasanya dimanfaat pada jaringan komputer skala kecil dan menengah.

Secara umum penggunaan kabel jaringan coaxial memang menawarkan banyak manfaat. Bahkan dengan banyaknya jenis kabel tersebut pastikan menggunakan secara tepat. Biasanya dapat disesuaikan pada aplikasi yang digunakan. Hal ini karena kebutuhan frekuensi sinyal yang tidak sama. Fungsi kabel jaringan coaxial pada internet dan TV pun berbeda.