Mengenal Apa itu Aplikasi Akademik e-Latar dari KKP

Aplikasi Akademik e-Latar
Itworks.id

Aplikasi akademik e-Latar bisa menjadi terobosan baru dalam dunia digital saat ini. Kementerian Kelautan dan Perikanan menganalisis transformasi digital ini demi meningkatkan mutu pembelajaran di seluruh Indonesia.

Saat ini ada banyak kemajuan dunia teknologi yang mampu berkembang untuk berbagai bidang. Salah satunya dalam dunia pendidikan yang terus berinovasi memberikan yang terbaik. Tujuan adanya aplikasi ini yaitu demi meningkatkan mutu di seluruh satan pendidik atau satdik. Berikut ini ada penjelasan lengkap mengenai aplikasi e-Latar.

Pengertian Aplikasi Akademik e-Latar

e-Latar adalah singkatan dari Elektronik Learning Atar. Merupakan aplikasi pendidikan berbasis web dan mobile yang dirancang untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ). Khususnya di lingkungan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Platform aplikasi ini sejalan dengan perkembangan tata kelola pendidikan yang telah diluncurkan oleh Menteri Perikanan lewat pembentukan Ocean Institute Of Indonesia. Tujuannya untuk mewujudkan adanya peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Termasuk kualitas kurikulum, sarana prasarana, tenaga pendidik, dan mengembangkan SDM unggul dari bidang kelautan dan perikanan.

Untuk saat ini mengikuti perkembangan dunia teknologi harus terus diwujudkan. Sehingga para akademik khususnya yang ada di satuan pendidikan KKP bisa memanfaatkan aplikasi e-Latar. Cara penggunaan aplikasi ini yaitu dengan menggunakan Kartu Taruna yang sebelumnya dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek. Hal ini agar data yang telah terinput dapat selaras.

Fungsi Aplikasi e-Latar

Aplikasi akademik e-Latar memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

1. Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ):

  • Menyediakan platform online untuk mengakses materi pembelajaran, seperti modul, video, dan ebook.
  • Menyelenggarakan tes online untuk mengukur pemahaman dan kemajuan belajar.
  • Memfasilitasi interaksi dan diskusi online antara pengajar dan peserta didik.
  • Memberikan tugas dan kuis online untuk menguji kemampuan peserta didik.
  • Menjadi platform untuk bertukar informasi dan ide antar peserta didik.

2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

  • Menyediakan materi pembelajaran yang berkualitas dan terstruktur.
  • Memberikan kesempatan belajar yang lebih interaktif dan engaging.
  • Membantu peserta didik belajar secara mandiri dan sesuai dengan kecepatan mereka sendiri.
  • Memberikan feedback dan penilaian yang objektif dan transparan.

3. Mempermudah Manajemen Pembelajaran

  • Menyediakan dashboard untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
  • Mengelola data dan statistik pembelajaran secara terpusat.
  • Memudahkan komunikasi dan koordinasi antara pengajar dan peserta didik.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran.

4. Memperluas Akses Pendidikan

  • Memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran tatap muka.
  • Membuka akses pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil.
  • Meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

Fitur Aplikasi e-Latar

Aplikasi akademik e-Latar juga dilengkapi dengan beberapa fitur lengkap. Dimana fitur tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya di satdik Kementerian KP. Adapun beberapa fitur tersebut yaitu profil taruna yang terhubung dengan aplikasi pentaru.

Fitur akademik yang dapat memudahkan para pendidik dan pesertanya untuk memonitoring perkembangan akademik. Ada juga fitur magang pada aplikasi akademik e-Latar yang dapat membantu para taruna untuk mengakses informasi pemagangan. Adanya fitur magang in bisa membantu para taruna untuk mengembangkan usahanya.

Fitur alumni juga membantu memudahkan melacak dan perkembangan alumni baik di bidang usaha maupun industri. Melalui aplikasi ini para taruna dapat melakukan kegiatan yang positif dan menciptakan SDM dalam sektor KP. Bahkan adanya aplikasi akademik e-Latar dipercaya mampu mendukung pengembangan satuan pendidikan dalam bidang kelautan dan perikanan.