Pengertian dan Fungsi Jaringan Sambungan Kabel LAN

Pengertian dan Fungsi Jaringan Sambungan Kabel LAN
solomicrostore.com

Sambungan kabel LAN sering digunakan untuk bisa mengakses internet dan jaringan di rumah. Namun pastikan dulu jika sambungan ke internet menggunakan router. Sebagai pengguna jaringan tentu Anda perlu tahu apa itu jaringan LAN dan fungsinya. Sehingga nanti bisa menyambungnya dengan tepat agar dapat berfungsi secara optimal. Bahkan untuk melakukan sambungan tentu ada langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Perlu melakukan persiapan peralatan dan teknik apa yang bisa dilakukan agar sambungan kabel dapat terpasang dengan baik dan benar. LAN itu sendiri adalah salah satu jenis jaringan yang umum digunakan untuk area rumah. Sehingga jaringannya bisa dibilang cukup kecil. Namun fungsinya sama. Untuk lebih jelasnya kami akan sampaikan penjelasan mengenai sambungan kabel LAN ke jaringan komputer.

Sambungan Kabel LAN untuk Konektivitas di Rumah

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jaringan yang aman di berbagai lokasi. Salah satu yang umum digunakan yaitu jaringan LAN. Memilih jenis kabel ini memang tidak bisa sembarangan. Namun sebelum mencoba untuk menyambungkannya, ada baiknya jika Anda memahami apa itu kabel LAN dan kekurangan hingga kelebihannya..

Secara singkat kabel LAN (Local Area Network) adalah kabel jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat lain dalam jaringan area lokal (LAN). Kabel LAN tersedia dalam berbagai jenis dan panjang, dan semuanya berfungsi untuk mengirimkan data antara perangkat.

Apa itu Kabel LAN?

Bagi Anda yang memiliki jaringan internet di area rumah, tentunya sudah paham dengan kabel LAN. Biasanya kabel ini berperan sebagai penghubung internet ke berbagai perangkat keras, misalnya pada komputer, TV, maupun laptop. Kemajuan dunia teknologi yang berkembang pesat, membuat berbagai hal dapat dilakukan dengan mudah. bahkan kabel LAN pun tidak lagi perlu disambungkan.

Hal ini karena adanya teknologi wireless yang biasa disebut juga dengan WiFi. Namun meski kemudahan bisa dengan mudah didapatkan, masih ada juga masyarakat yang menggunakan sambungan kabel LAN karena fungsinya yang lain. Kabel jaringan lokal ini bisa menghubungkan perangkat dengan mudah dan aman. Bahkan bisa juga ke sesama jaringan internet sekalipun.

Misalnya saja penggunaan jaringan LAN pada sebuah gedung perkantoran atau lembaga lainnya. Untuk bisa saling terhubung antara jaringan internet dan komputer, maka sambungan kabel inilah berperan penting. Sehingga bisa diartikan jika kabel LAN adalah komponen penting dari jaringan area lokal. Dengan memilih kabel LAN yang tepat dan memasangnya dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa jaringan Anda berjalan dengan lancar dan efisien.

Susunan Kabel LAN

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya jika kabel LAN memiliki fungsi yang cukup penting, Untuk melakukan sambungan kabel LAN pun tergolong cukup sederhana. Namun pastikan jika Anda mengetahui peralatan apa yang has dipersiapkan dan teknik melakukannya. Adapun alat yang harus Anda persiapkan mulai dari komputer, kabel LAN, router, internet, dan modem.

Apalagi setiap kabel LAN memiliki susunan yang sama. Hal ini menunjukkan jika Anda harus bisa memahaminya secara jelas tentang susunan pada kabel. Sehingga susunan tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kabel LAN tersusun dari 8 bagian dengan warna yang berbeda. Adapun susunan tersebut lengkap dengan fungsinya yaitu:

  1. Hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data
  2. Putih coklat sebagai penghantar tegangan DC
  3. Putih oranye sebagai penghantar paket data
  4. Oranye untuk penghantar paket data
  5. Putih biru memiliki peran untuk penghantar paket suara
  6. Coklat penghantar tegangan DC
  7. Putih hijau untuk membantu mengantar paket data
  8. Biru memiliki peran sebagai penghantar paket suara.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel LAN

Sama seperti jenis kabel jaringan yang digunakan pada internet. Tentunya sambungan kabel LAN pun memiliki kekurangan dan kelebihan. Bahkan di setiap jenisnya. Berikut ini kelebihan yang dimiliki pada berbagai jenis kabel LAN antara lain:

Kabel Coaxial

Kabel LAN yang satu ini menawarkan kelebihan dari bahan yang digunakan. Jenis kabel coaxial cukup aman karena berlapis bahan isolator yang cukup tebal. Selain itu mampu menampung frekuensi yang cukup tinggi.
Kekurangan, karena terbuat dari isolator tebal membuat kabel LAN kurang fleksibel saat digunakan pada berbagai instalasi. Bahkan kabel ini tidak mampu mengirimkan data lebih karena terbatasi.

Kabel Fiber Optik

Kelebihan jenis kabel LAN yang satu ini menawarkan kelebihan dari segi kapasitasnya. Kabel ini memiliki ketahanan yang bagus terhadap elektromagnetik. Dengan kapasitas yang cukup besar, maka mampu mengirim transmisi data secara jarak jauh. Selain itu, memiliki kecepatan tinggi dengan bentuk fleksibel dan tahan terhadap gelombang radio.
Kelemahannya, harga kabel fiber optik lebih mahal dari jenis lainnya.

Kabel UTP/Twisted Pair

Kelebihan kabel LAN yang satu ini yaitu menawarkan harga yang cukup murah. Artinya kabel UTP/Twisted Pair memiliki perbandingan lebih murah daripada kabel fiber optik yang harganya mahal. Meski demikian kedua jenis kabel ini memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan kabel UTP/ Twisted Pair lebih mudah dalam membangun sebuah jaringan.

Kekurangannya, tegangan kabel cenderung meningkat saat frekuensinya tinggi. Saat frekuensi tinggi kabel ini justru mengalami penurunan keseimbangan. Sehingga tidak bisa kompensasi saat muncul gangguan noise. Selain itu, jika dibandingkan dengan kabel jenis lainnya kabel UTP memiliki harga yang tinggi.

Fungsi Sambungan Kabel LAN

Kabel LAN digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik dalam jaringan area lokal (LAN). Kabel LAN ini memiliki beberapa fungsi utama. Berfungsi untuk menghubungkan komputer, printer, router, switch, dan perangkat jaringan lainnya dalam suatu jaringan lokal. Dengan adanya kabel LAN, data dapat ditransfer antar perangkat secara cepat dan efisien.

Selain itu, menawarkan koneksi yang lebih stabil dibandingkan dengan koneksi nirkabel, terutama dalam jarak yang terbatas. Hal ini karena kabel LAN tidak dipengaruhi oleh gangguan sinyal radio atau interferensi dari perangkat lain.

Kabel LAN jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 10 Gbps. Sedangkan kabel fiber optik dapat mencapai kecepatan hingga 100 Tbps. Kecepatan transfer data yang tinggi ini sangat penting untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi, seperti streaming video dan game online.

Selain itu, kabel LAN dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan dengan membatasi akses ke jaringan lokal hanya untuk perangkat yang terhubung dengan kabel. Hal ini karena lebih sulit untuk meretas koneksi kabel LAN dibandingkan dengan koneksi nirkabel.

Bahkan digunakan untuk menyebarkan koneksi internet dari modem atau router ke komputer dan perangkat lain dalam jaringan lokal. Ini merupakan solusi yang lebih stabil dan handal dibandingkan dengan menggunakan koneksi nirkabel untuk semua perangkat.

Secara keseluruhan, kabel LAN merupakan komponen penting dalam jaringan area lokal (LAN). Karena menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi. Termasuk stabilitas koneksi, keamanan jaringan, dan kemudahan dalam penyebaran koneksi internet. Sambungan kabel LAN pada jaringan masih menjadi pilihan utama untuk area lokal dibandingkan dengan koneksi nirkabel. Terutama untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi dan keamanan yang lebih ketat.