Kenali Ciri-Ciri Topologi Ring Beserta dengan Cara Kerjanya

Topologi Ring
id.pinterest.com

Topologi ring merupakan salah satu jenis topologi dalam jaringan komputer. Pasalnya topologi tersebut mempunyai fungsi guna menyambungkan sejumlah perangkat dalam satu jaringan komputer. Adapun jenis topologi jaringan tersebut bisa Anda gunakan dalam keadaan tertentu.

Menilik artian secara sederhananya, topologi cincin atau ring merupakan suatu aturan, skema, konsep maupun cara yang dipakai dalam menyambungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Rangkaiannya membentuk titik-titik dan masing-masing titik tersambung dengan dua titik lainnya dalam satu jaringan.

Adapun fungsi dari titik-titik tersebut menjadi repeater yang bisa membuat kuat sinyal pada sepanjang sirkulasi. Hal itu memiliki artian tiap-tiap perangkat melakukan kerja sama dalam mendapatkan sinyal lewat perangkat sebelumnya.

Kemudian akan sinyal akan diteruskan ke perangkat setelahnya. Dalam proses itu, guna menerima serta meneruskan sinyal yang akan dibantu oleh token. Dimana token akan berisikan mengenai informasi data dari komputer yang menjadi sumbernya.

Ciri-Ciri Topologi Ring atau Cincin

Biasanya topologi tersebut dipakai di banyak perusahaan. Adapun karakteristik atau ciri-ciri dari topologi cincin bisa Anda lihat yang mana token akan melewati titik-titik atau node. Nantinya akan memberikan mengenai informasi dari sumber akan digunakan terhadap titik yang akan dilewati. Maka apabila iya, token bisa memberikan data dari sumber tersebut serta kembali berjalan.

Akan tetapi, bila tidak, maka token sekedar melalui titik saja beserta informasi yang dibawanya. Kemampuan sinyal guna membawa data di sepanjang perjalanan menjadi penentu keberhasilan data hingga sampai pada sebuah komputer yang memerlukan. Dalam penerapannya terhadap jaringan informasi perusahaan. Topologi ring tersebut mempunyai ciri-ciri serta karakteristik sebagai berikut ini.

  1. Setiap perangkat komputer satu dengan yang lainnya terhubung dengan langsung dalam sebuah jaringan.
  2. Dalam proses pengiriman data di suatu waktu hanya dapat Anda lakukan oleh satu titik dengan proses pengiriman dalam satu jalur.
  3. Pada pengaplikasiannya memakai jenis kabel UTP serta setiap titik akan sambungkan dengan seri pada kabel dengan membentuk sebuah jaringan yang seperti lingkaran.
  4. Setiap paket data atau informasi dapat mengalir melalui kiri atau kanan titik. Dengan begitu hal tersebut bisa menghindari collision.
  5. Kerusakan satu titik dapat menyebabkan kerusakan terhadap titik-titik lainnya yang tersambung dalam sebuah jaringan.

Cara Kerja Topologi Cincin

Sama halnya penjelasan di atas, cara kerja topologi ring tersebut merupakan setiap titik-titik yang mempunyai fungsi menjadi repeater atau penguat sinyal untuk titik-titik lainnya. Baik sebelum maupun sesudahnya.

Dengan demikian, semua perangkat komputer akan bisa melakukan kerja sama guna memperoleh sinyal dari komputer sebelumnya. Kemudian akan diteruskan ke titik-titik setelahnya. Dalam proses tersebut, diperlukan alat yang bisa disebut dengan token yang menjadi alat penerima serta penerusan sinyal data.

Pada token tersebut terdapat sebuah data-data yang sumbernya dari komputer sebelumnya. Selanjutnya token akan meneruskan data tersebut ke titik-titik berikutnya. Nantinya data akan diterima oleh titik-titik berikutnya bila diperlukan. Akan tetapi, jika tidak diperlukan maka data akan diteruskan ke titik-titik berikutnya.

Aliran data akan berjalan dengan terus menerus sampai menuju tujuan akhir. Agar lebih jelas bagaimana cara kerja topologi cincin, maka simak berikut ini sesuai dengan urutannya.

  1. Setiap komputer akan tersambung dengan komputer berikutnya.
  2. Komputer akan melakukan transmisi ulang untuk setiap kali token atau pesan yang masuk dari komputer sebelumnya. Kemudian akan diteruskan ke komputer berikutnya.
  3. Pesan singkat atau token akan berjalan satu arah sepanjang ring atau cincin serta pengirimannya secara bergantian.
  4. Hanya komputer yang mempunyai pesan atau token yang dapat melakukan kirim pesan ke komputer tujuan.
  5. Pesan atau token dapat berubah dengan melalui cara menambahkan alamat serta data..
  6. Kemudian kirim pada sepanjang cincin atau ring

Berdasarkan pengertian topologi ring yang sudah dijelaskan di atas, Adapun tujuan dari salah satu jenis topologi tersebut yaitu membentuk alur sebuah komunikasi yang efektif dalam jaringan komputer.