Gambarkan Topologi Jaringan dari Jenis-Jenis Topologi Jaringan

Gambarkan Topologi Jaringan
unsplash.com

Gambarkan topologi jaringan pada sistem komputer. Topologi jaringan adalah metode atau cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Cara penggabungannya bisa menggunakan kabel maupun tanpa kabel (nirkabel).

Penggabungan ini pastinya memiliki tujuannya masing-masing. Hal itu, pastinya digunakan untuk mempermudah pekerjaan, menghemat biaya, dan lain sebagainya. Saat ini komputer memang menjadi salah satu alat yang cukup penting di berbagai bidang.

Untuk itu, tidak heran ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menggunakan komputer ini. Yakni, penggunaan secara mandiri maupun kelompok. Untuk sebuah perusahaan besar pastinya penggunaan secara kelompok adalah cara paling efektif.

Berbagai Jenis Topologi Jaringan, Gambarkan Topologi Jaringannya

Komputer menjadi salah satu teknologi yang harus kita manfaatkan dengan baik. Mengingat, komputer ini menjadi salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Agar kualitas hidup naik, kita perlu melek akan kemajuan teknologi.

Kita tidak boleh hanya mengetahuinya saja. Namun, kita harus memahami dan juga memanfaatkannya. Dengan begitu, kita bisa mendapat keuntungan dari adanya kemajuan teknologi ini.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan topologi jaringan. Nah, ada banyak sekali jenis dari Topologi Jaringan ini. Berikut ini adalah jenis dari Topologi Jaringan.

Bus

Jenis topologi pertama yang bisa kamu ketahui adalah topologi Bus. Topologi jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil. Gambarkan topologi jaringan bus ini.

Topologi ini memiliki bentuk yang cukup sederhana. Jadi, memang cocok untuk perusahaan kecil.

Star

Jenis Topologi yang kedua adalah star atau bintang. Seperti namanya topologi yang satu ini memang memiliki bentuk jaringan seperti bintang. Topologi ini biasanya menggunakan hub atau switch untuk koneksi antar client.

Topologi yang satu ini sering digunakan oleh perusahaan. Mengingat, jenis ini memang memiliki banyak kelebihan dibanding dengan topologi yang lainnya.

Tree

Gambarkan topologi jaringan Tree. Mudah saja, seperti namanya Tree atau pohon, jaringan yang satu ini memang memiliki bentuk layaknya sebuah pohon. Jaringan ini tersusun dalam bentuk Hierarki.

Topologi yang satu ini merupakan penggabungan dari topologi bus dan star. Topologi jenis ini memiliki hub pusat yang berfungsi untuk mengatur arus data.

Mesh

Topologi mesh atau jala ini adalah topologi yang membuat komputer memiliki koneksi satu sama lain.  Kamu bisa melakukan transfer data dengan cepat karena masing-masing komputer saling terhubung, jadi tidak ada halangan atau tanpa adanya perantara. Jaringan jenis ini biasanya hanya digunakan untuk komputer yang jumlahnya sedikit.

Hybrid

Topologi hybrid adalah beberapa gabungan dari topologi lain yang menghasilkan topologi baru. Jika ada dua atau lebih topologi yang tergabung dalam satu jaringan maka akan terbentuk topologi Hybrid.

Linier

Topologi ini juga sering disebut dengan topologi bus beruntut. Topologi ini hanya menggunakan satu kabel utama sebagai konektor untuk masing-masing titik sambung pada komputer.

Peer to Peer

Diantara yang lain jenis ini menjadi jenis topologi yang paling sederhana. Topologi ini hanya menyambungkan antara dua perangkat komputer saja. Yakni, tanpa adanya server khusus.

Ring

Topologi jaringan ring atau lingkaran menjadi jenis terakhir yang bisa kamu ketahui. Rangkaian jaringan komputer ini berbentuk lingkaran. Biasanya masing-masing komputer dikoneksikan dengan LAN card.

Gambarkan topologi jaringan, kamu bisa menggambarkan topologi dari jaringan melalui penjelasan di atas. Bentuk dari topologi jaringan rata-rata sama dengan nama topologinya sendiri, misalnya ring berbentuk lingkaran, star memiliki bentuk bintang, dan mesh yang memiliki bentuk jala.