Tekno  

Pengertian Media Sosial, Ciri Beserta Fungsinya Anda Wajib Tahu

Media Sosial
unsplash.com

Media sosial telah menjadi platform yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-sehari. Milenial menganggapnya sebagai sarana pergaulan online.

Harus kita akui bahwa pelantar digital ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, mengubah cara kita berinteraksi, berbagi informasi, dan membangun hubungan. Pesatnya perkembangan teknologi menjadi faktor utama boomingnya media sosial belakangan ini.

Arti Media Sosial, Ciri, Beserta Fungsinya

Belakangan ini, gadget adalah perangkat penting dalam aktivitas manusia. Apalagi pengguna gadget bisa memasang beberapa media sosial sekaligus dalam satu perangkat.

Tak heran apabila kehadiran fasilitas online tersebut menjadi semakin penting. Lantas, tahukah Anda apa itu media sosial?

Pandangan Holistik Menurut Para Ahli

Philip dan Kevin mendefinisikan media sosial sebagai sebuah alat bagi konsumen untuk mendapatkan berbagai informasi dengan sesama pengguna medsos. Adapun informasi tersebut berwujud teks, video, gambar, hingga audio.

Sedangkan menurut Chris Bogan, medsos adalah serangkaian alat komunikasi serta kolaborasi baru, di mana melalui alat tersebut memungkinkan terjadinya berbagai interaksi baru, yang di mana orang awam belum mengenalnya.

Lain halnya dengan pakar M. Terry. Menurutnya, media sosial adalah salah satu media komunikasi yang memungkinkan penggunanya mengisi konten secara bersama-sama melalui teknologi penyiaran via internet yang tidak sama dengan media cetak serta media siaran internasional.

Berbagai Jenis Media Sosial

Banyaknya media sosial seringkali membuat pengguna bingung. Hal ini karena platform dan jenis kontennya cukup bervariasi.

Nah, platform YouTube, Facebook, WhatsApp, dan Twitter yang Anda kenal, termasuk jenis social networks atau jejaring sosial. Selain platform tersebut, masih banyak lagi jejaring sosial yang populer di masyarakat.

Ada lagi media sosial jenis situs forum atau komunitas online. Melihat dari kepopulerannya, social networks lebih banyak peminat ketimbang situs forum.

Umumnya, pengguna situs forum adalah perorangan atau kelompok yang menaruh minat yang sama pada bidang tertentu. Dalam situs ini, pengguna bisa berdiskusi dan memposting semua hal yang berkaitan dengan minat mereka.

Contoh situs komunitas online ini adalah Ads.id, Bersosial.com, Indowebster.com, dan masih banyak lagi. Bahkan Brainly.co.id yang menjadi wadah pelajar berbagi ilmu termasuk situs forum.

Social bookmark juga menjadi jenis media sosial bagi pengguna internet. Namun, peminatnya semakin berkurang belakangan ini.

Hal ini karena banyak yang menggunakannya untuk kegiatan spam. Beberapa produk social bookmark populer antara lain adalah Slashdot, Diigo.com, Scoop.it, dan lain sebagainya.

Nah, jenis media sosial yang terakhir adalah situs blog. Aktivitas di dalamnya memungkinkan adanya interaksi antara pemilik blog dengan pembaca. Karakteristik umum situs blog adalah sesuai minat atau skill pemilik blog dan konten, dan bertujuan mempengaruhi banyak orang.

Fungsi dan Manfaat

Pengguna media sosial akan mendapatkan berbagai manfaat, baik secara langsung maupun tidak. Inilah mengapa fasilitas pertemanan online ini tidak pernah sepi pengguna.

Dengan adanya media sosial, memudahkan pengguna berkomunikasi dengan siapa saja tanpa terkendala jarak. Bagi yang berada jauh dari keluarga, hal ini sangat menguntungkan.

Selain itu, menggunakan media sosial memungkinkan pengguna bertemu teman lama mereka. Bahkan tidak menutup kemungkinan mendapatkan teman baru.

Manfaat lainnya adalah sebagai media hiburan. Media sosial menyediakan berbagai konten menarik. Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi pengguna, terlebih saat suntuk dan lelah setelah beraktivitas seharian.

Kemajuan media sosial juga membawa tantangan baru. Misalkan saja pengelolaan informasi, penyebaran berita palsu, dan masalah privasi menjadi isu sentral. Jadi, penting untuk melakukan pendekatan etis dalam menggunakannya, baik oleh individu maupun platform penyedia.