Tekno  

Software Adalah, Ketahui Pendapat Para Ahli dan Fungsi secara Umum

Software Adalah
unsplash.com

Software adalah salah satu suatu perangkat penting pada era digital. Dalam era digital yang semakin maju, sering mendengar kata “software” sebagai elemen kunci dalam dunia teknologi. Untuk itu, Anda perlu memahami pengertian dari software. Baik itu¬† merujuk pada pendapat para ahli dan fungsinya secara umum dari berbagai aspek kehidupan modern.

Pengertian Software Adalah

Software dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai perangkat lunak. Kumpulan instruksi komputer atau perangkat elektronik ini menginstruksikan perangkat keras (hardware) untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. Termasuk elemen intelektual yang tidak berwujud, yang berbeda dari perangkat keras sebagai komponen fisik dari perangkat.

Software mencakup berbagai jenis program, aplikasi, dan sistem operasi yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. Mulai dari pengolahan data hingga permainan dan hiburan.

Software beroperasi dalam berbagai tingkatan, dari program yang sederhana hingga sistem yang kompleks. Bahkan seringkali memiliki peran penting dalam menjalankan komputer, perangkat mobile, peralatan rumah tangga, hingga perangkat elektronik lainnya.

Agar lebih memahami tentang software, adapun beberapa pendapat para ahli berikut ini.

Wiwit Siswoutomo

Software adalah nyawa sebuah hardware maupun komputer. Sebab, tanpa adanya perangkat lunak, perangkat komputer hanya sebuah hardware yang mati serta tidak bisa digunakan.

Roger S. Pressman

Pengertian software menurut Roger S. Pressman merupakan suatu perintah program komputer yang jika dieksekusi oleh usernya akan memberi fungsi maupun unjuk kerja seperti yang pengguna harapkan. Sehingga, perangkat lunak ini berfungsi untuk memberikan perintah computer. Kemudian berfungsi secara optimal sesuai dari perintah pengguna.

Melwin Syafrizal Daulay

Software menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), suatu perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer maupun seluruh instruksi yang mengarah pada sistem komputer. Bahkan juga menghubungkan interaksi antara user dengan komputernya.

Imam Prayogo Pujiono

Pengertian perangkat lunak menurut Imam Prayogo Pujiono, suatu program komputer yang dirancang untuk dijalankan dengan memberikan perintah pada komputer/hardware/software lainnya. Tentunya dalam rangka untuk menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, maupun tuntutan tertentu seperti yang pengguna harapkan.

Wilman dan Riyan

Pengertian software selanjutnya adalah sebuah perangkat operasi kerja dalam menjalankan berbagai komponen pada hardware. Tentunya yang memiliki sifat maya atau tidak terlihat, namun bermanfaat bagi penggunanya.

Fungsi Software Secara Umum

Software dalam konteks teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan perangkat keras (hardware). Memungkinkan komputer serta perangkat elektronik lainnya untuk menjalankan tugas-tugas yang beragam. Berikut adalah beberapa fungsi software secara umum:

Pengendalian Perangkat Keras

Salah satu fungsi utama software untuk mengontrol perangkat keras (hardware). Biasanya mencakup pengoperasian komponen fisik seperti prosesor, memori, disk drive, dan perangkat input/output seperti keyboard dan mouse. Software memberikan instruksi kepada perangkat keras untuk menjalankan operasi tertentu.

Menjalankan Program

Software memungkinkan menjalankan program atau aplikasi yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. bahkan, termasuk aplikasi produktivitas seperti pengolah kata, spreadsheet, permainan, aplikasi hiburan, dan program aplikasi lainnya.

Manajemen Data

Software memungkinkan pengolahan, penyimpanan, dan pengambilan data. Biasanya mencakup sistem basis data yang digunakan untuk menyimpan informasi bisnis, media penyimpanan file, dan aplikasi pengelolaan data.

Dalam keseluruhan, software adalah elemen yang cukup penting dalam dunia teknologi modern saat ini. Sehingga akan memungkinkan perangkat keras untuk berfungsi, dan membantu menjalankan berbagai tugas. Selain itu memberikan kenyamanan serta efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan modern.