Tekno  

Pengertian Teknologi dan Jenisnya Dalam Kehidupan Manusia

Pengertian Teknologi
freepik.com

Pengertian teknologi adalah sesuatu yang telah menyatu dengan kehidupan. Hal itu karena bisa mempermudah aktivitas manusia dalam banyak bidang. Secara etimologis, kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani “technologia” yang mana kata “tech” memiliki arti keahlian. Sementara kata “logia” berarti pengetahuan.

Teknologi sendiri memiliki akar kata yaitu “techne” yang artinya serangkaian metode atau prinsip rasional yang berhubungan dengan pembuatan sebuah objek, kecakapan tertentu, pengetahuan mengenai prinsip-prinsip, serta seni.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Secara umum, teknologi yaitu ilmu pengetahuan yang mengkaji mengenai skill dalam menciptakan sebuah alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda. Hal tersebut untuk membantu dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan serta pekerjaan manusia sehari-harinya.

Terdapat pula arti teknologi yaitu semua sarana prasarana yang manusia ciptakan guna menyediakan sejumlah barang yang diperlukan untuk keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri.

Dulunya teknologi bermakna hanya terbatas terhadap benda-benda yang mempunyai wujud saja. Contohnya mesin serta peralatan. Akan tetapi, makna teknologi sendiri sudah mengalami perluasan serta bukan hanya terbatas terhadap benda yang berwujud saja. Namun juga terhadap sesuatu yang tidak berwujud. Contohnya metode, ilmu pengetahuan, software, dan lain sebagainya.

Supaya lebih memahami definisi teknologi, maka dapat mengacu pada beberapa pendapat dari para ahli. Antara lainnya sebagai berikut.

Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana teknologi yaitu cara melangsungkan sesuatu guna memenuhi keperluan manusia dengan adanya bantuan alat serta aturan. Dengan begitu seolah-olah akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampun anggota tubuh, otak, serta panca indra manusia.

Manuel Castells

Kemudian teknologi menurut Manuel Castell yaitu suatu aturan, alat, serta prosedur yang penerapan pengetahuan ilmiah bagi pekerjaan tertentu dalam keadaan yang bisa memungkinkan adanya pengulangan.

Gary J. Anglin

Pengertian teknologi berikutnya yaitu menurut Gary J. Anglin yaitu penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan pengetahuan lain dengan bersistem dan juga mensistem guna memecahkan masalah manusia.

Jacques Ellil

Selanjutnya menurut Jacques Ellil yaitu keseluruhan metode dengan rasional mengarah serta mempunyai ciri efisiensi dalam setiap aktivitas manusia.

Merriam Webster

Merupakan penerapan pengetahuan praktis terutama dalam bidang tertentu. Kemudian sebagai metode menyelesaikan tugas khususnya memakai proses teknis, metode atau pengetahuan, serta aspek terutama dari bidang usaha tertentu.

Jenis-Jenis Teknologi

Sekarang ini teknologi sudah menyentuh hampir semua bidang dalam kehidupan manusia. Merujuk pada definisinya. Terdapat sejumlah jenis teknologi antara lainnya sebagai berikut.

Teknologi Informasi

Merupakan sebuah teknologi yang bisa membantu manusia dalam menyampaikan informasi terhadap orang lain dalam waktu cepat serta tepat. Pasalnya teknologi tersebut terdiri atas seperangkat perangkat lunak serta keras yang dipakai guna memperoes, mentransfer, serta menyimpan informasi.

Alat-alat teknologi tersebut memberikan informasi dengan akurat serta terkini kepada individu yang tepat diwaktu yang tepat. Adapun contoh dari teknologi informasi yaitu televisi, radio, media online, dan lain sebagainya.

Teknologi Komunikasi

Sebuah teknologi yang bisa mempermudah manusia dalam menjalankan komunikasi satu dengan yang lainnya serta saling mengirimkan informasi memakai sebuah perangkat khusus.

Pasalnya teknologi komunikasi kemungkinan menjadi salah satu teknologi yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi bisa meningkatkan cara menyampaikan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat yang lain secara lebih nyaman, cepat, serta akurasi tinggi. Contohnya smartphone, email, mesin fax, aplikasi chatting, dan lain sebagainya.

Sebenarnya selain yang telah disebutkan di atas, selain pengertian teknologi. Masih banyak lagi jenis teknologi yang sekarang ini hadir dalam kehidupan manusia untuk menunjang aktivitasnya. Hal tersebut menjadi bukti bahwa sebagian besar kehidupan manusia sudah berkaitan dengan teknologi.