Tekno  

Brainware Adalah Komponen Penting dalam Sistem Komputer

Brainware Adalah
pixabay.com

Brainware adalah sesuatu yang cukup penting dan harus ada di setiap komponen. Dalam sistem komputer biasanya kita mengenal adanya hardware dan software. Nah, brainware ini juga menjadi salah satu komponen penting dari sebuah sistem komputer.

Saat ini komputer menjadi salah satu benda yang sangat penting dalam kehidupan. Komputer ini memiliki fungsi yang cukup penting. Misalnya, digunakan untuk membuat dokumen, mendesain, kasir, dan masih banyak lagi.

Nah, alasan tersebutlah yang menjadikan keberadaan komputer ini cukup penting. Untuk itu, sangat penting jika kita mengetahui berbagai hal yang terkait dengan komputer.

Brainware Adalah Komponen Penting dalam Sistem Komputer

Saat ini sudah memasuki dunia digital. Untuk itu, pastinya kita juga harus menyesuaikan dengan kemajuan yang ada. Dunia digital ini, salah satunya ditandai dengan ada komputer dan internet.

Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengikuti perkembangan zaman adalah dengan mengetahui ilmu tentang komputer. Setidaknya, kita harus mengetahui ilmu dasarnya. Salah satu hal yang bisa kamu ketahui adalah tentang brainware. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu ketahui tentang brainware.

Pengertian Brainware

Brainware adalah seseorang yang mengoperasikan atau menggunakan komputer. Dalam kata lain, brainware ini adalah manusia. Jika selama ini yang kita kenal hanyalah hardware dan software, maka sudah saatnya kamu mengetahui tentang brainware.

Dalam sistem komputer ada 3 komponen penting, yakni hardware, brainware, dan software. Masing-masing komponen tersebut tidak bisa berjalan sendiri. Masing-masing komponen itu harus terkait satu sama lain sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

Fungsi Brainware

Setelah memahami pengertian dari brainware, pastinya kamu juga harus mengerti fungsi dari brainware. Ada banyak sekali fungsi dari brainware ini. Misalnya, sebagai programmer, administrator, dan juga sebagai operator.

Tugas  utama dari seorang programer pastinya adalah membuat program yang dibutuhkan oleh sistem operasi komputer. Administrator bertugas sebagai penanggung jawab untung mengelola program di sistem komputer. Selain itu, juga ada database administrator yakni yang mengelola database perusahaan.

Nah, untuk operator biasanya bertugas untuk menjalankan sistem operasi dan program komputer. Misalnya, merawat sistem operasi dan menyiapkan database.

Jenis Brainware

Kita tahu bahwa brainware adalah  manusia yang menjalankan sistem komputer. Nah, selain kita harus mengetahui fungsi brainware, kita juga harus mengetahui jenis brainware. Ada banyak sekali jenis brainware yang bisa kamu ketahui.

Jenis-jenis brainware tersebut antara lain, konsultan, trainer, project manager, dan teknisi.  Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis dari brainware ini. Namun, dengan mengetahui beberapa jenis tersebut pastinya kamu bisa lebih paham seperti apa jenis-jenis dari brainware ini.

Jenis dan fungsi brainware jika dilihat mungkin memiliki sedikit kesamaan. Namun, pastinya keduanya berbeda. Fungsi dari brainware ini diambil secara umum sedangkan jenis dari brainware ini lebih spesifik.

Secara umum brainware ini dibagi menjadi dua komponen. Yakni, brainware yang paham tentang hardware dan brainware yang paham tentang software. Keduanya disebut dengan Hardware Engineer dan juga Software Engineer.

Selanjutnya kamu pastinya juga harus mengetahui contoh-contoh dari brainware. Contoh-contoh brainware antara lain, Netter (pengguna internet), EDP Department, dan Network System. Nah, itulah contoh-contoh dari brainware yang bisa kamu ketahui.

Dengan melihat ulasan di atas, bisa kita lihat bahwa brainware adalah orang yang menggunakan komputer serta orang yang mengendalikan hardware dan software. Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu ketahui tentang komputer, khususnya yakni tentang brainware.