Tekno  

Sosial Media adalah Media Online untuk Berkomunikasi

Sosial Media adalah
pixabay.com

Sosial media adalah salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Saat ini kita bisa menemukan banyak sekali bentuk sosial media. Kita tahu bahwa teknologi memang selalu berkembang.

Bahkan, terkadang perkembangannya lebih dari yang kita perkirakan. Untuk itu, pastikan kita selalu siap dengan segala perubahan yang ada. Siap bukan berarti harus mengikuti segalanya atau ikut arusnya.

Namun, kita harus siap untuk menghadapi perkembangan. Kita harus tahu apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan. Dengan begitu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari adanya perkembangan teknologi ini.

Sosial Media Adalah Hal Penting yang Harus Kita Pahami

Saat ini zaman memang menjadi semakin canggih. Kita bisa melakukan banyak hal hanya dengan menggunakan smartphone  dan internet. Jika ada kedua hal itu ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan.

Mulai dari membeli makanan, baju, peralatan dapur, tiket, mencari berita, menonton film, berkomunikasi, dan lain sebagainya. Tidak heran jika saat ini hampir setiap orang pasti memiliki smartphone.

Nah, sosial media menjadi salah satu hal yang bisa kita manfaatkan untuk hal-hal tersebut. Lalu apakah yang dimaksud dengan sosial media? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang sosial media.

Pengertian

Sosial media adalah media dalam jaringan atau online yang bisa dimanfaatkan untuk pergaulan sosial. Hal ini bisa digunakan untuk bersosial, berkomunikasi, berbagi, dan lain sebagainya. Sosial media ini memiliki berbagai jenis.

Contohnya antara lain adalah Instagram, YouTube, TikTok, dan Facebook. Sosial media tersebut bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Bahkan kamu bisa mendapatkan uang dari media sosial tersebut.

Kamu hanya harus pandai dalam memanfaatkannya. Selain untuk komunikasi, kamu juga bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dari sana.

Karakteristik Sosial Media

Selain pengertiannya kamu juga harus memahami karakteristik dari sosial media. Sosial media memiliki berbagai karakteristik yang bisa kamu ketahui. Karakteristik dari sosial media ini antara lain adalah partisipasi pengguna, keterbukaan, adanya perbincangan, dan keterhubungan.

Dengan mengetahui karakteristik dari sosial media tersebut pastinya kamu akan menjadi lebih paham mengenai sosial media ini. Untuk itu, mengetahui karakteristik ini menjadi salah satu hal yang penting.

Fungsi Sosial Media

Selanjutnya kamu harus mengetahui fungsi dari sosial media. Fungsi sosial media adalah sebagai alat untuk memperluas komunikasi, menciptakan komunikasi dialogis, membangun personal branding, dan juga sebagai media komunikasi. Jika dilihat dari fungsinya, media sosial ini memang menjadi salah satu sarana penting dan harus kita manfaatkan dengan baik.

Jenis-Jenis Media Sosial

Media sosial memiliki banyak jenis. Di atas tadi memang sudah disinggung tentang contoh-contoh media sosial. Namun, di sini akan dijelaskan secara detail tentang jenis-jenis sosial media.

Jenis-jenis sosial media antara lain komunitas networks, komunitas online, situs blog, dan social Bookmarks. Contoh dari komunitas networks adalah Instagram, WhatsApp, pinterest, Twitter, dan lain sebagainya. Contoh dari komunitas online adalah Kaskus.co.id, brainly.co.id, bersosial.com, dan lain sebagainya.

Maxmanroe.com, Sugeng.id, dan Bloggerborneo.com menjadi contoh dari situs blog. Kemudian untuk contoh dari sosial bookmarks adalah Reddit, slashdot, dan lain sebagainya. Nah, itulah jenis-jenis dari sosial media yang bisa kamu ketahui.

Sosial Media adalah sebuah media online yang memiliki berbagai karakteristik, tujuan, manfaat, dan memiliki banyak jenis. Kamu bisa memilih sosial media yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa memanfaatkan sosial media agar bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan atau kamu butuhkan.