Tekno  

Jelaskan Pengertian Algoritma, Karakteristik, Fungsi, dan Jenisnya

Jelaskan Pengertian Algoritma
pexels.com

Jelaskan pengertian algoritma! Pertanyaan ini seringkali terlintas dipikiran kita. Lantas, apa itu algoritma? Untuk mendapatkan jawabannya, mari simak pemaparan berikut ini!

Jelaskan Pengertian Algoritma, Simak Penjelasannya

Algoritma merupakan suatu urutan dari beberapa langkah yang sistematis dan logis, dimana berfungsi untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Algoritma memiliki proses dan aturan-aturan yang harus kita patuhi.

Hal ini berlaku dalam operasi pemecahan masalah ataupun dalam perhitungan, terutama oleh komputer. Umumnya, algoritma berguna untuk melakukan penalaran secara otomatis, menjalankan perhitungan, hingga mengelola data komputer dengan bantuan software.

Algoritma memiliki tiga bentuk dasar, yakni algoritma sekuensial, algoritma perulangan, dan algoritma percabangan atau bersyarat. Algoritma sekuensial atau sequence algorithm, merupakan perintah yang tersusun secara sistematis dan berurutan yang menampilkan beberapa instruksi.

Sedangkan algoritma perulangan atau looping algorithm, merupakan perintah yang berfungsi untuk mengulang berbagai macam perintah melalui perhitungan syarat-syarat tertentu. Terakhir, algoritma percabangan atau bersyarat, adalah perintah untuk memilih satu diantara beberapa pilihan yang tersedia.

Karakteristik atau Ciri-Ciri Algoritma

Algoritma memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Masukan atau input, merupakan masalah yang ingin kita ketahui solusinya. Algoritma dapat memiliki satu atau lebih masukan yang akan diproses.
  • Keluaran atau output, merupakan solusi yang dihasilkan untuk memecahkan masalah dan terdiri dari satu atau lebih nilai keluaran. Hal ini dapat berupa pesan ataupun kuantitas yang berkaitan dengan input.
  • Keterbatasan atau finiteness, ketika algoritma teleh menyelesaikan sejumlah langkah dan mencapai hasil, maka harus berhenti. Jika terus berjalan, maka algoritma dapat dikatakan mengalami error.
  • Kepastian atau definiteness, setiap definisi yang algoritma keluarkan bersifat jelas dan tidak ambigu. Dengan begitu, tidak akan menimbulkan masalah saat menghasilkan output.
  • Keefektifan atau effectiveness, algoritma memiliki langkah yang sederhana, sehingga dapat kita implementasikan secara tepat.

Fungsi Algoritma

Ada banyak fungsi algoritma yang dapat kita peroleh. Salah satunya, algoritma dapat mengubah sebuah program yang rumit dan besar menjadi lebih sederhana.

Dengan hadirnya algoritma, kita semakin mudah dalam membuat program untuk mengatasi masalah tertentu. Guna menyelesaikan berbagai macam masalah, algoritma dapat kita gunakan berkali-kali.

Permasalahan yang dipecahkan menggunakan logika dan sistematis, sehingga prosesnya menjadi lebih efisien. Berkat algoritma, kita tidak perlu lagi menulis program secara berulang-ulang.

Algoritma memberikan kemudahan untuk membuat program yang lebih terstruktur dan rapi. Bagi yang ingin melakukan modifikasi pada program, algoritma dapat memudahkan prosesnya, sehingga kita hanya perlu mengubah satu modul tanpa mempengaruhi modul lainnya.

Algoritma memiliki alur kerja yang sangat jelas. Ketika terjadi kesalahan, kita dapat menemukannya dengan cepat. Satu lagi fungsi algoritma, yakni memudahkan proses dokumentasi.

Macam-Macam Algoritma

Algoritma terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenis algoritma memiliki peran dan fungsinya masing-masing, berikut penjelasannya.

  • Algoritma brute force, merupakan algoritma dasar yang mudah kita pahami karena sederhana.
  • Kemudian, algoritma divide and conquer, merupakan algoritma yang mengelompokkan masalah ke dalam sub masalah sesuai jenisnya, sehingga lebih spesifik.
  • Algoritma greedy, merupakan solusi yang berasal dari setiap bagian algoritma.
  • Algoritma dynamic programming, merupakan teknik algoritma yang berfungsi untuk menyimpan hasil perhitungan sebelumnya guna menghindari perhitungan berulang.
  • Selanjutnya, algoritma backtracking, merupakan teknik algoritma yang bertujuan untuk memecahkan masalah secara gradual atau incremental.

Jelaskan pengertian algoritma, kini bukan lagi pertanyaan yang sulit bukan? Melalui informasi ini, kita dapat memahami algoritma dengan lebih mudah.