Tekno  

4 Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari Hari di Lingkungan

Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari Hari
Unsplash.com

Tanpa kita sadari, ada banyak contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari dan di sekeliling kita. Istilah algoritma sering kita temukan dalam teknik pemecahan suatu masalah. Fungsi algoritma adalah untuk membantu dalam merampungkan masalah kompleks. Dalam dunia ilmu komputer, algoritma dapat berguna untuk mengembangkan perangkat lunak dan menyelesaikan tugas tertentu.

Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari Hari

Algoritma berfungsi sebagai pemecahan masalah, pengolahan data, analisis kerja, optimasi, hingga pemrograman komputer. Selain itu, algoritma juga bisa seperti kegiatan saat seseorang membuka story Instagram. Berbagai manfaat algoritma bisa diterapkan dalam kehidupan dan bisa menjadi panduan membuat langkah sistematis sesuai rumus. Bisa juga untuk mencari kesalahan dari sebuah program yang dibuat.

Fungsi Utama Algoritma

Fungsi utama dari algoritma adalah untuk membantu memecahkan dan merampungkan suatu permasalahan. Selain itu, ada juga beberapa beberapa fungsi dan manfaat algoritma, seperti:

  • Dapat memudahkan membuat program untuk masalah tertentu.
  • Algoritma bisa membantu menyederhanakan program yang rumit dan besar.
  • Algoritma bisa membantu memecahkan permasalahan menggunakan metode sistematis dan logika.
  • Meminimalisir penulisan program secara berulang-ulang.
  • Mudahkan proses modifikasi pada program karena kita hanya bisa melakukan di satu modul tanpa harus mengubah modul lainnya.
  • Saat terjadi kesalahan, algoritma bisa membantu menemukannya karena alur yang lebih jelas.
  • Algoritma dapat melakukan pendekatan top-down dan divide and conquer.

Macam-Macam Algoritma

Sebelum masuk ke pembahasan contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari, kita perlu tahu dahulu apa saja macam-macamnya. Berdasarkan fungsinya, terdapat enam jenis algoritma dasar, yakni:

  • Algoritma Divide and Conquer.
  • Algoritma Greedy.
  • Jenis Algoritma Brute Force.
  • Algoritma Backtracking.
  • Algoritma Dynamic Programming.
  • Jenis Algoritma Rekursi.

Contoh Algoritma

Pada dasarnya, algoritma tidak hanya mengenai ilmu komputer dan matematika saja. Karena, juga ada di kehidupan sehari-hari seperti contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari berikut ini

Algoritma pada Sistem Lampu Lalu Lintas

Dalam lampu lalu lintas, terdapat aturan khusus oleh komputer supaya lampu tersebut dapat berubah-ubah warna. Lampu lalu lintas mempunyai algoritma khusus sehingga dapat mengatur kapan saja lampu harus merubah warnanya.

Adanya algoritma ini juga yang akan mempertimbangkan seberapa banyak mobil yang ada, berapa yang ingin berjalan lurus, dan berapa yang ingin belok. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya lalu lintas terjaga, tetap aman, dan tidak terjadi tabrakan.

Saat Kegiatan Memasak

Contoh yang selanjutnya ini saat Anda melakukan kegiatan memasak. Saat memasak, tidak jarang seseorang selalu mengikuti panduan resep dan langkah-langkahnya. Memasak ternyata termasuk ke dalam bagian algoritma yang tujuannya untuk menciptakan hasil yang digandakan. Untuk merampungkan resep, Anda perlu mengikuti sejumlah instruksi yang ada.

Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Cara menentukan bilangan genap atau ganjil dengan algoritma adalah dengan memasukkan sebuah bilangan bulat. Kemudian bagi bilangan tersebut dengan angka 2. Setelah bilangan tersebut habis dibagi dengan 2, maka bilangan tersebut genap. Bila sebaliknya, bilangan tersebut tidak habis dibagi dua atau terdapat sisa 1, maka bilangan tersebut ganjil.

Mengirim SMS atau Pesan

Algoritma mengirim SMS langkahnya dengan membuka menu SMS pada ponsel. Kemudian pilih kontak atau nomor telepon lalu ketik pesan yang akan dikirim. Selanjutnya tekan tombol kirim dan SMS atau pesan tersebut akan terkirim.

Mengacu dengan penjelasan tadi, dapat disimpulkan bahwa algoritma dapat membantu menyelesaikan suatu masalah. Contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari tadi menjadi bukti nyatanya bahwa algoritma dapat bantu menyelesaikan suatu permasalahan.