Tekno  

Contoh Brainware Beserta Penjelasannya Secara Lengkap

Contoh Brainware
istockphoto.com

Contoh brainware dibagi menjadi beberapa kelompok, yang mana setiap kelompok mempunyai arti dan peran sendiri. Sederhananya brainware adalah orang yang menggunakan perangkat komputer.

Bagi anak-anak sekolah SMK atau sedang kuliah dengan jurusan ilmu komputer sudah tidak asing lagi mengenai istilah tersebut. Bagi masih orang awam, bisa langsung update dan membaca artikel di bawah ini.

Contoh Brainware Beserta Pengertiannya

Sudah dijelaskan di atas bahwa contoh brainware banyak dan setiap kelompok mempunyai tugas sendiri. Brainware merupakan orang yang mengoperasikan komputer, dengan kata lain seorang manusia yang mempunyai kemampuan dalam menggunakan komputer.

Kemudian brainware sering juga disebut dengan perangkat intelektual yang menggunakan serta menjelajahi kemampuan hardware atau software. Singkatnya, brainware sebagai dasar penting yang tidak bisa dipisahkan dari hardware dan software.

Karena hardware pada komputer tidak bisa beroperasi tanpa adanya software. Sementara tanpa brainware maka software dan hardware tidak dapat bekerja. Nah, ketiga komponen tersebut saling melengkapi satu sama lain.

Untuk dunia bisnis dan juga pengembangan perusahaan, brainware seseorang yang memiliki kemampuan intelektual guna mengeksplorasi jaringan untuk sistem informasi manajemen.

Umumnya, brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis dibutuhkan untuk menghasilkan informasi yang berguna sebagai kelangsungan organisasi perusahaan dalam hal kompetisi. Sebab, sistem informasi memainkan peran penting dalam menghadapi persaingan bebas.

Contoh Brainware

Untuk lebih jelasnya simak contoh-contoh dari brainware berikut:

Netter

Netter merupakan pengguna internet yang menjelajahi sebuah web untuk mencari sebuah informasi. Netter bisa seorang individu, sekelompok orang, atau organisasi tertentu. Misalnya, kegiatan browsing yang dilaksanakan seseorang di mesin pencarian Google guna mencari informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan kata kunci.

Network System

Jenis sistem informasi ditujukan untuk menangani jaringan komputer. Pada umumnya sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan yang ditunjukkan guna memberikan pelayanan bagi para pengguna komputer, seperti DNS Service, HTTP Service, layanan berbagai berkas, dan layanan anti pencetak.

EDP Department

Banyak perusahaan yang menyebut Departemen IT (Informasi Teknologi). EDP Department atau Pengolah Data Elektronik yakni penggunaan suatu metode secara otomatis untuk mengolah data komersialisasi pada suatu perusahaan.

Komponen Brainware

Komponen brainware sepertiardware Engineer: Sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan dan keahlian pada bidang hardware komputer. Mereka bertanggung jawab dalam mengembangkan metode baru pembuatan hardware yang sehingga akan menghasilkan produk baru lebih baik dari sebelumnya.

Kemudian software engineer yang merupakan sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang jaringan komputer. Mereka memiliki peran dalam merancang dan mengembangkan teknik bagus di bidang jaringan komputer.

Komponen hardware juga dibedakan dalam dua jenis menurut platform yakni:

Network Platform

  • Administrator
  • Backup Operator
  • Network Config Operator
  • Remote Desktop User
  • Replicator
  • User
  • Guest
  • Debugger User
  • Help Service Group.

Web Platform

  • Analisis Sistem
  • Programmer
  • Operator.

Fungsi Brainware Secara Umum

Brainware berfungsi sebagai:

Administrator

Seseorang yang mempunyai tugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang dijalankan sebuah komputer atau jaringan dalam perusahaan.

Programmer

Tugas utama dari programmer yakni untuk membuat program yang dibutuhkan dalam sistem komputerisasi. Bukan hanya itu saja, programmer juga bisa berperan sebagai pihak dari sebuah sistem komputer yang menjaga keamanan.

Operator

Orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam komputer, misalnya saja merawat sistem operasi komputer, lalu menyiapkan data untuk diakses, dan masih banyak lagi.

Sudah tahu berbagai contoh brainware beserta penjelasan dari brainware itu sendiri mulai dari pengertian hingga fungsi utama brainware.