Tekno  

Apa Itu OEM dalam Produk, Jangan Sampai Salah Pengertian

Apa Itu OEM
freepik.com

Apa itu OEM jadi hal yang patut diketahui. Hal ini harus Anda pahami, terutama sebelum membeli barang di internet. Ketika berbelanja, Anda pasti akan sering menemukan istilah OEM. Banyak yang salah mengartikan bahwa OEM adalah ORI atau original.

Hal ini tentu memunculkan kesalahpahaman karena keduanya berbeda. Seperti yang kita tahu, OEM adalah Original Equipment Manufacturer. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut tentang Original Equipment Manufacturer, Anda bisa ketahui melalui artikel berikut.

Apa Itu OEM Sebenarnya?

Apakah Anda sudah sering mendengar istilah OEM? Seperti yang sudah kami jelaskan, OEM sendiri merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer.

Secara umum, OEM adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Kemudian, produk dibeli dan dijual kembali oleh perusahaan retail dengan brand perusahaan retail tersebut.

Produk OEM ini banyak kita temukan di produk gadget, perangkat komputer, komponen otomotif, dan juga produk lainnya.

Contohnya sangat mudah, misalnya terdapat perangkat komputer. Perusahan yang membangun sistem komputer seperti Toshiba, Acer, Dell, dan lainnya adalah perusahaan retail produk OEM.

Kemudian, di software komputer ada Microsoft yang merupakan salah satu contoh produk OEM yang paling populer. Microsoft adalah perusahaan produsen produk OEM untuk sistem operasi komputer Windows.

Apa Bedanya dengan Original dan KW?

Selain apa itu OEM, Anda pasti sering dengan istilah KW dan original. Ketika istilah ini ternyata sangat berbeda. Baik OEM, original, maupun KW adalah istilah yang menunjukkan kualitas produk yang dijual di pasaran.

Original atau ORI adalah produk yang secara langsung dijual oleh pembuatnya atau sebuah produsen dengan standarisasi tertentu dari perusahaan itu.

Sementara KW adalah produk replika atau palsu. Fisik dari produk dibuat semirip mungkin dengan produk originalnya. Akan tetapi, kualitas fungsinya lebih rendah daripada produk ORI maupun OEM.

Terakhir ada istilah OEM. OEM artinya adalah produk dengan kualitas yang sama dengan produk originalnya, hanya saja dengan standarisasi yang berbeda.

Pada dasarnya, produk OEM dan original itu memiliki kualitas yang sama. Dari segi harga, produk original umumnya lebih mahal daripada produk OEM dan produk KW.

Produk OEM bisa cenderung lebih murah daripada produk original karena biasanya ada batasan dalam hal garansi serta dukungannya terhadap konsumen.

Membeli Produk OEM

Setelah mengetahui apa itu OEM, Anda pasti tahu bahwa kualitasnya sama seperti produk ORI. Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap bahwa kualitasnya tidak bagus.

Ada juga yang menganggap bahwa barang OEM adalah ilegal atau dari black market karena harganya yang jauh lebih murah. Tentu saja hal tersebut sangat keliru.

Sebelum memutuskan membeli produk OEM, Anda harus tahu perbedaan ketentuannya dengan produk original. Sebagai contoh ketika Anda akan membeli software Windows 10. Maka, ketentuannya adalah:

  • Di dalam DV akan ada versi 32 bit dan 64 bit. Di produk OEM, konsumen harus memilih untuk membeli Windows 10 42 bit atau 64 bit.
  • Produk original Windows 10 bisa dipindahkan dari satu PC ke PC lainnya sementara veri OEM hanya bisa diinstal satu kali di satu komputer saja.
  • Produk ORI Windows 10 hadir dengan fitur support yang termasuk ke dalam paket pembelian sementara versi OEM tidak ada support dari Microsoft. Konsumen harus membayar biaya tambahan untuk menghubungi Microsoft untuk layanan support.

Sekarang Anda tahu apa itu OEM. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi dalam membeli produk OEM yang ada di pasaran.