Cara Memperluas Jaringan WiFi Supaya Koneksi Tetap Stabil

Cara Memperluas Jaringan WiFi
walmart.com

Cara memperluas jaringan WiFi perlu Anda ketahui. Terlebih bagi Anda yang jaringan internet di rumahnya lemah atau tidak bisa menjangkau sejumlah ruangan. Sekarang ini penggunaan WiFi sudah hampir di setiap rumah. Khususnya di perkotaan yang telah lengkap perangkat-perangkatnya.

Jangkauan jaringan WiFi sesuai dengan tata letak router-nya atau perangkat keras. Terlebih jika rumah Anda mempunyai bangunan yang terbilang luas. Kemungkinan besar sinyal WiFi tidak bisa menjangkau semua area secara menyeluruh.

Ada pula faktor lain yang berpengaruh kepada kekuatan sinyal yaitu adanya objek lain atau perangkat elektronik sebagai penghalang penyaluran jaringan serta padatnya frekuensi bandwith WiFi.

Kekuatan jaringan WiFi sendiri dapat Anda siasati dengan melakukan pengaturan tata letak router pada tempat yang strategis. Penggunaan provider WiFi juga bisa berpengaruh terhadap kekuatan jaringan.

Beberapa Cara Memperluas Jaringan WiFi

Penggunaan jaringan WiFi sekarang ini tidak hanya di perkotaan saja. Di daerah pedesaan juga sudah semakin marak dalam pemasangan WiFi. Kendati demikian, sebagian besar orang masih awam dengan adanya masalah tersebut. Dengan begitu, adanya ulasan berikut ini tentang cara memperluas jaringan WiFi bisa membantu Anda yang sedang berada masalah tersebut.

Meletakkan Router Pada Tempat serta Tinggi

Sebaiknya tata letak router WiFi berada di tempat yang tinggi serta terbuka. Bisa Anda letakkan di ruang tamu serta ruang keluarga pada bagian dinding atasnya. Adapun tujuannya yaitu supaya sinyal bisa menjangkau area rumah Anda secara menyeluruh tanpa adanya gangguan objek lainnya. Meletakkan router pada tempat yang terbuka juga bisa mencegah overheat pada perangkat. Tujuannya supaya mesin menjadi lebih awet serta terjaga.

Mengubah Posisi Antena

Cara memperluas jaringan WiFi berikutnya dengan mengubah posisi antena. Tentunya hal itu mampu menjadi upaya dalam menjangkau area rumah lebih luas lagi. Anda bisa mengubah posisi antena WiFi menjadi tegak ke atas. Jika sinyal masih tetap lemah, maka Anda dapat mengganti antena memakai tipe omnidirectional.

Mengganti Channel WiFi

Mengganti channel WiFi juga bisa menjadi salah satu cara memperluas jaringan WiFi. Perangkat elektronik akan menghasilkan gelombang elektronik yang dapat jadi pengganggu kestabilan jaringan WiFi. Gelombang tersebut seperti microwave telepon nirkabel. Upaya pencegahan intervensi tersebut yaitu Anda bisa mengganti channel WiFi.

ISP atau Internet Service Provider umumnya akan menyediakan layanan dengan frekuensi 2.4 GHz yang mempunyai channel jumlahnya 14. Apabila semakin ramai channel yang akan Anda pakai, membuat jaringan WiFi semakin lambat.

Untuk mengetahui channel WiFi “sepi”, Anda dapat memakai sebuah aplikasi WiFi Analyzer. Bisa juga memakai aplikasi atau website administrator WiFi dari modem yang Anda pakai guna mengubah channel-nya.

Menambah Access Point

Penting sekali untuk Anda ketahui cara memperluas jaringan WiFi bagi Anda yang masih awam tentang jaringan WiFi. Dalam menambah jumlah AP, ketahui juga apa itu AP. AP atau access point merupakan perangkat keras yang bisa dihubungkan dengan router. Terdapat sejumlah router yang terdapat kelengkapan dengan acces point khusus. Ada pula jenis router yang memerlukan AP tambahan.

AP tambahan bisa Anda sambungkan dengan router memakai kabel Local Area Network atau LAN. Jika kabel sudah dihubungkan, membuat jangkauan sinyal WiFi bisa lebih luas.

Upaya memperluas jaringan WiFi tersebut cocok untuk diterapkan dalam rumah yang mempunyai dua lantai atau ketika memerlukan jaringan WiFi pada area luar rumah.

Memakai WiFi Extender

Sama dengan AP, WiFi extender adalah alat yang bisa dihubungkan ke router. Terdapat perbedaan dengan AP, WiFi extender tidak harus memakai kabel LAN.

Penggunaan WiFi extender, Anda hanya perlu menyalakan alat tersebut, kemudian dekatkan dengan router supaya sinyal dapat terdeteksi. Apabila sinyal telah ditangkap oleh router, Anda bisa mengarahkan WiFi extender ke letak yang tidak terkena jangkauan jaringan WiFi.

Memakai WiFi Amplifier

Terdapat pula perangkat lainnya yang bisa Anda gunakan untuk cara memperluas jaringan WiFi. Alat itu adalah WiFi amplifier versi sederhana dari WiFi extender.

Cara memakainya terbilang mudah. Hanya perlu sambungkan WiFi amplifier pada sumber listrik. Nantinya alat akan memperkuat jaringan WiFi secara otomatis dari router terdekat.

Lakukan Update firmware

Bagi sebagian orang tentunya belum mengetahui apa itu firmware. Firmware merupakan program komputer yang melakukan pengaturan kinerja hardware serta software terhadap sebuah perangkat. Dapat Anda lakukan updating firmware dengan cara mengunduh program untuk versi terbarunya. Pengunduhan tersebut bisa Anda lakukan dari website resmi perusahaan penyedia jaringan WiFi.

Langkah pertama Anda dalam mengunduh file program versi terbaru melalui website resmi perusahaan yang menjadi penyedia WiFi. Biasanya file akan berbentuk zip, maka Anda harus melakukan ekstrak terlebih dahulu.

Sudah selesai dalam mengunduh file, Anda bisa ketik nomor internet Protocol atau IP address router terhadap halaman pencarian Google. IP address bisa Anda lihat di bagian belakang router. Langkah berikutnya Anda bisa memasukkan username serta password WiFi.

Klik menu “Update Firmware” serta masuk ke halaman perusahaan penyedia wi-fi. Dapat Anda lakukan mengunggah file program yang sudah Anda ekstrak, kemudian klik update. Tunggu beberapa menit sampai proses selesai. Setelah itu, router WiFi akan melakukan restart dengan otomatis.

Di samping bisa menambah kekuatan sinyal WiFi, melakukan update firmware dengan berkala juga dapat meningkatkan keamanan sinyal WiFi dari serangan hacker. Melakukan update sistem bisa memperbaiki bug yang dapat anda manfaatkan menjadi celah guna merata sistem jaringan WiFi.

Melakukan Pengaturan Ulang WLAN atau Wireless Local Area Network

Anda juga dapat mengatur ulang jaringan WLAN guna memperluas jangkauan sinyal WiFi. Adapun caranya yaitu dengan membuka pengaturan WLAN pada laptop atau komputer. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dan mengubah TX Power menjadi 100%. Hal itu bisa menjadi cara memperluas jaringan WiFi.

Melakukan Auto Reboot Terhadap Router

Seringkali saluran sinyal WiFi bisa terhambat saat router bekerja begitu keras serta mengalami overheat. Dengan adanya masalah tersebut, Anda bisa melakukan auto reboot terhadap perangkat router dengan berkala sebagai cara memperluas jaringan WiFi.

Proses auto reboot bisa mengembalikan router ke versi default. Tidak perlu merasa khawatir, proses tersebut tidak akan menjadi penghambat sinyal WiFi.

Mengatur Distribusi Bandwidth

Jaringan internet yang melemah juga bisa dikarenakan karena banyaknya perangkat yang tersambung ke WiFi. Koneksi akan semakin lambat bila masing-masing perangkat memerlukan kuota besar contohnya bermain game serta mengunduh film.

Dalam mengatasi hal itu Anda dapat memilih router yang bisa mendistribusikan jaringan internet guna pemakaian tertentu dengan merata. Terdapat router yang telah didesain secara khusus guna mendukung aktivitas yang memerlukan jaringan internet kuat, misalnya bermain game. Kemampuan distribusi bandwidth yang handal, membuat tiap pengguna bisa menikmati jaringan internet pada sinyal WiFi yang sama tanpa adanya gangguan.

Penggunaan jaringan sinyal WiFi memang akan mempermudah pekerjaan anda ketika di rumah maupun saat di kantor. Dengan begitu, aktivitas yang memerlukan jaringan WiFi akan berjalan lancar.

Jika terjadi masalah yang mengakibatkan sinyal WiFi lemah, maka Anda perlu menerapkan cara memperluas jaringan WiFi Seperti langkah-langkah di atas. Hal itu tentunya bertujuan supaya Anda bisa bekerja di ruangan kesukaan tanpa adanya gangguan sinyal.