Pengertian Jaringan Komputer dan Internet serta Manfaatnya

Jaringan Komputer dan Internet
unsplash.com

Jaringan komputer dan internet merupakan dua jenis jaringan yang berkaitan dan memiliki peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan. Jaringan komputer sendiri merupakan dasar dari jaringan internet. Sedangkan, internet merupakan jaringan komputer global yang berguna sebagai penghubung dari jutaan perangkat komputer seluruh dunia.

Tentang Jaringan Komputer dan Internet

Hingga saat ini, jaringan komputer telah mengalami perkembangan yang pesat. Dari yang mulanya berupa jaringan lokal (LAN) menjadi jaringan global (WAN). Perkembangan ini memungkinkan siapa saja bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi.

Dengan jaringan internet, komputer dan perangkat lainnya akan terhubung satu sama lain untuk bisa saling berkomunikasi atau berbagi data. Selain itu, jaringan internet ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas daring, seperti streaming film, bermain game online dan masih banyak lagi.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan himpunan interkoneksi antara dua komputer (autonomous) atau lebih dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel. Sederhananya, jaringan komputer merupakan jaringan telekomunikasi yang membantu satu komputer dengan komputer lainnya untuk saling bertukar data.

Jaringan ini terbentuk dengan kombinasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Ketika perangkat komputer saling berkomunikasi dengan bertukar data, ada beberapa bagian dari jaringan komputer yang menjadi pihak penerima (server) atau peminta (client) layanan.

Pengertian Jaringan Internet

Jaringan komputer dan internet memiliki pengertian dan cara kerja yang berbeda. Jika jaringan komputer bersifat terbatas dan hanya bisa digunakan oleh pengguna dalam lingkup kecil, maka jaringan internet berbeda.

Jaringan internet bisa mencakup wilayah yang lebih luas bahkan milyaran pengguna dari berbagai belahan dunia. Pemakaian jaringan internet sangatlah luas dan beragam, hampir meliputi seluruh aspek dalam kehidupan modern.

Meski begitu, setiap jaringan yang saling terhubung dapat dikatakan sebagai internet atau internetworking. Jaringan internet yang digunakan oleh seluruh dunia ini berjalan berdasarkan pada sistem pengalamatan global terpadu, pertukaran paket, serta metode perutean protokol internet (IP).

Manfaat Jaringan komputer dan Internet

Meski memiliki dua pengertian dan cara kerja yang berbeda, kedua jaringan ini sama-sama memberikan manfaat dalam kehidupan era modern seperti sekarang ini. Baik dalam bidang pendidikan, bisnis, maupun hiburan. Adapun beberapa manfaat dari kedua jenis jaringan ini dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Produktivitas

Adanya kedua jaringan ini membantu untuk meningkatkan produktivitas dalam berbagai bidang kehidupan. Bagaimana tidak? Dengan dua jenis jaringan ini Anda dapat dengan mudah untuk mengakses berbagai informasi terkini dan sumber daya. Adanya dua jaringan ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah, hingga menghasilkan karya secara daring.

Membantu Melancarkan Komunikasi

Selain produktivitas, jaringan komputer dan internet juga dapat melancarkan komunikasi. Jika dulu, kita hanya bisa berkomunikasi melalui surat atau telepon umum, kini kita dapat melakukan komunikasi hanya melalui perangkat pintar saja. Melalui jaringan ini kita dapat dengan mudah bertukar kabar atau informasi secara real-time melalui berbagai media, seperti pesan instan, konferensi video, email dan media sosial.

Akses Informasi Lebih Mudah dan Cepat

Dengan jaringan ini kita juga lebih mudah untuk mengakses informasi dari berbagai sumber dengan mudah dan cepat, baik lokal maupun global. Kedua jaringan ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkini dan up to date.

Itulah penjelasan tentang jaringan komputer dan internet lengkap dengan manfaatnya. Meski erat kaitannya, ternyata dua jenis jaringan ini memiliki pengertian dan cara kerja yang berbeda. Meski begitu, keberadaan keduanya sama-sama bermanfaat untuk banyak orang.