Jaringan WiFi Fakta Unik yang Menarik untuk Dikulik

Jaringan WiFi
unsplash.com

Sekarang ini, istilah jaringan WiFi bukanlah sebuah hal yang asing untuk didengar. WiFi atau Wireless Fidelity adalah media penghantar data tanpa kabel yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang cepat.

WiFi juga berarti sebuah perangkat koneksi internet yang bisa diakses secara bersama, baik melalui laptop, HP, dan perangkat elektronik lainnya melalui router WiFi. Router WiFi ini memiliki fungsi untuk membagikan sinyal WiFi pada berbagai perangkat multimedia.

Fakta Unik Seputar Jaringan WiFi

WiFi atau Wireless Fidelity merupakan teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan berbagai perangkat untuk terhubung ke jaringan internet. Sekarang ini, hampir setiap orang memerlukan akses ke jaringan internet untuk memudahkan aktivitas multimedia maupun pekerjaan. Bahkan, bagi sebagian orang, smartphone, dan WiFi sudah termasuk dalam kebutuhan sehari-hari.

Keberadaan WiFi terbilang membantu banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, hiburan, hingga pekerjaan, semuanya melibatkan WiFi untuk mempermudah dan mempercepat kegiatan-kegiatan tersebut.

Meski sudah mengenal atau bahkan menggunakan jaringan ini setiap hari, mungkin Anda belum tahu beberapa fakta unik tentangnya. Berikut ini adalah beberapa fakta unik WiFi yang sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Nama WiFi Tidak Memiliki Arti Apapun

Secara umum, Anda mungkin mengenali jaringan WiFi sebagai singkatan dari Wireless Fidelity. Namun sebenarnya, istilah WiFi hanyalah nama pengganti dari produk ‘Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11′. Karena terlalu panjang dan memiliki pengucapan yang tidak mudah, akhirnya nama produk tersebut menjadi WiFi.

Mengapa namanya WiFi? Karena ini merupakan plesetan dari Hi-Fi atau High Fidelity. Bukan hanya itu, saat pemasarannya pun WiFi menggunakan slogan ‘The Standard for Wireless Fidelity‘. Pada akhirnya banyak orang yang mengira frasa ‘Wireless Fidelity‘ dari slogan tersebut merupakan kepanjangan dari istilah WiFi.

WiFi Dulunya Adalah Eksperimen yang Gagal

Ternyata, WiFi yang sekarang ini banyak kita gunakan setiap harinya, terutama untuk kegiatan multimedia, dulunya merupakan eksperimen ketidaksengajaan. WiFi berasal dari pendeteksian black hole seukuran atom melalui penelitian jaringan komputer nirkabel atau tanpa kabel yang gagal. Sebenarnya tidak gagal, hanya saja WiFi ini tidak sengaja diciptakan, melainkan karena ketidaksengajaan.

Ada 10 Miliar Lebih Perangkat WiFi di Dunia Ini

Jika, kita perhatikan, sekarang ini hampir setiap rumah sudah menggunakan jaringan WiFi sebagai akses ke jaringan internet sehari-hari. Ada sekitar 10 miliar lebih perangkat WiFi yang digunakan di seluruh dunia ini dan kini terus meningkat karena permintaan pasar yang tinggi.

WiFi Bekerja Menggunakan Gelombang Radio

WiFi memanfaatkan gelombang radio untuk mentransfer informasi antar perangkat elektronik. Gelombang radio inilah yang memungkinkan kita untuk mengakses internet, mengakses data dan informasi secara nirkabel dengan lebih mudah dan praktis.

WiFi Sangat Rentan Terhadap Gangguan

Sinyal WiFi rentan terkena gangguan karena berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah pemanfaatan gelombang radio untuk mengirim sinyal dalam sistem kerja WiFi. Gelombang radio ini sering bertabrakan dengan gelombang radio lain dengan frekuensi yang sama. Jika ada kurang lebih 10 miliar pengguna jaringan ini, maka tidak heran jika gangguan sinyal sering terjadi.

Sejumlah sumber, menyatakan bahwa beberapa benda yang bisa menyebabkan gangguan sinyal ini, seperti akuarium ikan, Smart TV, smartphone, perangkat Bluetooth, microwave, dan lain sebagainya. Benda-benda dari logam juga dapat menjadi penyebab utama gangguan sinyal WiFi ini.

Itulah beberapa fakta unik seputar jaringan WiFi yang mungkin belum pernah Anda dengar dan ketahui. Ternyata ada banyak fakta menarik terkait dengan WiFi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.