Roaming Data Adalah Internet di Luar Negeri, Simak Fungsinya

Roaming Data Adalah Internet di Luar Negeri, Simak Fungsinya
istockphoto.com

Roaming data adalah suatu hal yang pasti sudah tidak asing. Untuk para pengguna internet, istilah roaming ini sudah akrab di telinga.

Namun, banyak orang yang hanya tahu nama tetapi tidak paham apa sebenarnya roaming itu. Bagaimana sebenarnya cara kerja roaming?

Roaming Data Adalah? Pengertian dan Fungsinya

Istilah roaming data pasti sering terdengar ketika melihat iklan provider di TV atau sosial media lainnya. Ketika akan membeli paket, pasti pengguna juga pernah melihat pilihan paket roaming.

Roaming sudah menjadi istilah akrab untuk orang-orang yang sering bepergian ke luar negeri. Ketika musim haji tiba, pengguna paket roaming ini juga meningkat.

Namun, apa sebenarnya roaming itu? Kenapa banyak orang yang menggunakannya untuk ke luar negeri dan bukan paket data biasa?

Pengertian

Roaming data adalah suatu acuan sambungan jaringan internet pada ponsel. Paket roaming akan bekerja ketika ponsel tidak bisa terkoneksi dengan jaringan yang dikarenakan berada di luar jangkauan.

Hal paling mudahnya ketika pengguna berada di luar negeri dan masih memakai provider dalam negeri. Meski paket internet lokal masih banyak, tetapi tidak akan berfungsi tanpa roaming.

Hal itu karena pengguna di luar negeri sama saja berada di luar jangkauan sinyal. Pada kondisi ini, ponsel akan mencari jaringan lain yang bisa terhubung di sekitar lokasi tersebut.

Biasanya, provider dalam negeri melakukan kerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi di negara tersebut. Dengan begitu, pelanggan tetap bisa menggunakan provider dari negara asal.

Fungsi Roaming

Dari pengertiannya, roaming adalah paket internet yang digunakan ketika penggunanya melancong ke luar negeri tetapi dengan provider lokal. Fungsi roaming ini berhubungan dengan pengertiannya.

Fungsi roaming yang utama adalah mendapatkan akses jaringan seluler, misalnya seperti pada waktu biasanya. Oleh karena itu, pastinya pengguna tetap memiliki kuota internet.

Biasanya, provider akan memberikan pilihan besar kuota roaming dan terdiri dari berbagai harga. Itulah kenapa, pilih roaming sesuai kebutuhan.

Selain itu, fungsi roaming data adalah untuk mengirim dan menerima pesan, baik dalam bentuk SMS online maupun aplikasi online. Kebanyakan orang Indonesia menggunakan WhatsApp, Telegram, maupun Line yang membutuhkan jaringan internet.

Paket roaming juga memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan serta menerima panggilan audio maupun video. Ini akan memudahkan komunikasi dengan keluarga maupun teman di dalam negeri.

Fungsi paling menarik dari roaming data adalah bisa menyimpan pesan berbentuk voice mail ketika penggunanya berada di mode pesawat. Mode pesawat akan dinyalakan ketika berada di atas pesawat demi keamanan.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, pengguna juga harus memahami cara mengaktifkan roaming. Hal ini tidak mudah untuk para pemula.

Sebagian orang pasti akan merasa kebingungan. Namun, berikut ini cara untuk mengaktifkan roaming pada perangkat Android dan iOS.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting yang ada di dalam ponsel.
  2. Setelah itu, klik Jaringan Internet yang terdapat di pilihan tersebut.
  3. Ketik Jaringan Seluler dan lihat menu roaming dengan mengaktifkannya terlebih dahulu di tombol toggle case. Tombol ini juga bisa untuk mengaktifkan fitur roaming.

Untuk pengguna iPhone, sebenarnya sama, tetapi menu di dalam Pengaturan adalah Mobile Data. Setelah itu, geser tombol toggle case di menu Data Roaming.

Roaming data adalah hal yang sangat penting ketika akan bepergian ke luar negeri. Dalam memilih paket roaming, pilih negara terlebih dahulu dan jangan sampai salah pilih tempat. Setelah memilih negara, pilih besar paket data yang diinginkan.