Aplikasi Kompres Foto untuk Memperkecil Ukuran Gambar

Aplikasi Kompres Foto
play.google.com

Aplikasi kompres foto menjadi salah satu aplikasi yang berguna dan banyak orang yang mencarinya. Biasanya aplikasi ini berguna untuk mengurangi ukuran foto yang terlalu besar agar bisa menjadi lebih kecil. Seperti yang kita tahu terkadang foto yang kita ambil dan simpan di dalam ponsel memiliki ukuran file yang terbilang cukup besar.

Foto dengan ukuran besar tentu akan memberi kerugian tersendiri, apalagi jika jumlah fotonya memang cukup banyak seperti mencapai ratusan bahkan ribuan. Berbagai foto dengan ukuran besar tersebut hanya akan membuat penyimpanan ponsel menjadi cepat penuh. Jika sudah penuh maka performa ponsel juga bisa semakin menurun.

Selain itu ukuran foto yang terlalu besar juga membuat pengiriman foto tersebut menjadi lebih lama. Kita bahkan menjadi tidak bisa mengupload foto pada web maupun aplikasi yang menetapkan batas maksimal ukuran foto. Nah, untuk mencegah masalah itu, maka bisa mengandalkan aplikasi kompres untuk mengurangi ukuran gambar.

Aplikasi Kompres Foto yang Bisa Menjadi Pilihan

Kini sudah tersedia banyak sekali aplikasi untuk mengkompres gambar melalui ponsel dengan mudah dan cepat. Beberapa aplikasi bahkan juga menawarkan berbagai fitur lain sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal, bukan hanya untuk mengkompres foto. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasinya yang bisa menjadi pilihan:

Image Size Photo Resizer Codenia

Pertama terdapat Image Size Photo Resizer Codenia yang menawarkan banyak fitur pengeditan termasuk untuk mengkompres foto dengan mudah dan cepat. Untuk menggunakannya pengguna hanya perlu langsung memilih foto yang akan dikompres lalu masukkan ukuran output sesuai kebutuhan maupun memotong foto dengan jari.

Setelah selesai mengedit dan mengkompres ukuran foto maka pengguna bisa langsung menyimpan fotonya. Aplikasi ini sendiri memungkinkan untuk mengubah foto dengan output inci, milimeter, piksel, dan sentimeter. Dengan aplikasi kompres foto ini, pengguna bahkan bisa menambahkan beberapa elemen pada foto seperti stiker atau filter.

Puma Image Compressor, Resizer

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengkompres ukuran foto dengan mudah secara otomatis. Bahkan aplikasi ini juga bisa mengkompres foto dengan ukuran dan resolusi sesuai dengan kebutuhan pengguna sendiri. Puma Image Compressor, Resizer juga menawarkan berbagai fitur seperti mengganti foto asli dengan foto hasil kompres.

Lalu ada fitur Mode Batch untuk mengkompres beberapa foto sekaligus sehingga bisa lebih menghemat waktu serta tenaga. Aplikasi ini pun menawarkan empat mode kompresi mulai dari perkecil foto, kualitas, resolusi & kualitas, dan juga ukuran file. Dengan begitu maka pengguna bisa mengkompres foto sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Aplikasi Kompres Foto Photo Compress 2.0

Selanjutnya terdapat aplikasi Photo Compress 2.0 yang berfungsi untuk mengurangi ukuran foto agar menjadi lebih kecil. Fungsi lainnya yaitu untuk mengubah rasio foto secara otomatis maupun custom sehingga memungkinkan pengguna memotong foto sesuai keinginan. Kualitas foto hasil editan pun bisa tidak berubah atau hanya sedikit berubah.

Photo Compressor Resizer

Photo Compressor Resizer juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena aplikasi edit ini mampu mengubah ukuran foto tanpa mengubah kualitas fotonya. Terdapat dua pilihan untuk mengubah ukuran foto. Pertama yaitu mode auto atau pengubahan ukuran secara otomatis dan mode manual yang mana pengguna bisa mengatur ukurannya sendiri secara spesifik.

Aplikasi kompres foto memang cukup beragam dan sangat berguna. Baik Image Size Photo Resizer Codenia, Puma Image Compressor Resizer, Photo Compress 2.0, maupun Photo Compressor Resizer memiliki fungsi serupa dan mudah digunakan. Kita bisa menggunakannya untuk mengecilkan ukuran foto dan menghemat ruang penyimpanan ponsel.