Softswitch Lebih Dikenal Sebagai Alat Penghubung, Ini Faktanya

Softswitch Lebih Dikenal Sebagai
IfoxSoft.com

Softswitch lebih dikenal sebagai perangkat lunak penghubung yang memiliki peranan penting dalam jaringan telekomunikasi. Softswitch berfungsi untuk mengelola panggilan suara dan data melalui protokol Internet Protocol. Secara sederhana, software ini menjadi pengganti perangkat keras tradisional dalam jaringan telekomunikasi konvensional.

Di era telekomunikasi modern, teknologi terus berkembang pesat untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi yang semakin kompleks. Salah satu perkembangan terpenting dalam dunia telekomunikasi adalah kemunculan aplikasi “softswitch”. Pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian softswitch, fungsi kerja, dan manfaat penggunaannya.

Softswitch Lebih Dikenal Sebagai Perangkat Lunak Penghubung

Softswitch adalah singkatan dari “software switch”. Secara lengkap, softswitch memiliki arti perangkat lunak yang berfungsi untuk mengarahkan, mengendalikan, dan mengelola panggilan suara maupun data.

Perangkat ini berperan sebagai penghubung antara berbagai elemen jaringan. Termasuk perangkat keras tradisional (seperti switch) dan jaringan berbasis IP (Internet Protocol). Sehingga aktivitas komunikasi menjadi semakin efisien dan fleksibel.

Softswitch lebih dikenal sebagai perangkat lunak penghubung ternyata memiliki beberapa fungsi pokok. Adapun fungsi-fungsi pokok dari aplikasi softswitch antara lain:

1. Rute Panggilan

Aplikasi softswitch menentukan jalur optimal untuk mentransfer panggilan. Langkah ini bisa melibatkan perutean melalui jaringan IP. Namun ada kalanya lewat jaringan tradisional berbasis TDM (Time Division Multiplexing).

2. Konversi Sinyal

Fungsi aplikasi softswitch yang tak kalah penting adalah bertanggung jawab untuk mengonversi sinyal suara analog menjadi format digital. Prosesnya melewati transmisi melalui jaringan IP. Sehingga memungkinkan komunikasi suara berkualitas tinggi melalui internet.

3. Manajemen Layanan

Softswitch dapat mengelola berbagai layanan, termasuk mengontrol dan mengelola panggilan konferensi, panggilan tunggu, video konferensi, dan masih banyak lagi. Fungsi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur tambahan ketika berkomunikasi.

4. Penyederhanaan Jaringan

Aplikasi ini turut membantu dalam penyederhanaan jaringan telekomunikasi, dengan cara menghubungkan dan mengombinasikan berbagai fungsi. Sebut saja fungsi perutean, penanganan panggilan, hingga manajemen layanan menjadi satu kesatuan. Itulah mengapa softswitch lebih dikenal sebagai perangkat lunak penghubung.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Softswitch

Sebagai perangkat lunak penghubung dengan sejumlah fungsi penting, softswitch nyatanya mampu memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Beberapa manfaat dari penggunaan softswitch antara lain:

1. Skalabilitas

Aplikasi softswitch memungkinkan penyedia layanan telekomunikasi secara mudah menambah maupun mengurangi kapasitas jaringan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga menjadi lebih teratur dalam mengikuti pertumbuhan permintaan.

2. Efisiensi

Softswitch membantu meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya jaringan. Terutama dengan cara mengoptimalkan rute panggilan, serta menggabungkan layanan dalam satu platform. Sehingga semakin membantu dalam upaya mengurangi biaya infrastruktur maupun operasional.

3. Fleksibilitas

Softswitch lebih dikenal sebagai perangkat lunak penghubung yang fleksibel. Bagaimana tidak, dengan kemampuannya dalam mengelola berbagai jenis panggilan serta layanan. Softswitch memberikan fleksibilitas yang jauh lebih besar di bidang penyediaan layanan telekomunikasi.

4. Peningkatan Layanan

Kehadiran perangkat lunak softswitch memungkinkan penyedia layanan untuk menawarkan berbagai fitur inovatif. Sebut saja VoIP (Voice over Internet Protocol), IPTV (Internet Protocol Television), dan masih banyak lagi.

5. Kualitas Panggilan yang Lebih Mumpuni

Softswitch mampu mendukung kualitas panggilan yang lebih mumpuni daripada perangkat konvensional. Hal ini tentunya berkat konversi sinyal dan manajemen trafik yang efisien, dalam upaya meningkatkan kualitas panggilan suara.

6. Manajemen yang Mudah

Penyedia layanan panggilan atau pihak operator menjadi semakin mudah mengelola jaringan. Mereka cukup memantau dan mengontrol sejumlah kendala melalui antarmuka perangkat lunak yang terpusat.

Kesimpulan

Softswitch lebih dikenal sebagai perangkat lunak penghubung telah mengubah cara kita berkomunikasi melalui telepon. Sekaligus memungkinkan layanan suara berkualitas tinggi lewat jaringan IP. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kita dapat mengharapkan kemajuan lebih lanjut dalam cara kita berkomunikasi di masa mendatang.