Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi hingga Realme

Cara Menyembunyikan Aplikasi
unsplash.com

Cara menyembunyikan aplikasi di berbagai merek ponsel sebenarnya cukup mudah bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Pengguna ponsel memang bisa menyembunyikan berbagai aplikasi yang terpasang pada ponsel mereka. Artinya aplikasi tersebut tidak akan terlihat di layar home screen namun sebenarnya masih terpasang di ponsel.

Menyembunyikan aplikasi ini tentunya cukup penting dan memiliki banyak manfaat. Misalnya yaitu mampu menjaga privasi pengguna sebab orang lain tidak akan bisa membuka aplikasi yang tersembunyi dengan mudah. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir aplikasi yang penting bisa dibuka sembarangan oleh orang lain dan rahasia menjadi bocor.

Dengan menyembunyikan aplikasi maka hanya pengguna sendiri yang bisa membuka aplikasi tersebut. Sebab orang lain yang sedang menggunakan ponsel kita tidak akan menyadari jika aplikasi tersebut terpasang. Aplikasi yang cocok untuk disembunyikan pun cukup beragam. Misalnya yaitu aplikasi chatting, dompet digital, m-banking, galeri, dan lainnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Berbagai Merek HP

Kini berbagai merek HP telah menawarkan fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Sehingga pengguna bisa menyembunyikan berbagai aplikasi dengan mudah dan simpel. Nah, berikut adalah beberapa caranya di berbagai merek HP:

Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Pada HP Xiaomi terdapat fitur bawaan bernama Hide App yang berguna menyembunyikan aplikasi. Cara menggunakanya yaitu pertama bukalah menu settings lalu klik “Security”. Kemudian pilih “Hide App” dan aktifkan fitur tersebut. Kemudian pilihlah aplikasi mana yang ingin disembunyikan dan selesai. Aplikasi akan terhapus dari layar beranda.

Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Bagi pengguna Samsung juga bisa menyembunyikan aplikasi dengan mudah melalui home screen. Caranya yaitu klik titik tiga dalam kolom pencarian aplikasi di homescreen. Kemudian pilih pengaturan dan klik menu “Hide Apps on Home and Apps Screens”. Cara menyembunyikan aplikasi selanjutnya pilih aplikasi mana yang ingin disembunyikan lalu pilih “Done” atau selesai.

Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Untuk pengguna HP Vivo yang menggunakan OS Funtouch versi 9 atau yang lebih baru maka untuk menyembunyikan aplikasi bukalah menu pengaturan. Lalu buka “Fingerprint, Face and Password” kemudian klik “Privacy and App Encryption”. Bukalah menu “Hide App” dan pilihlah aplikasi mana saja yang ingin disembunyikan.

Jika HP Vivo masih menggunakan OS Funtouch versi 3 atau di bawahnya maka caranya yaitu tekan ruang kosong home screen selama beberapa detik hingga muncul menu di bagian bawah layar atau aplikasi muncul tanda x. Pilihlah opsi “Hide Icon” lalu buat kata sandi. Tarik aplikasi yang ingin disembunyikan dan klik selesai.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP OPPO

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP OPPO maka bukalah menu pengaturan lalu buka “Password & Biometric”. Pilih “Privacy Password” dan klik “Hide Apps”. Buatlah kode atau Access Code dalam dialogue box yang muncul. Kode tersebut berguna untuk membuka aplikasi tersembunyi. Jika sudah maka klik tombol “Back”.

Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme, bukalah men pengaturan lalu klik “Keamanan”. Klik “Enkripsi Aplikasi” dan buat Passcode. Jika berhasil maka akan muncul daftar aplikasi, pilihlah aplikasi yang ingin disembunyikan. Kemudian klik “Enable Passcode Verification” dan klik “Hide Home Screen Icon”. Terakhir pilih “Enter Passcode”.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi, Samsung, Vivo, OPPO, hingga Realme tersebut tentu cukup mudah. Dengan cara ini pengguna bisa mencegah orang lain sembarangan dalam membuka berbagai aplikasi. Keamanan dan privasi pun bisa menjadi lebih aman dan meningkat.