Ciri-Ciri Metropolitan Area Network dan Berbagai Kelebihannya

Ciri-Ciri Metropolitan Area Network dan Berbagai Kelebihannya
unsplash

Ciri-ciri Metropolitan Area Network memiliki beberapa karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut menjadi pembeda dengan jenis-jenis jaringan komputer lain. Baik itu Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN). MAN ini sendiri merupakan infrastruktur jaringan yang memiliki peranan penting pada berbagai aktivitas di area metropolitan. Mulai dari pendidikan, aktivitas ekonomi, hingga layanan publik yang lebih luas.

Pengertian, Keunggulan, dan Ciri-Ciri Metropolitan Area Network

Wilayah perkotaan padat memiliki tata bangunan dan infrastruktur yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, instalasi jaringan internet di area seperti ini membutuhkan rancangan yang berbeda. Tujuannya untuk memberikan kinerja dan transfer data yang stabil dan cepat. Bagaimana sebenarnya karakteristik dari jaringan MAN ini? Berikut beberapa penjelasan mengenai tipe jaringan untuk wilayah perkotaan tersebut.

Pengertian MAN

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup area geografis lebih luas daripada jaringan lokal. Namun masih lebih sempit dari jaringan area luas atau Wide Area Network.

Rancangan MAN ini umumnya mencakup wilayah geografis perkotaan. Misalnya seperti suatu kota atau daerah metropolitan tertentu yang memiliki kerapatan lebih tinggi. Selain memiliki cakupan area lebih luas dari LAN, MAN juga mempunyai kecepatan transfer yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, sangat kompatibel dengan wilayah geografis yang luas dan terkonsolidasi dengan baik.

Ciri-Ciri Metropolitan Area Network

Tipe jaringan komputer ini memiliki karakter yang berbeda dengan jaringan lainnya, yang paling kentara adalah cakupannya lebih luas. Meskipun tidak seluas Wide Area Network, namun kecepatan transfernya cenderung cepat dan mumpuni untuk kebutuhan akses di area perkotaan. Sehingga memungkinkan transfer data dengan lebih efisien di seluruh area tersebut. Meskipun trafficnya padat sekalipun, jenis jaringan ini cenderung lebih stabil.

Teknologi dan Topologi

Tipe jaringan MAN dapat diimplementasikan dengan berbagai macam topologi. Mulai dari tipe ring, mesh, bahkan bus. Pengguna dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik dan infrastruktur di suatu tempat. Teknologi yang biasanya digunakan pada jenis jaringan ini adalah gelombang mikro dan serat optik. Tujuannya supaya mendukung tingkat kinerja jaringan yang tinggi.

Konektivitas yang Lebih Luas dan Efisien

Ciri-ciri Metropolitan Area Network berikutnya adalah efisiensinya. MAN berfungsi untuk menghubungkan beberapa kantor atau lokasi dari suatu institusi di suatu wilayah perkotaan. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran data secara efisien dan cepat. Meskipun dalam jarak yang jauh sekalipun, tanpa suatu gangguan yang menyebabkan data error. Berkat kelebihannya yang lebih stabil daripada LAN.

Mampu Menyediakan Layanan Jaringan Internet

Provider layanan telekomunikasi dapat menggunakan MAN dalam menawarkan layanannya. Contohnya seperti broadband dan internet ke para pelanggan di suatu area perkotaan. Hal ini berkat keunggulan MAN yang memiliki akses tingkat tinggi. Baik untuk bisnis maupun aktivitas rumahan di suatu wilayah tertentu.

Skalabilitas, Keandalan, dan Redundansi

MAN dapat berkembang secara horizontal menyesuaikan kebutuhan pengguna. Sehingga, saat suatu organisasi maupun wilayah mengalami perkembangan, MAN bisa diperluas lagi.

Tujuannya untuk mengakomodir peningkatan jumlah perangkat maupun pengguna jaringan tersebut. Selain skala yang besar, MAN juga andal untuk pemakaian jangka panjang.

Fitur-fiturnya juga tersedia dengan lengkap tanpa mengorbankan kestabilan akses. Sehingga, jaringan ini sangat kompatibel untuk berbagai macam penggunaan. Baik itu skala individu, kelompok, sampai perusahaan besar sekalipun.

Memahami ciri-ciri Metropolitan Area Network memberikan gambaran pengguna tentang berbagai keunggulan dan karakteristiknya. Khususnya dengan Local Area Network dan Wide Area Network. MAN selain memiliki jangkauan yang lebih luas juga mempunyai kecepatan akses lebih baik dan stabil. Sehingga sangat cocok untuk pemakaian di area perkotaan padat dan berkembang.