Mengenal Apa Itu Teknologi Jaringan MAN Beserta Fungsinya

Mengenal Apa Itu Teknologi Jaringan MAN Beserta Fungsinya (pixabay.com)
Mengenal Apa Itu Teknologi Jaringan MAN Beserta Fungsinya (pixabay.com)

Teknologi jaringan MAN menjadi salah satu jenis jaringan komputer yang mempunyai jangkauan cukup luas. MAN (Metropolitan Area Network) ini bisa mencangkup jangkauan dalam lingkup kota pada jaringan yang sama. Selain itu, teknologi ini juga dapat mentransfer data dengan kecepatan yang tinggi.

Tak hanya itu saja, MAN ini juga memberikan beberapa fungsi lainnya yang terbilang cukup penting. Supaya dapat memahami lebih jelas mengenai jaringan MAN tersebut, silahkan siak penjelasannya berikut

Mengenal teknologi Jaringan MAN

MAN (Metropolitan Area Network) merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih dengan cakupan lingkup kota. Jaringan ini dapat menghubungkan jaringan komputer lokal (LAN) dalam wilayah geografis yang lumayan tersebar.

Untuk jangkauan jaringannya berkisar hingga 10-50 km. Jaringan ini juga cocok untuk digunakan dalam menghubungkan perangkat antar kantor dalam satu kota ataupun pabrik yang sedaerah.

Nah, guna menghubungkan jaringan MAN ini terdapat dua koneksi yang sering dipakai, yakni wireless dan kabel fiber optik. Dengan menggunakan koneksi tersebut, tentu bisa menghubungkan antara LAN satu dengan LAN lainnya.

Selain itu, untuk kabel yang sering ditemukan yaitu kabel UTP, router, Hub, maupun Switch. Perlu kamu ketahui juga, selain untuk menghubungkan dua perangkat komputer, jaringan ini juga mempunyai fungsi lainnya. Untuk itu, berikut ini serangkaian fungsi dari jaringan MAN

Fungsi Jaringan MAN

Seperti yang sudah dijelaskan, teknologi jaringan MAN ini terbilang mempunyai fungsi yang cukup beragam. Diantara fungsinya ini juga masih berhubungan dengan kegiatan transfer data melalui jaringan. Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

1. Menghubungkan 2 Perangkat Atau lebih

Seperti penjelasan di atas, jaringan MAN ini mempunyai fungsi utama untuk menghubungkan 2 perangkat komputer atau lebih dalam lingkup kota. Jika sudah terhubung, maka akan memudahkan kegiatan kita dalam bertransaksi data maupun bertukar informasi antar sesama perangkat. Jaringan MAN ini juga bisa menghubungkan beberapa server lokal, sehingga dapat mempermudah untuk berkomunikasi dan bertukar data dengan mudah.

2. Memberikan Kecepatan Komunikasi

Fungsi teknologi jaringan MAN berikutnya yaitu dapat memberi kecepatan dalam berkomunikasi dengan sesama perangkat. Jaringan MAN ini dinilai mempunyai bandwidth yang cukup tinggi, sehingga untuk kecepatan dalam bertukar informasi juga dapat dilakukan dengan cepat. Teknologi MAN ini juga diklaim mempunyai kecepatan yang lebih tinggi daripada teknologi WAN.

3. Mendukung Bermacam-Macam Protokol Jaringan

Jaringan MAN ini juga bisa mendukung bermacam-macam protokol jaringan, seperti SONET, Ethernet, maupun MPLS dalam manajemen traffic. Selain itu, MAN ini juga dapat mendukung berbagai penggunaan aplikasi serta perangkat.

4. Meningkatkan Network Security

Dengan memanfaatkan jaringan MAN ini, tentu akan membantu sebuah instansi dalam meningkatkan network security. Sebab, di jaringan MAN ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti firewall, VPN, serta sistem pendeteksi dan pencegahan gangguan. Dengan begitu, para pengguna akan mendapatkan keamanan ketika melakukan transmisi data melalui jaringan.

5. Manajemen Jaringan Lebih Terpusat

Jaringan MAN juga dapat menghubungkan beberapa jaringan lain seperti LAN serta WAN sekaligus. Nah, kedua jaringan tersebut tentunya menjadi lebih terpusat ke dalam jaringan MAN ini. Dengan hal tersebut, maintenance untuk manajemen jaringan dapat menjadi lebih efektif.

Demikian informasi mengenai teknologi jaringan MAN beserta serangkaian fungsinya. Pada dasarnya, jaringan MAN ini berperan untuk menyambungkan sebuah perangkat ke perangkat lainnya. Hal tersebut dapat mempermudah kegiatan transmisi data atau bertukar informasi ke sesama perangkat.