Tekno  

Mengenal Data, Pengertian, Jenis, Hingga Metodenya

Mengenal Data, Pengertian, Jenis, Hingga Metodenya
freepik.com

Data bersinggungan erat dengan informasi. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum memahami pengertiannya secara lebih mendalam. Apabila Anda juga demikian, pastikan mencermati pembahasan di bawah ini.

Pengertian Data

Apabila menilik secara umum, data memiliki pengertian sebagai keterangan untuk membantu orang lain dalam memahami suatu hal. Data ini mencangkup grafik, angka, simbol, kalimat, kata, video, gambar, dan masih banyak lagi.

Lalu jika meninjau di Kamus Besar Bahasa Indonesia, data ini berarti keterangan yang nyata dan benar. Bisa juga memiliki pengertian yakni keterangan ataupun bahan nyata sebagai dasar kajian seperti halnya kesimpulan atau analisis.

Sebenarnya jika melihat secara etimologis, data ini asalnya dari bahasa Latin yakni Datum. Istilah tersebut memiliki pengertian sebagai sesuatu hal yang diberikan. Data ini jadi hasil pengukuran ataupun pengamatan variabel yang bentuknya bisa berupa simbol, kata-kata, angka, dan lainnya.

Dengan menggunakan data, maka bisa mengambil keputusan secara mudah. Data ini juga berfungsi sebagai pedoman dalam melakukan penelitian, implementasi kegiatan, evaluasi, ataupun perencanaan.

Definisi Data Menurut Ahli

Ada sejumlah ahli yang juga mengemukakan pengertian data. Berikut beberapa diantaranya.

Kuswadi dan E. Mutiara

Menurutnya, data merupakan sekumpulan keterangan dari suatu pengamatan yang bisa berupa lambang, angka, atau sifat.

Arikunto Suharsimi

Data adalah fakta dan angka yang bisa jadi bahan untuk menyusun informasi.

Slamet Riyadi

Dari pendapatnya, terungkap bahwa data adalah keterangan dari pengamatan yang bisa berupa lambang atau angka.

Nuzulla Agustina

Menurut pendapatnya, data adalah keterangan tentang suatu hal yang sering terjadi. Data tersebut berupa angka, fakta, grafik tabel, lambang, gambar, huruf, dan lainnya. Data ini menyatakan suatu pemikiran, kondisi, dan objek.

Kristanto

Ia berpendapat bahwa data adalah fakta mentah tentang objek yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian mengenai suatu kejadian.

Setelah memahami pengertiannya, tentu Anda bisa bedakan dengan informasi. Meski keduanya sama, namun sangatlah berbeda karena data berkaitan dengan fakta yang belum tersusun. Sementara untuk informasi, seringkali sudah lebih rapi, lengkap, dan terstruktur.

Jenis Data

Data tersedia dalam berbagai jenis yang tak kalah penting untuk Anda ketahui. Pembagian jenis data ini meliputi berbagai kategori atau kelompok. Berikut ulasan selengkapnya.

Berdasarkan Cara Memperoleh

Dalam kategori ini, terdapat data primer dan sekunder.

Berdasarkan Sumber

Lalu jika berdasarkan sumber, data terbagi menjadi data internal dan eksternal.

Berdasarkan Sifat

Selanjutnya untuk jenis data yang berdasarkan sifat, mencangkup data kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan Waktu Pengumpulan

Jika berdasarkan waktu pengumpulan, jenis datanya mulai dari cross section dan berkala.

Metode Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan data, ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Mulai dari survei, pengamatan, wawancara, sampai dengan penelitian.

Dalam mengumpulkannya, juga ada beberapa sumber yang bisa jadi data. Sebut saja orang, tempat, proses, dan kertas. Untuk sumber kertas maksudnya ialah data yang tertulis di atas media kertasnya.

Mengetahui hal itu, tampak jelas bahwa pengumpulan data tidaklah mudah. Anda memang perlu menggunakan metode yang tepat dan memilih sumber terpercaya agar bisa memperoleh data akurat sekaligus kredibel. Dengan begitu, data tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

Kini Anda sudah tahu apa itu data. Bukan hanya soal pengertiannya saja, namun juga fungsi, jenis, metode, sumber, dan masih banyak lagi. Setelah memahaminya, Anda tak perlu bingung lagi soal perbedaannya dengan informasi. Terlihat jelas bahwa keduanya berbeda.