Tekno  

Macam Macam Topologi Jaringan Komputer yang Perlu Dipahami

Macam Macam Topologi Jaringan
www.elprocus.com

Macam macam topologi jaringan merupakan suatu hal yang penting untuk dipelajari. Arti lain topologi jaringan ialah suatu teknik yang berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain yang akhirnya membentuk sebuah jaringan.

Penggunaan topologi jaringan tersebut didasarkan oleh kecepatan akses data, biaya, ukuran, hingga tingkat konektivitas yang dapat mempengaruhi kualitas serta efisiensi dari suatu jaringan tersebut.

Kenali Macam Macam Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer mempunyai fungsi untuk mengetahui bagaimana masing-masing perangkat komputer atau host dalam jaringan komputer bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Tujuanya adalah supaya setiap bagian dari jaringan komputer tersebut dapat meminta serta memberikan pelayanan sesuai dengan yang diperlukan. Adapun macam-macam topologi jaringan komputer yang perlu Anda ketahui antara lain:

1. Topologi Bus atau Topologi Linier

Jenis topologi yang pertama adalah topologi linier yang biasa juga disebut dengan topologi bus beruntut. Topologi bus merupakan jenis topologi jaringan yang paling sederhana. Umumnya topologi jaringan ini dilakukan pada instalasi jaringan dengan basis kabel coaxial.

Pada topologi bus umumnya memanfaatkan satu kabel utama yang mempunyai fungsi untuk menyambungkan tiap-tiap titik sambungan di komputer. Topologi bus memanfaatkan adanya kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Sementara untuk jenis konektor yang digunakan antara lain BNC, Terminator, dan TBNC.

2. Topologi Ring

Topologi ring atau yang populer dengan sebutan topologi cincin. Ini adalah jenis topologi jaringan yang digunakan dalam menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya yang terdapat dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin.

Pada umumnya, jenis topologi jaringan ring ini hanya menggunakan LAN card dengan tujuan agar masing-masing komputer dapat terkoneksi.

3. Topologi Star

Jenis topologi jaringan komputer selanjutnya adalah topologi star atau yang sering disebut juga topologi bintang. Sesuai dengan namanya, topologi star adalah jenis topologi jaringan yang berbentuk bintang dimana biasanya menggunakan hub atau switch untuk koneksi antar client.

Topologi jaringan komputer satu ini paling sering digunakan saat ini. Hal ini karena di dalamnya memiliki banyak kelebihan diantaranya cukup mudah dikembangkan, menggunakan kabel UTP sebagai media transmisi. Selain itu apabila salah satu perangkat user mengalami kerusakan, maka jaringan ini masih dapat berjalan dengan baik.

4. Topologi Mesh

Berikutnya adalah topologi mesh yang merupakan gabungan dari topologi ring dan topologi star. Secara pengertian topologi mesh merupakan suatu bentuk hubungan antar perangkat/PC. Dimana masing-masing perangkat dapat terhubung secara langsung ke perangkat lainya dalam jaringan.

5. Topologi Tree

Topologi tree atau yang dikenal dengan topologi pohon. Merupakan hasil penggabungan dari topologi bus dengan topologi star. Biasanya, topologi tree dimanfaatkan untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda.

6. Topologi Peer to Peer

Jenis topologi berikutnya adalah topologi peer to peer yakni topologi yang sangat sederhana. Hal ini karena jenis topologi ini hanya memerlukan 2 buah komputer untuk dapat saling terhubung.

Pada topologi peer to peer, umumnya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar komputer satu dengan komputer lain untuk dapat melakukan proses pertukaran data.

7. Topologi Hybrid

Topologi hybrid adalah jenis topologi gabungan antara sejumlah topologi yang berbeda. Ketika dua atau lebih topologi yang berbeda tersebut terhubung satu sama lain, maka saat itulah gabungan topologi tersebut membentuk adanya topologi hybrid.

Macam macam topologi jaringan komputer di atas hadir dengan kelebihan dan fungsi masing-masing. Selain itu, masing-masing topologi jaringan tersebut juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda pula.