Daftar Aplikasi Animasi Terbaik Mudah Digunakan Sehari-hari

Daftar Aplikasi Animasi Terbaik Mudah Digunakan Sehari-hari
synfig-studio.en.softonic.com

Aplikasi animasi kini sudah tersedia untuk berbagai perangkat, salah satunya Android. Bukan hanya itu, tapi juga iOS dan Windows juga. Video Animasi bukan hanya untuk hiburan semata saja. Tapi, juga sebagai media pembelajaran dan lain sebagainya. Dalam menciptakan video animasi, ada banyak aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa dimanfaatkan.

Ketika mencari software yang bisa menciptakan video animasi, sebaiknya pilih yang mudah untuk digunakan. Tujuannya agar Anda sebagai pengguna tidak harus membuang waktu untuk mempelajari fitur dan alat yang ada di aplikasi.

Sehingga pengguna bisa langsung fokus ke pembuatan video animasi. Artikel kali ini akan memberikanmu beberapa daftar aplikasi untuk membuat animasi dengan fitur terbaik dan tools lengkap.

 

Daftar Aplikasi Animasi Terbaik

Ada banyak daftar aplikasi animasi yang sudah mempunyai ulasan bagus dan rating tinggi. Namun, Anda sebagai pengguna harus ingat, untuk menciptakan video animasi jangan sembarang mengunduh aplikasi, jika Anda menginginkan hasilnya sama sekali tidak mengecewakan dan berkualitas maksimal.

Pilihlah salah satu aplikasi animasi yang terbukti mampu menciptakan video yang berkualitas. Mengingat bahwa video animasi sekarang ini adalah salah satu jenis konten yang populer. Ada banyak channel YouTube, hingga film TV dan layar lebar yang kontennya berupa video animasi.

Sebut saja channel Tekotok, hingga film kartun ternama Spongebob Squarepants dan Upin Ipin. Mereka sangat terkenal meskipun hanya menghadirkan video animasi saja. Video animasi-animasi terkenal tersebut menambahkan konsep, teknik, dan editing yang maksimal. Berikut beberapa daftar aplikasinya:

Doratoon

Aplikasi pertama untuk membuat animasi adalah Doratoon baik untuk Anda yang ingin terjun ke dunia video animasi. Bukan hanya bisa diakses dari web secara gratis saja, tapi menggunakannya mudah banget dan mempunyai banyak fitur.

Banyak tipe video yang bisa dibuat dengan Doratoon, mulai dari resume, animasi 3D, infografik seputar marketing dan edukasi, video whiteboard, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan, aplikasi Doratoon membuat video animasi pembelajaran hasilnya sangat sempurna.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda para pemula. Anda diberikan kemudahan dalam mengakses template yang indah dan profesional. Apalagi, platform pembuat animasi kartun online ini mengizinkan Anda untuk mengekspor video dalam kualitas HD.

Draw Cartoons 2

Aplikasi animasi kedua ada Draw Cartoons 2 untuk membatasi animasi di Android dan perangkat lainnya. Dalam aplikasi Draw Cartoons ini, Anda tinggal pilih karakteristik yang hendak Anda masukkan. Kemudian juga atur pergerakan karakter tersebut untuk setiap framenya. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa memasukkan musik dan voice over yang diinginkan. Untuk selanjutnya bisa Anda konversi ke video berformat MP4.

Pencil2D Animation

Bagi pengguna PC dan laptop, ada Pencil2D Animation yang sesuai dengan namanya berfungsi untuk membuat video animasi 2D. Bagi Anda yang hobi yang suka menggambar komik, kini Anda bisa mengupgrade skill dengan mengubahnya menjadi gambar bergerak.

Aplikasi Pencil2D PC dan laptop ini sepenuhnya gratis tanpa harus membayar biaya langganan sepeser pun. Terlebih lagi, aplikasi ini tersedia dalam multi-platform untuk pengguna Windows, MacOS, dan Linux. Grafik yang dihadirkan oleh aplikasi ini sebesar 1GB VRAM dengan DirectX 9.0. Bagian storagenya sebesar 100MB.

Synfig Studio

Synfig Studio untuk membantu proses pembuatan animasi khususnya 2 diemnsi. Aplikasi video editing ini bisa dijalankan di perangkat MacOS, Linux, dan Windows. Aplikasi Synfig Studio sebagai aplikasi yang sifatnya open source, bisa digunakan gratis dengan fitur lengkap, salah satunya adalah bector tweening yang bisa mengubah vektor dan menyesuaikannya dengan keinginan masing-masing.

Anda sebagai pengguna dengan mudah bisa mengubah simulasi gerakannya, sehingga proses render berjalan cepat. Layer dan filters hadir dengan 50 layer. Semuanya bisa digunakan menciptakan video animasi, yakni mulai dari yang sederhana hingga paling rumit sekalipun.

Anda bisa memilih berbagai macam jenis transformasi, filter, gradasi, distorsi, geometri, dan lainnya. Untuk pengguna Windows, siapkan perangkat dengan sistem operasi minimal Windows 7 dan kapasitas RAM minimal 2GB.

Adanya prosesor dual core dengan kecepatan 2GHz, agar Syfing bisa digunakan dengan lancar tanpa kendala apapun. Bukan hanya bisa Windows, aplikasi membuat video animasi Syfing juga bisa dijalankan di Linux dan MacOS, jika perangkat memenuhi persyaratan yang dijelaskan di synfig.org.

Open Toonz

Aplikasi untuk membuat hiburan animasi selanjutnya yang pastinya lebih unggul dari aplikasi sebelumnya adalah Open Toonz. Aplikasi ini bersifat open source. Apakah Anda tahu film animasi Studio Ghibli, seperti “Princess Mononoke” and “The Secret World of Arrietty” ini dibuat dengan aplikasi OpenToonz.

Menariknya lagi, OpenToonz juga memberikan fitur lain seperti Effects, GTS, dan KumoWorks yang juga pernah studio animasi terkenal asal Jepang ini gunakan. Sama seperti basisnya, aplikasi OpenToonz ini bisa Anda unduh secara gratis bagi pengguna Windows dan MacOS.

Blender

Aplikasi membuat animasi dengan user interface ramah, sehingga pemula bisa langsung paham adalah Blender. Aplikasi ini membuat animasi 3D dengan gratis tanpa harus ke akun premium.

Bukan hanya pemula saja, namun aplikasi Blender ini juga digunakan oleh para animator profesional untuk memnuhi berbagai kebutuhan, misalnya saja seperti membayar video animasi. Blender juga membuat 3D Modeling, membuat game, motion tracking, dan lainnya.

Blender menyediakan banyak platform antara lain Windows, Linux, dan MacOS. Bagian storage dari aplikasi Blender ini sebesar 500MB. Sedangkan untuk memori aplikasi Blender sebesar 16GB.

Aurora 3D Animation Maker

Aplikasi animasi Aurora 3D menyediakan banyak sekali fitur bagi para content creator. Misalnya, adanya text logo maker yang bagus dalam membuat logo. Ada juga animation maker dengan menciptakan video animasi berkualitas.

Hanya dalam menggunakan satu timeline saja, pengguna Aurora 3D bisa mengendalikan seluruh aspek yang ada di dalam video animasi yang akan dibuat. Misalnya, pengguna bisa mengatur kecepatan pemutaran, durasi video, dan berbagai hal lainnya tanpa ada kendala sama sekali.

Aurora 3D Animation Maker juga memberikan efek partikel yang jauh lebih menarik dan indah untuk membuat pemandangan dalam video animasi terlihat sempurna. Efek tersebut antara lain ruang angkasa, selaku, hujan, asap, kembang api, dan sebagainya. Selain itu, setiap objek Aurora 3D Animation Maker akan menciptakan video Animation dengan berbagai jenis.

Alat tersebut pulse, typewriter, wave, beat, swing, fade, dan rotate yang membuat penambahan efek jauh lebih menarik, indah, dan mudah untuk digunakan.

Masih banyak fitur lainnya disediakan untuk mempermudah proses editing video dan pembuatan video animasi. Namun sayangnya, seluruh fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna akun premium dan tidak hanya akun trial saja.

Dari sekian banyaknya aplikasi animasi di atas mudah untuk digunakan. Jadi tidak heran, jika banyak pengguna yang memilih salah satunya. Berbeda dengan versi yang sulit untuk dipahami akan mempengaruhi pengguna ketika menggunakan.

Hadir dengan tampilan fitur, tools, dan menu tidak tertata rapi. Selain itu, juga memberikan tampilan iklan yang mana mengganggu saat menggunakan aplikasi. Sehingga proses pembuatan animasi tidak akan memakan banyak waktu. Pilih saja aplikasi pembuatan animasi yang versi mudah digunakan.