Mengenal Aplikasi Silasidakep Sumedang, Harus Pengguna Ketahui

Silasidakep
istockphoto.com

Apakah Anda sering kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait kependudukan di wilayah Sumedang atau Silasidakep? Informasi tersebut mulai dari urusan kependudukan seperti pembuatan KK, KTP, dan masih banyak lagi. Dimana urusan tersebut membutuhkan data yang lengkap serta akurat. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, segala urusan apapun itu khususnya kependudukan bisa Anda lakukan dengan bantuan basisi online.

Bantuan berbasis online itu sendiri menggunakan sebuah aplikasi, yang mana aplikasi itu sudah ada dan bisa Anda gunakan baik di Google Play Store bahkan App Store secara gratis tanpa pungutan biaya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai informasi kependudukan Sumedang, bisa langsung membaca artikel di bawah ini. Akan menjelaskan secara detail hingga fitur yang ada di dalam aplikasinya.

Mengenal Silasidakep Sumedang

Silasidakep Sumedang adalah aplikasi web yang memudahkan pengguna bahkan seluruh masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait kependudukan secara online. Jadi, peluncuran aplikasi ini dikembangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. Peluncuran aplikasi tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi kependudukan.

Informasi kependudukan memang sangat penting bagi masyarakat. Apalagi jika salah satu dari masyarakat yang ingin mengubah nama kepala keluarga pada KK atau kendala lain yang berhubungan dengan Dinas Kependudukan. Pasti ribet dan harus mempersiapkan banyak hal. Namun tenaga offline sudah jarang digunakan oleh kalangan Z seperti sekarang.

Sebab, hanya melalui dunia online atau maya, urusan Kependudukan sudah bisa dilalui dengan cepat tanpa menguras banyak tenaga. Sehingga Anda bisa menggunakan tenaga tersebut untuk kepentingan lain.

Meskipun tidak membutuhkan banyak tenaga, ada perangkat khusus Anda dan masyarakat miliki. Perangkat tersebut antara lain, Ponsel canggih, laptop atau bisa juga tablet bahkan komputer. Karena basisi online, pastinya perangkat itu membutuhkan koneksi internet.

Fitur-fitur yang Dihadirkan

Untuk fitur yang ada pada aplikasi khusus akses kependudukan Sumedang sangat banyak. Dimana setiap fitur mempunyai peran dan kegunaan tersendiri.

Fitur tersebut, menjadi dasar pokok untuk aplikasi dalam bekerja. Jadi bisa lebih optimal ketika pengguna gunakan. Berikut beberapa fitur tersedia di antaranya:

1. Pendataan Kependudukan

Fitur pertama adalah pendataan Kependudukan, fitur ini memungkinkan masyarakat melakukan pendataan kependudukan basis online.

Jadi dengan aplikasi ini, bisa melaporkan perubahan data kependudukan. Mulai dari perubahan alamat, perubahan status perkawinan, hingga lainnya.

2. Pembuatan KTP dan KK

Anda bisa membuat permohonan pembuatan KTP dan KK basis online melalui aplikasi ini. Hanya dengan melengkapi formulir yang tersedia pada aplikasi. Maka secara otomatis permohonan pembuatan dokumen kependudukan segera di proses.

3. Pencarian Data Kependudukan

Pada fitur pencarian data kependudukan, Anda bisa mencari data kependudukan seperti nomor KK, nama keluarga, dan anggota keluarga yang terdaftar di wilayah Sumedang.

Data yang ditampilkan pada aplikasi ini terintegrasi dengan data kependudukan nasional. Jadi informasi tersedia akurat.

Penggunaan Aplikasinya

Pembahasan selanjutnya adalah pemanfaatan dari aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses informasi secara keseluruhan penduduk Sumedang yakni mudah sekali.

Anda tidak perlu keluar rumah atau bisa juga Anda gunakan dimana saja. Anda hanya tinggal mengaksesnya melalui website resmi dari Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Sumedang.

Setelah itu masuk saja ke website, lalu pilih menu Silasidakep dan masuk ke platform dengan menggunakan nomor NIK serta password telah terdaftar.

Manfaatkan dan gunakan sekarang juga Silasidakep Sumedang untuk membantu kebutuhan masyarakat Sumedang dalam mengakses informasi kependudukan yang jelas dan akurat.