Tekno  

Apa yang Dimaksud dengan Data, Ini Pengertian dan Fungsinya

Apa yang Dimaksud dengan Data
Simplilearn.com

Apa yang dimaksud dengan data? Untuk definisi data secara umum itu merupakan sebuah keterangan yang bisa digunakan untuk membantu orang lain guna memahami suatu hal. Mengenai hal tersebut juga bisa berupa angka ataupun grafik bisa juga simbol, kalimat gambar, kata, video, digital ataupun bentuk yang lainnya. Dengan demikian itu bisa dikatakan apabila data sudah masuk ke dalam kegiatan kita sehari-hari.

Nantinya melalui data tersebut kita bisa mendapatkan banyak informasi. Sehingga mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan dalam kehidupan manusia saat ini dan nanti. Jika pengertian secara umum adalah sekumpulan keterangan ataupun fakta berupa simbol atau angka dan bentuk lainnya. Keterangan tersebut juga didapatkan melalui proses pengamatan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu.

Sedangkan pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan sebuah keterangan yang benar serta nyata. Sehingga keterangan tersebut bisa dijadikan sebagai dasar kajian, contohnya analisis ataupun kesimpulan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, data terbagi menjadi beberapa jenis. Kira-kira apa saja ya?

Apa yang Dimaksud dengan Data, Ini Pengertian Menurut Para Ahli

Arikunto suharsimi mengatakan bahwa data itu merupakan fakta dan angka-angka yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk menyusun informasi. Lain halnya dengan Nuzulla Agustina, ia mendefinisikan sebagai sebuah keterangan yang berkaitan dengan suatu hal yang sudah sering terjadi berupa himpunan fakta angka, grafik tabel lambang kata, huruf gambar yang bisa menyatakan suatu pemikiran ataupun objek serta kondisi juga situasi.

Berbeda dengan pendapat dari Slamet Riyadi yang menyatakan bahwa data merupakan kumpulan keterangan yang diperoleh dari adanya pengamatan. Dimana data tersebut berupa angka serta lambang.

Tidak hanya itu saja, tetapi Kristanto juga menyatakan bahwa hal tersebut merupakan suatu fakta mentah yang berkaitan dengan objek bisa mengurangi derajat ketidakpastian perihal suatu keadaan atau kejadian. Dengan demikian itu apa yang dimaksud dengan data dapat Anda ketahui dengan menggunakan definisi di atas.

Perbedaan Data dan Informasi

Jika sudah demikian, apakah terdapat perbedaan antara data dengan informasi? Untuk informasi merupakan bentuk pemahaman terhadap fakta yang sudah ada. Hasilnya juga lebih terstruktur karena dibuat pengelompokan ataupun kesimpulan.

Tapi bentuk dari informasi juga lebih bervariasi, bahkan bisa berupa pernyataan atau angka. Sedangkan isi dari informasi juga tergantung pada data yang sudah terkumpul. Jadi sudah tahu bukan Apa perbedaan dari informasi dengan data?

Data itu merupakan kumpulan dari beberapa fakta yang sudah didapatkan dengan menggunakan metode tertentu. Hasil dari data itu masih belum terstruktur atau acak-acakan dan tidak tergantung pada suatu informasi.

Fungsi dan Jenisnya

Secara umum data tersebut difungsikan sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan terhadap pemecahan suatu masalah. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai pedoman atau dasar guna melakukan suatu penelitian ataupun perencanaan.

Dibalik jawaban terhadap pertanyaan apa yang dimaksud dengan data ternyata juga bisa berfungsi sebagai acuan dalam implementasi terhadap suatu kegiatan. Data berfungsi sebagai dasar guna melakukan evaluasi terhadap suatu kegiatan tertentu.

Berdasarkan sumber dan sifatnya, cara memperoleh dan waktu pengumpulannya data terbagi menjadi beberapa kelompok. Berdasarkan cara memperolehnya terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder.

Untuk primer merupakan data asli atau baru yang dikumpulkan langsung oleh orang yang sudah melakukan penelitian. Kemudian yang sekunder adalah data tersedia yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber yang sebelumnya sudah ada. Sedangkan berdasarkan sumbernya ada internal dan eksternal.

Internal merupakan suatu data yang kita dapatkan dari internal suatu organisasi yang bisa menggambarkan keadaan dari organisasi itu sendiri. Berikutnya eksternal adalah sebuah data yang diperoleh dari luar organisasi bertujuan menggambarkan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kinerja dari organisasi itu sendiri.

Jika berdasarkan sifatnya, ada kualitatif dan kuantitatif. Terakhir berdasarkan waktu pengumpulannya ada data cross section dan data berkala.

Metode yang Digunakan

Kira-kira metode apa yang bisa digunakan untuk mendapatkan data yang benar? Survei atau kuesioner merupakan sebuah metode pengumpulan data dengan menggunakan sebuah kertas atau media lain yang nantinya akan diserahkan kepada responden.

Kemudian pengamatan atau observasi. Metode ini adalah pengumpulan dengan melakukan pengamatan objek data. Keunggulan dari penggunaan metode ini adalah mendapatkan hasil yang lebih banyak serta tidak terduga.

Bisa juga menggunakan metode wawancara atau interview. Penggunaan metode ini juga tergolong mudah. Anda hanya perlu bertemu objek data serta mengajukan beberapa pertanyaan lisan. Bisa juga melalui kajian penelitian atau dokumen studi.

Penggunaan metode ini untuk mendapatkan informasi terkait apa yang dimaksud dengan data, yakni dengan membantu mengumpulkan data melibatkan banyak dokumen serta sumber yang dibutuhkan. Biasanya orang-orang yang menggunakan metode ini adalah mereka yang ingin membuat skripsi ataupun jurnal penelitian.