Cara Kerja Jaringan Komputer yang Menarik, Wajib Diketahui

Cara Kerja Jaringan Komputer yang Menarik, Wajib Diketahui
pxfuel.com

Cara kerja jaringan komputer wajib dipahami. Ini adalah bagian paling penting komputer. Jaringan komputer sendiri sudah menjadi elemen krusial dalam kehidupan sehari-hari. Jaringan ini memudahkan masyarakat dalam menggunakan dunia digital.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Komputer?

Pernahkah seseorang berpikir bagaimana dunia digital bekerja? Apalagi saat ini teknologi telekomunikasi sudah berkembang dengan pesat.

Karakteristik manusia modern sendiri adalah memiliki mobilitas yang tinggi dan mencari layanan cepat dan fleksibel. Manusia modern juga lebih mengejar efisiensi dalam kehidupannya.

Karakteristik tersebut dapat terlihat di teknologi komunikasi. Nyatanya, komunikasi saat ini sudah lebih mudah dan cepat dengan berbagai perangkat tertentu.

Salah satu perangkat yang paling sering digunakan pada saat berkomunikasi adalah komputer. Sebelum adanya smartphone dan laptop, komputer menjadi perangkat komunikasi yang paling utama.

Bahkan hingga saat ini, penggunaan komputer semakin penting untuk berkomunikasi. Bedanya, saat ini komputer sudah bukan menjadi barang asing di kehidupan.

Jaringan komputer pastinya juga sudah tidak asing lagi. Ini merupakan hal paling penting yang harus pengguna komputer pahami cara kerjanya.

Pengertian Jaringan Komputer

Sebelum membahas terkait cara kerja jaringan komputer, akan lebih baik jika para pengguna mengetahui definisinya terlebih dahulu. Sebab, mungkin masih ada beberapa pengguna yang belum benar-benar tahu apa itu jaringan komputer.

Jadi, jaringan komputer adalah suatu jaringan yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data, perangkat lunak dan bahkan hingga aplikasi.

Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya jadi dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan yang lainnya dengan lebih mudah. Di dalam jaringan ini terdapat pihak-pihak yang saling terkait.

Pihak penerima layanan jaringan merupakan klien dan pemberi layanan pelanggan merupakan server. Desain satu ini biasanya dikenal sebagai sistem client-server.

Menurut Dede Sopandi, jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang berdiri sendiri tetapi terhubung satu sama lain. Mereka saling terhubung untuk menjalankan tugas-tugasnya.

Sementara itu, Madcon menjelaskan bahwa jaringan komputer adalah himpunan komputer dengan peralatan pendukung yang bisa terkoneksi. Selain itu, mereka juga bisa berinteraksi.

Cara Kerja

Jaringan komputer memiliki cara kerja yang cukup menarik. Biasanya jaringan ini bekerja dengan cara perangkaian beberapa komputer.

Jadi, setiap komputer tersebut akan terhubung karena adanya suatu penghubung yang bernama node. Node ini bisa berbagai macam bentuk, seperti switch, modem, hub, serta peralatan komunikasi data atau data communication equipment atau data terminal equipment (DTE).

Keberadaan Node ini sangat penting agar jaringan komputer dapat berfungsi. Dengan node, komputer yang saling terhubung akan mengikuti berbagai aturan atau protokol serta menentukan cara mengirim atau menerima data melalui tautan.

Beberapa hal utama yang ada di dalam jaringan komputer diantaranya adalah komponen fisik jaringan organisasi fungsional, prosedur, dan juga protool. Setelah dirangkai dengan baik, maka jaringan komputer bisa berguna secara terintegrasi.

Di dalam kehidupan, jaringan komputer memiliki peran yang sangat penting. Cara kerja tersebut memungkinkan para pengguna yang terhubung bisa saling berkomunikasi.

Mereka bisa mengirim dan menerima informasi tertentu melalui jaringan komputer. Ini merupakan proses modernisasi yang sangat luar biasa.

Ada beberapa jaringan komputer yang penggunaannya paling umum, yakni Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN). Penggunaan jaringan komputer tersebut sangat umum di seluruh dunia.

Pemanfaatan cara kerja jaringan komputer ini sangat terasa dalam penyimpanan data. Data akan lebih aman tersimpan di dalam server dan siapa saja bisa membuat salinannya.