Tekno  

E Commerce Artinya Kegiatan Jual Beli Online yang Memudahkan

E commerce Artinya
Pajak.com

E commerce artinya? Bagi sebagian orang mungkin sudah sangat familiar dengan adanya istilah tersebut. Bahkan mereka juga sering berasumsi bahwa istilah tersebut sebenarnya merupakan sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan secara online.

Memang hal tersebut tidaklah salah. Akan tetapi sebelumnya ketahuilah itilah tersebut mempunyai kepanjangan dari electronic commerce. Artinya adalah perdagangan yang dilakukan dengan elektronik.

Maka elektronic commerce tersebut adalah sebuah aktivitas penggunaan teknologi informasi serta komunikasi pengolahan digital untuk urusan transaksi jual beli. Supaya nantinya bisa menciptakan dan mendefinisikan kembali hubungan antara pembeli dan penjual. Dengan demikian itu, juga bisa dikatakan bahwa electronic commerce merupakan sebuah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, dan juga pemasaran produk maupun jasa.

Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti halnya jaringan komputer dan internet. Sederhananya, e-commerce itu adalah aktivitas transaksi jual beli barang dan jasa yang melibatkan transfer dana juga pertukaran data secara elektronik menggunakan internet. Komponen yang terdapat di dalamnya berupa produk, entah itu produk fisik maupun digital. Berikutnya adalah tempat menjual produk bisa website ataupun media pemasaran lainnya.

E commerce Artinya, Ini Penjelasan Menurut Ahli

Untuk Komponen yang berikutnya adalah cara menerima pesan. Pemesanan tersebut bisa melalui email ataupun telepon bisa juga SMS dan lainnya. Berikutnya masih ada metode pembayaran yang bisa dilakukan melalui ojek online, JNE, Sicepat, Tiki, Pos Indonesia, serta layanan lainnya. Lahir adalah komponen customer service. Mengenai e commerce artinya apa, terdapat beberapa  pengertian menurut para ahli.

Jony Wong mengartikan bahwa electronic commerce tersebut merupakan pembelian, penjualan, dan pemasaran barang maupun jasa menggunakan sistem elektronik. Misty E. Vermat berpendapat bahwa electronic commerce tersebut merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan internet. Dengan demikian itu, siapapun yang mempunyai jaringan internet bisa berpartisipasi dalam kegiatan bisnis yang satu ini.

Dalam memulai bisnis yang satu ini juga terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku. Misalnya penipuan atau scam yang menyebabkan seseorang itu mengalami kerugian. Berikutnya kemungkinan juga terjadi pencurian data serta informasi rahasia.

Potensi terjadinya gangguan internet serta akses tanpa otorisasi ke akun pengguna e-commerce itu sendiri. Tidak hanya itu saja adanya hukum Indonesia yang belum bisa melindungi konsumen serta penyalahgunaan promosi.

Jenis dan Metode Pembayarannya

Jenis-jenisnya e commerce pun sangat beragam. Pertama ada jenis e-commerce business to Business atau B2B. Biasanya dilakukan oleh dua pihak yang mempunyai kepentingan bisnis sama. Berikutnya adalah B2C atau business to consumer. Merupakan jenis perdagangan elektronik yang melibatkan pelaku bisnis serta konsumen.

Masih ada C2C atau consumer to consumer. Jenis tersebut transaksinya dilakukan oleh konsumen ke konsumen. Berikutnya adalah consumer to bussines. Untuk C2B ini bertindak sebagai penjual produk ataupun layanan. Contohnya di Indonesia adalah freelancer.co.id dan yang lainnya.

Tidak boleh ketinggalan adalah e-commerce administrasi publik yang terbagi menjadi 2. Pertama adalah bussines to administration dan yang kedua adalah consumer to administration. Terakhir pembagian dari e commerce artinya adalah online to offline.

Diantara banyaknya electronic commerce tersebut. Menyebabkan metode pembayarannya juga bervariasi. Sehingga konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk maupun jasa yang diinginkan dengan cara pembayaran yang memudahkan.

Untuk metode pembayaran yang pertama adalah secara elektronik. Bisa melalui Go-pay, Dana, Paypal, maupun Ovo. Berikutnya adalah transfer yang dilakukan melalui mesin ATM ataupun Internet Banking. Terakhir adalah cash on delivery atau COD.

Kelebihan dan Keuntungannya

Keberadaan e commerce artinya mempunyai kelebihan dan keuntungan tersendiri. Melalui elektronik komputer tersebut para pelaku bisnis bisa mendapatkan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Ditambah lagi toko bisa buka selama 24 jam dengan biaya operasional yang hemat. Tidak hanya biaya operasionalnya saja yang murah, tetapi untuk promosinya juga sama.

Ditambah lagi transaksi yang dilakukan juga cukup mudah hanya melalui internet saja. Kemudian produk yang tersedia juga sangat beragam. Maka dengan demikian itu e commerce artinya apa adalah sebuah kegiatan jual beli online yang memudahkan serta menguntungkan bagi siapapun melalui internet.