Laptop  

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Kembali Lancar

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
unsplash.com

Cara mempercepat kinerja laptop berikut bisa membantu membuat laptop tidak lemot lagi sehingga pemilik bisa menggunakannya dengan lancar. Setiap pemilik dan pengguna laptop tentu ingin laptop mereka memiliki kinerja yang bagus dan lancar. Sehingga mereka bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan dengan mudah dan nyaman.

Seperti yang kita ketahui, laptop memang bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya bagi orang dewasa bisa menggunakan laptop untuk bekerja. Lalu bagi siswa atau mahasiswa bisa menggunakannya untuk belajar maupun mengerjakan berbagai tugas yang penting untuk sekolah mereka.

Selain itu laptop juga bisa berguna sebagai sarana hiburan untuk menonton film, mengedit video, memutar lagu atau video musik, bermain game dan berbagai aktivitas lainnya. Karena fungsinya yang sangat beragam, tidak heran jika kini banyak sekali orang yang membutuhkan laptop dan menggunakannya hampir setiap hari.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Mudah dan Efektif

Ketika pertama kali membeli laptop dan menggunakannya, laptop mungkin terasa lancar untuk melakukan berbagai kebutuhan. Namun sayangnya seiring berjalannya waktu dan penggunaannya, laptop mulai terasa lemot atau berjalan lambat. Akibatnya pengguna akan merasa terganggu bahkan sampai emosi karena kinerjanya sangat lemot.

Jika laptop sudah lemot maka kita harus segera mempercepat kinerjanya agar kembali kencang sama seperti sebelumnya. Untuk mengencangkan kinerja laptop pun caranya cukup beragam dan mudah sehingga kita bisa mencobanya sendiri di rumah. Sehingga tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membawa laptop ke tempat servis.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah untuk meningkatkan kinerja laptop:

Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Banyaknya aplikasi yang terpasang pada laptop bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lebih lambat. Karena itu cara mempercepat kinerja laptop pertama bisa dengan menghapus aplikasi yang terpasang. Terutama aplikasi yang tidak berguna. Dengan begitu, maka kinerja perangkat laptop bisa terasa lebih cepat karena bebannya berkurang.

Tutup Aplikasi Lain yang Terbuka

Membuka terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu juga menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lambat bahkan ngelag. Apalagi jika kapasitas memori pada laptop memang kurang memadai. Untuk mempercepat kinerjanya maka bisa dengan menutup aplikasi lain yang tidak digunakan dan hanya membuka aplikasi yang benar-benar perlu saja.

Gunakan Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus adalah hal yang sangat penting untuk perangkat laptop. Sebab aplikasi ini bisa mencegah kerusakan pada laptop yang terjadi karena masuknya virus. Jika laptop lemot kemungkinan karena virus maka cara mempercepat kinerja laptop selanjutnya yaitu dengan memasang aplikasi antivirus untuk memulihkan kinerja laptop.

Perbanyak RAM dan Hardisk

Penyimpanan laptop yang terlalu penuh dan sering menggunakan laptop untuk multitasking akan membuat laptop lebih lambat. Untuk mengatasinya maka bisa dengan menambah kapasitas RAM maupun hardisk. Dengan begitu penyimpanan laptop bisa menjadi lebih luas dan kinerjanya juga tidak akan lemot maupun terganggu lagi.

Hapus File di Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat penyimpanan berkas yang sudah dihapus dari laptop sementara. Semakin lama tentunya semakin banyak berkas yang menumpuk di Recycle Bin hingga bisa membuat kinerja laptop menurun. Karena itu perlu penghapusan file di Recycle Bin untuk membuat kinerja laptop menjadi lebih lancar lagi.

Pembaruan Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

Pastikan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya tetap diperbarui. Pembaruan rutin seringkali memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Defragmentasi Hard Drive

Jika laptop Anda menggunakan hard drive mekanis (HDD) daripada solid-state drive (SSD), lakukan defragmentasi secara berkala untuk mengoptimalkan penyimpanan dan meningkatkan kecepatan akses.

Periksa Temperatur dan Pendinginan

Pastikan laptop Anda tidak mengalami masalah pendinginan yang dapat membatasi kinerja. Bersihkan ventilasi dan pastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik.

Cara mempercepat kinerja laptop ini tentu penting untuk meningkatkan kenyamanan kita selama menggunakan laptop. Bagi yang sedang mengalami masalah ini maka bisa mencoba menerapkan tips laptop di atas yang termudah seperti dengan menutup aplikasi atau menghapusnya. Lakukan restart secara berkala untuk membersihkan sumber daya yang terpakai dan menghidupkan kembali sistem dengan kondisi yang lebih segar.