Aplikasi SIAP Apoteker, Cara Membuat Akun, Fitur dan Manfaat

Aplikasi SIAP Apoteker
iaisolo.id

Aplikasi SIAP memiliki kepanjangan Sistem Informasi Apoteker. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang membantu apoteker dalam melakukan banyak hal. Dengan demikian, apoteker mampu memberikan layanan secara optimal.

Mengenal Aplikasi SIAP Apoteker

SIAP adalah aplikasi online yang berperan penting sebagai instrumen layanan keanggotaan. Misalnya saja pendaftaran atau heregistrasi anggota, mutasi, rekomendasi, resertifikasi kompetensi, pelaporan SKP, dan masih banyak lainnya.

Melalui aplikasi online tersebut, tentu juga bisa mengetahui berbagai informasi seputar kegiatan organisasi, regulasi, sosial media, layanan mitra, dan lainnya. Karena hal itu, hanya dengan mengakses satu aplikasi saja, pengguna sudah bisa mendapatkan banyak hal menarik dan penting.

Cara Membuat Akun di SIAP

Untuk mendapatkan berbagai layanan di atas, tentu perlu memiliki akun di aplikasi SIAP apoteker ini. Tak perlu bingung mengenai bagaimana caranya karena hal-hal yang perlu disiapkan cukup sederhana.

Salah satunya ialah laptop dengan browser Google Chrome di dalamnya. Browser ini bisa pengguna pakai untuk mengakses situs apoteker.or.id. Lalu siapkan pula file scan berisikan dokumen-dokumen penting.

Dokumen tersebut seperti halnya KTA atau nomor anggota (NA), ijazah S1 dan apoteker, KTP dan surat keterangan domisili, STRA, surat sumpah, serkom, SIPA/SIKA dan ijin RS/SIA/ijin PBF atau sesuai dengan pekerjaan sejawat, NPWP fasilitas, hingga pas foto dengan latar belakang merah.

Jangan lupa untuk siapkan pula bukti bayar iuran anggota terakhir. Apabila tak menyimpannya, bisa gunakan bukti administrasi terakhir yang ada di pengurus seperti halnya surat mutasi untuk menggantikannya.

Setelah itu, siapkan biaya aktivasi Rp 100.000. Ketika ingin melakukan aktivasi, bisa bayarkan langsung ke rekening PP IAI (Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia). Tak butuh waktu lama, akun aplikasi SIAP apoteker sudah bisa pengguna miliki dan manfaatkan sebagaimana mestinya.

Fitur di Aplikasi SIAP

Aplikasi SIAP menghadirkan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam memanfaatkannya. Adapun salah satu fitur yang ada di aplikasi SIAP ialah Finansial Teknologi.

Sebenarnya Finansial Teknologi termasuk fitur terbaru yang ada di aplikasi ini karena baru mulai berjalan pada Januari 2023 kemarin. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa fitur ini memang membantu pengguna dalam memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan saat membayar iuran.

Di aplikasi SIAP juga ada fasilitas pencatatan yang jelas. Apoteker akan rutin mengisi dokumen di fasilitas SIAP. Dengan demikian, pengguna bisa melihat siapa yang tengah praktik di jam tersebut melalui fasilitas ini.

Semakin menguntungkan karena aplikasi SIAP apoteker memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir data yang ada di dalam aplikasi akan bocor ke pihak tak bertanggung jawab.

Siapa saja tak akan bisa membobol data penting yang pengguna masukkan di aplikasi ini. Adapun alasannya ialah aplikasi ini menerapkan enkripsi sebesar 256 bit. Hal inilah yang membuat tak sembarang orang bisa membobol aplikasinya secara mudah.

Manfaat Aplikasi SIAP

Menggunakan aplikasi SIAP bisa memberikan keuntungan tersendiri. Hal ini karena aplikasi SIAP apoteker memang menyajikan banyak manfaat kepada penggunanya.

Manfaatnya yakni untuk memudahkan keperluan administratif keseluruhan organisasi sampai dengan kepengurusan administrasi. Alih-alih mengurusnya secara manual, jelas lebih hemat waktu dan tenaga jika memanfaatkan aplikasi SIAP untuk melakukan hal tersebut.

Setelah menyimak uraian di atas, pastinya sudah mengenal lebih dekat apa itu aplikasi SIAP apoteker. Aplikasi ini jelas memberikan keuntungan bagi penggunanya. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menjadi pengguna aplikasi ini.